Paus Fransiskus Isyaratkan Ingin Pensiun, Berikut Alasannya

Paus Fransiskus pernah menyiratkan kalau dia tidak berniat untuk menempati Tahta Suci hingga akhir hayat. (Foto: Istimewa)
Vatican City, Marjinnews.com - Ada kabar yang berhembus dari Tahta Suci Vatikan, dimana Pemimpin Gereja Katolik Roma, Paus Fransiskus, menyiratkan keinginannya untuk mengundurkan diri.

Paus Fransiskus menyampaikan hal itu dalam khotbahnya Selasa pagi (15/5/2018) waktu setempat seperti dilansir Associated Press via ABC News. Adapun Vatikan tidak merilis seluruh khotbahnya.

Paus asal Argentina itu berujar, dia melakukan refleksi tentang surat Santo Paulus soal imam yang mundur jika waktunya tepat, dan menyerahkan jemaat kepada penerusnya.

"Ketika saya membacanya, saya berpikir tentang diri saya karena saya seorang imam. Pastinya, ada waktunya bagi saya untuk mundur," kata Paus Fransiskus.

Paus berusia 81 tahun tersebut menjelaskan, seorang imam seharusnya tidak berpikir menjadikan statusnya untuk mendapat karir yang lebih baik.

Dia mengingatkan, mereka adalah gembala yang membawa jemaat, dan pada suatu waktu harus menyerahkan jemaat tersebut pada gembala lain.

Paus bernama Jorge Mario Bergoglio tersebut kemudian menyinggung Paus Benediktus XVI yang memutuskan mundur pada 2013.

Paus Benediktus, lanjutnya, telah membuka jalan bagi para paus lain yang berniat mengikuti langkahnya dengan memutuskan pensiun.

Diwartakan AP, Paus Fransiskus pernah menyiratkan kalau dia tidak berniat untuk menempati Tahta Suci hingga akhir hayat.

Namun, dia tidak menjelaskan secara eksplisit apakah bakal mengikuti Paus Benediktus dan memutuskan untuk pensiun.

Seruan soal "pengunduran diri" juga bisa diartikan sindiran Paus Fransiskus bagi para imam yang tersandung kasus pelecehan seksual di Chile.

Dalam pertemuan dengan 34 uskup Chile, terdapat laporan bahwa salah satu di antara mereka bakal diminta untuk mundur.

Untuk diketahui, pada 28 Februari 2013 silam, Paus Benediktus XVI (Paus Sebelum Bapa suci Paus Fransiskus) yang saat itu berusia 85 tahun menyatakan mundur sebagai pemimpin Gereja Katolik sedunia.

Pengunduran diri ini dilakukan Paus Benediktus XVI hanya tiga pekan setelah dia menyampaikan rencana yang mengejutkan itu.

Dengan alasan usia yang semakin tua dan kesehatan yang terus menurun, Paus Benediktus XVI adalah pempimpin pertama Gereja Katolik yang mengundurkan diri selama 600 tahun terakhir.

Dua pekan setelah pengunduran diri Paus Benediktus XVI, Kardinal Jorge Mario Begoglio, Uskup Agung Buenos Aires, terpilih menjadi paus yang baru.

Paus Benediktus XVI lahir dengan nama Joseph Ratzinger pada 16 April 1927 di Marktl, Bavaria, Jerman.

Anak seorang polisi ini kemudian masuk tentara saat Perang Dunia II pecah. Namun, Ratzinger melakukan desersi menjelang perang berakhir. Dia bahkan sempat menjadi tahanan perang sekutu dalam waktu singkat pada 1945.

Usai perang, Ratzinger banting setir dan mulai masuk ke biara pada 1951. Selanjutnya dia bekerja sebagai guru besar ilmu teologi di beberapa universitas di Jerman hingga 1977.

Saat menjadi dosen, Ratzinger ditunjuk menjadi Uskup Agung Munich dan Friesing. Pada akhir 1977, Ratzinger menjadi kardinal.

Selanjutnya, dari 1981 sampai 2005, Ratzinger menjadi kepala Kongregasi Doktrin Iman, sebuah badan yang amat berkuasa di Vatikan yang bertugas menegakkan doktrin Gereja Katolik.

