Tiga Tenaga Kerja Asal Manggarai Timur Diperiksa Polisi di Labuan Bajo, Ada Apa?

Menu Atas

Cari Berita

Advertisement

Tiga Tenaga Kerja Asal Manggarai Timur Diperiksa Polisi di Labuan Bajo, Ada Apa?

MARJIN NEWS
5 April 2018

Ketiganya belum mengenal secara baik majikan mereka di Jakarta. (Foto: Istimewa)
Labuan Bajo, Marjinnews.com  - Yuliana Limas (18), Servian Odjin (26) dan Jamiana Nurti (26) tenaga kerja asal Kabupaten Manggarai Timur (Matim), diperiksa polisi Polres Manggarai Barat (Mabar) di Labuan Bajo pada Hari Kamis (5/4/2018).

Kapolres Mabar AKBP Julisa Kusumowardono, SIK, seperti disadur dari poskupang.com, menjelaskan bahwa dari hasil pemeriksaan, ketiga orang itu memiliki dokumen termasuk rekomendasi dari Dinas Tenaga Kerja Matim.

Namun seorang pengacara asal Manggarai, John Tanggur, merasa ada yang janggal dari ketiga orang itu saat dirinya mencari tahu tentang identitas dan maksud mereka ke Jakarta.

John saat itu merupakan orang pertama yang menginformasikan kepada wartawan tentang ketiga tenaga kerja itu.

"Kami sudah chek, mereka memiliki dokumen dan ada rekomendasi dari Disnakertrans. Mereka gagal berangkat hari ini (Kamis, Red), besok baru terbang ke Jakarta untuk bekerja di sana. Kami sudah periksa, data semua sudah ada di kami. Belum terindikasi adanya korban traffick," kata Kapolres Julisa, Kamis sore.

Sementara itu, John kepada wartawan mengatakan ketiga orang itu terlihat bingung saat dirinya mengajak obrol untuk menanyakan tujuan mereka ke Jakarta.

"Saya sudah tanya mereka tetapi mereka bingung menjawab. Kasihan nanti bisa terlantar," kata John.

Servian Odji, salah satu dari ketiga orang itu yang menuturkan, mereka belum tahu siapa yang akan menjemput mereka sampai di Jakarta.

"Kami dipekerjakan sebagai pembantu rumah tangga. Kami belum tahu siapa yang jemput kami nanti di Bandara.Tetapi ada nomor telepon yang kami bisa hubung, itu orang mengaku namanya Pak Sugeng," kata Servian.

Ketiganya belum mengenal secara baik majikan mereka di Jakarta.

Informasi lain yang dihimpun poskupang.com, ketiganya direkrut oleh istri dari salah satu oknum aparat di Kabupaten Manggarai, tepatnya di Ruteng.(RN/MN)