Pengeboman Terbaru di Mapolrestabes Surabaya, Pelaku Bonceng Perempuan
Cari Berita

Pengeboman Terbaru di Mapolrestabes Surabaya, Pelaku Bonceng Perempuan

MARJIN NEWS
14 May 2018

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung mengatakan pelaku membonceng seorang perempuan saat meledakkan bom di kantor Mapolrestabes Surabaya. (Dok. Istimewa)
Surabaya, Marjinnews.com -- Kepala Bidang Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung mengatakan pelaku aksi peledakan bom di kantor Mapolrestabes Surabaya menggunakan sepeda motor. Pelaku membonceng seorang perempuan saat melakukan aksinya.

Frans mengatakan bom itu diledakkan di depan gerbang Mapolrestabes. Saat itu pelaku hendak masuk melewati palang pembatas yang dijaga aparat kepolisian.

"Kami memastikan bahwa ini motor roda dua, di luar area, di luar Mako, sebelum penjagaan itu, di plang itu, di situlah terjadi peledakan itu, ada seseorang membonceng seorang wanita," kata Frans saat menggelar konferensi pers di Surabaya.

Ledakan terjadi pada Senin (14/5) sekitar pukul 08.50 WIB. Frans mengatakan kejadian itu menimbulkan korban dari pihak kepolisian.

Saat bom itu meledak, sebuah mobil datang lebih dahulu di gerbang yang sama. Tak lama kemudian, datang pelaku menggunakan sepeda motor.

Diketahui pula dalam rekaman CCTV Mapolrestabes Surabaya, seorang bocah berusaha bangkit usai bom tersebut meledak di gerbang. Pihak kepolisian segera menyelematkan bocah tersebut ke tempat yang aman.

Frans mengatakan polisi tidak menyangka bahwa pelaku akan melakukan aksinya. Sebab menurutnya, semua masyarakat yang datang ke markas kepolisian akan dilayani.

Sebelumnya serangan bom bunuh diri terjadi di tiga gereja di Kota Surabaya, Jawa Timur. Setidaknya belasan orang tewas dan 41 orang luka-luka dalam kejadian itu.

Sedangkan di Rumah Susun Wonocolo, Kabupaten Sidoarjo, juga terjadi ledakan bom di salah satu rumah. Korban yang tewas dalam kejadian itu tiga orang, dan dua anak-anak terluka. Diduga kuat ledakan itu tidak sengaja terjadi saat pelaku sedang merakit bom.

Laporan: Remigius Nahal