Begitu kerasnya Ratzinger menjalankan tugasnya menegakkan doktrin, dia mendapatkan julukan "anjing rottweilernya Tuhan".

Pada 19 April 2005, menyusul wafatnya Paus Yohanes Paulus II, Ratzinger yang saat itu berusia 78 tahun terpilih menjadi paus ke-265 dan dia memilih nama kepausan Benediktus XVI.

Selama delapan tahun masa kerjanya, Paus Benediktus XVI dikenal karena menjalankan agenda-agenda konservatif dan berhadapan dengan skandal seks para imam serta korupsi di Bank Vatikan.

Pada 11 Februari 2014, Benediktus, orang tertua yang terpilih menjadi paus sejak abad ke-18, mengumumkan rencananya mengundurkan diri.

Dia beralasan sudah tak memiliki cukup kekuatan mental dan fisik untuk memimpin salah satu organisasi keagamaan terbesar di dunia.

Pernyataan Benediktus XVI ini sama sekali tak diduga karena sepanjang sejarah Vatikan seluruh paus tetap duduk di takhta kepausan hingga meninggal dunia.

Paus terakhir yang mengundurkan diri adalah Gregorius XII pada 1415 untuk menghentikan perang saudara dalam gereja yang dikenal dengan nama Skisma Barat Besar.

Sebelumnya, pada 1294 Paus Selestinus V mengundurkan diri setelah hanya lima bulan berkuasa. Dia berharap bisa kembali hidup di biara, tetapi penerusnya justru memenjarakan dia hingga meninggal.

Akhirnya, pada 13 Maret 2013, asap putih mengepul di cerobong Kapel Sistine yang menunjukkan sidang konklave sudah memilih seorang paus baru.

Enam hari kemudian di Lapangan Santo Petrus , Kardinal Jorge Bergoglio resmi dinobatkan menjadi paus ke-266 dengan nama Paus Fransiskus.

Dia adalah orang Amerika Selatan dan non-Eropa pertama yang terpilih menjadi paus selama 1.200 tahun terakhir.

Dia juga menjadi orang pertama yang menggunakan nama Fransiskus dan menjadi anggota ordo Serikat Jesuit yang menjadi pemimpin Gereja Katolik.

Paus Fransiskus lahir dengan nama Jorge Mario Borgoglio pada 17 Desember 1936.

Sebelumnya, Paus Fransiskus adalah Uskup Agung Buenos Aires, Argentina, untuk periode 1998 sampai 2012. Dia mengundurkan diri dari jabatan tersebut karena pertimbangan usia. Paus Fransiskus dipromosikan menjadi kardinal pada 2001.

Bergoglio adalah anak pertama dari lima bersaudara. Dia adalah pemegang gelar master di bidang kimia dari Universitas Buenos Aires. Alih-alih meneruskan keahliannya itu, Bergoglio memilih bergabung ke seminari di Villa Devoto dan masuk ke Serikat Jesus pada 1958.

Memegang gelar di bidang filsafat dari Colegio Maximo San Jose di San Miguel, Bergoglio sempat mengajar studi literatur dan psikologi di Colegio de la Inmaculada di Santa Fe, Buenos Aires. Sesudah itu, dia belajar filsafat dan teologi di Faculty of San Miguel, seminari di San Miguel. Dia kemudian mengajar di seminari ini sampai mendapat gelar profesor. Pelayanan gereja Bergoglio dimulai pada 1973. Pada 1980, dia menjadi rektor seminari San Miguel hingga 1986. Gelar doktoralnya diraih di Jerman.

Saat menjadi kardinal, Bergoglio dikenal sebagai sosok yang rendah hati, konservatif, dan memiliki komitmen kuat terhadap keadilan sosial. Gaya hidup sederhana menguatkan kerendahhatiannya. Dia tinggal di apartemen kecil, alih-alih menempati kediaman resmi uskup. Bergoglio diketahui juga menolak menggunakan sopir dan limusin, bahkan dikabarkan dia memasak makanannya sendiri.

Saat Paus Paulus II meninggal, Bergoglio masuk menjadi kandidat paus baru. Dia sudah menjadi kardinal pemilih dalam konklaf 2005, yang akhirnya memilih Paus Benediktus XVI.

Pilihan nama dan sikap

Fransiskus, yang dipilihnya sebagai nama pasca-terpilih sebagai Paus, diduga merujuk kepada Franciscus Xaverius, salah satu tokoh dalam Ordo Serikat Jesus atau Fransiskus Assisi, pendiri Ordo Fransiskan.

Paus Fransiskus adalah Paus pertama dari ordo Jesuit, selain Paus pertama dari luar Eropa dan berasal dari kawasan di luar Eropa, di era modern.

Paus Fransiskus selama ini dikenal sebagai sosok konservatif. Beberapa pandangannya mencakup penentangan atas praktik aborsi dan homoseksualitas.

Meski menyatakan menghormati gay dan lesbian sebagai individu, dia menentang keras undang-undang yang dirilis pada 2010 di Argentina yang melegalkan perkawinan sesama jenis.

Sebaliknya, Paus Fransiskus juga dikenal sebagai sosok yang sangat memiliki kepedulian sosial, termasuk mengkritisi masalah perbedaan kelas sosial kaya dan miskin. (*)

Laporan: Remigius Nahal

COMMENTS

Name

Artikel,140,Bali,108,Bedah Buku,1,Ben Senang Galus,1,Bencana Alam,1,Berita,143,Bhineka,2,BNI,1,Bola,2,bom,1,Bom Bunuh Diri,4,Borong,3,BPJS,1,Budaya,41,Bung Karno,1,Bunuh Diri,3,Bupati Mabar,1,Camilian,1,Cerpen,175,Chelsea Islan,1,Chiristian Rotok,1,Daerah,536,Daerah. Riau,1,Dana Desa,1,Dari Kami,2,Demokrasi,22,Denpasar,18,Desa,2,Destinasi,1,Diaspora,2,Dilan,4,Donny Isman,1,DPR RI,4,E-KTP,4,Editorial,34,Ekonomi,5,Ekspresi,1,Ende,6,Entrepreneur,1,Feature,36,festival Komodo,2,Film,7,Filsafat,2,Fitur,1,Flobamora Cup,1,Flores,11,Focus Discussion,4,FPI,1,Gantung diri,2,Gaya,1,gaya hidup,4,Gedged,1,Gempa,6,Gereja,3,Gereja Katolik,3,Gerindra,1,GMKI,1,GMNI,3,Golkar,1,Gusti Dulla,1,HAM,1,Hand Phone,1,Hari Buruh,2,hari buruh internasional,1,Hari Perempuan Internasional,1,Hiburan,25,HMPCK,1,Hoax,2,hukum,59,Human Trafficking,4,IBT Expo,1,Idul Fitri,1,IJM,1,IKEMAS CUP,7,Imlek,1,Indonesia,1,Indonesian Idol,8,Inspirasi,13,Internasional,16,Internet,2,Investasi,1,Iriana Jokowi,1,Ivan Nestorman,1,IYC Jatim,1,Jabar,1,JAD,1,Jakarta,5,Jatim,3,Jawa Tengah,1,Jawa Timur,1,JK,1,Jogyakarta,2,Jokowi,18,JRUK Sumba,2,jurnal Terbaru,1,jurnalistik,3,Kalimantan,5,Kampanye,2,Kampus,3,Kapolri,1,Kar. Ilmiah,4,Karanganyar,1,Karya Sastra,272,KDRT,1,Keagamaan,7,kebakaran,4,Kebangsaan,1,kebudayaan,2,kecelakaan,2,Kecelakaan Lalu Lintas,2,Kediri,2,Kejadian. Jakarta,1,kejahatan,2,Kemahasiswaan,2,Kemanusiaan,62,kemenkominfo,1,Kemiskinan,2,kepala daerah,1,Kepemuaan,5,Kepemudaan,154,kepemudan,8,kerohanian,2,Kesehatan,8,Ketahanan Nasional,1,KNPI,2,Komodo,9,Komunikasi,1,Komunitas,5,Koperasi,1,Korban,1,Korupsi,60,KPK,12,KPU,1,Kreatif,1,Kriminal,51,Kritik Sastra,4,Kupang,24,Labuan Bajo,51,Lakalantas,9,Larantuka,1,Lembata,2,Lifestyle,6,Lingkungan Hidup,15,Literasi,14,lombok,1,LP Cipinang,1,Luar Negeri,4,Mahasiswa,41,Makanan Khas,1,Makasar,6,Makassar,4,Malang,3,Manggarai,112,Manggarai Barat,20,Manggarai Timur,24,Marianus Sae,1,Marion Jola,3,Masalah Rokok,1,Masyarakat,1,Mataram,2,Maumere,7,Media,2,Media Sosial,3,Medsos,2,Mendikbud,3,Menkominfo,1,Milenials,52,Motang Rua,1,Muda Petani,1,musik,1,Narkoba,8,Nasional,275,Natal,19,Ngada,7,Novanto,2,Novel,16,NTT,200,Nyepi,2,Olahraga,11,Opini,400,Orang Muda,15,Otomotif,1,OTT,2,Papua,15,Pariwisata,26,Partai Politik,25,Pasangan,16,Paskah,2,pelajar,2,Pembangunan,5,pemerkosaan,1,Pemilu,17,Pemuda,3,Pencurian,2,Pendidikan,89,Penerbangan,4,penyanyi,1,Peradi,1,Perdamaian,1,Perempuan,20,Perindo,1,Peristiwa,1030,Peritiwa,2,Pers,3,Perzinahan,1,Petani,1,Piala Dunia,1,Piala Oscar,1,pileg 2019,1,Pilgub,41,Pilkada,102,Pilpres 2019,23,PKRI,1,PKS,1,PMII,1,PMKRI,22,PMKRI Bogor,1,Pmkri Jogja,1,Poco Ranaka,1,Pojok Redaksi,34,Polisi,25,politik,90,Politikus,6,POLRI,5,PP PMKRI,1,Pristiwa,31,Prosa,1,PSK,1,Puisi,85,Puteri Indonesia,2,Radikalisme,1,Ratna Sarumpaet,4,Refleksi,15,reformasi,1,Regional,6,Religi,2,Remaja,1,Rensi Ambang,1,Riau,1,Ricuh,1,Rindu,1,Risma,1,Rizieq Shihab,7,Rote Ndao,1,Ruteng,26,RUU,1,Sabu,1,Sail Komodo,1,Sajak,9,Sam Aliano,1,Sastra,3,Sejarah,2,Sekilas Info,23,seleb,1,Selebritas,18,Sidoarjo,1,situs pornografi,1,Somasi,1,Sosial,3,Sosial Politik,1,Sosok,19,Sospol,39,Start Up,1,Suara Muda,45,Sumba,8,Surabaya,36,Tahun Baru,9,Tahun Baru. Remigius Nahal,1,Tarakan,1,Tata Kota,1,Teknologi,11,Tentang Mereka,44,Tenun Manggarai,1,Terorisme,16,Terorismes,4,TKI,4,TNI,1,TNK,1,Togar Situmorang,5,Tokoh,17,Tol Laut,1,Toleransi,2,Tour Jurnalistik,1,traveling,9,UNITRI-Malang,1,Unwira,1,UU MD3,7,Valentine,2,Viral,3,Wisata,4,Wisuda,1,WNA,1,
ltr
item
Muda Membaca Dunia: Paus Fransiskus Isyaratkan Ingin Pensiun, Berikut Alasannya
Paus Fransiskus Isyaratkan Ingin Pensiun, Berikut Alasannya
https://1.bp.blogspot.com/-Ord9WPEzsD0/WvxSiieU9aI/AAAAAAAABP4/TDEQa9dbl6wZkxha9vXD15u7NnVGJTCfACLcBGAs/s320/20180516234455.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Ord9WPEzsD0/WvxSiieU9aI/AAAAAAAABP4/TDEQa9dbl6wZkxha9vXD15u7NnVGJTCfACLcBGAs/s72-c/20180516234455.jpg
Muda Membaca Dunia
http://www.marjinnews.com/2018/05/paus-fransiskus-isyaratkan-ingin.html
http://www.marjinnews.com/
http://www.marjinnews.com/
http://www.marjinnews.com/2018/05/paus-fransiskus-isyaratkan-ingin.html
true
971126874416220402
UTF-8
POSTINGAN LAIN Not found any posts LAINNYA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete Oleh Home PAGES Kiriman Baca Semua Rekomendasi untuk Anda LABEL ARCHIVE CARI Semua Kiriman Tidak Ditemukan Apa yang Anda Cari Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 Jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Pengikut Ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy