Tampil Cantik dan Apik, Sanggar Kota Komba Jogja Pentaskan Tarian "Molas Ombeng"
Cari Berita

Tampil Cantik dan Apik, Sanggar Kota Komba Jogja Pentaskan Tarian "Molas Ombeng"

Marjin News
23 April 2018

Tim sanggar Kota Komba Jogja selepas mementaskan tarian "Molas Ombeng". (Foto: VP/MN)

Yogyakarta, Marjinnews.com - Sanggar Kota Komba Jogja yang berusia hampir setahun setelah dibentuk pada 25 Mei 2017 lalu, kini semakin dikenal dikalangan masyarakat Jogja pada umumnya, masyarakat NTT yang berdomisili di Jogja pada khususnya.
Mereka terus mempersembahkan tarian khas budaya Kecamatan Kota Komba, Kabupaten, Manggarai Timur, NTT pada publik kota Jogjakarta.

Jumaat, (20/04/2018) Sanggar Kota Komba Jogja berhasil memikat ratusan hadirin yang hadir pada acara Pelantikan Pengurus baru Kota Komba Jogja lewat persembahan tarian "Molas Ombeng".

Rati Onggor, salah satu penari pada Sanggar Kota Komba Jogja dihadapan hadirin mengungkapkan bahwa tarian "Molas Ombeng" merupakan ungkapan ekspresi kecatikan yang dimiliki oleh para kartini-kartini Kota Komba.

"Tarian Molas Ombeng ini mengartikan bahwa para wanita Kota Komba memeliki kecantikan yang harus diungkapkan di ruang publik. Dan kcantikan itu bukan hanya yang tampak secara fisik, namun kecatikan itu ada di dalam hati yang jernih, pikiran yang cerdas dan tingkalaku yang bijak," papar Mahasiswa Universitas Sanata Dharma tersebut.

Selain itu, Ervin Desta yang adalah ketua Sanggar mengharapkan dukungan dari berbagai pihak agar Sanggar Kota Komba tetap mampu menyajikan kekayaan budaya NTT di hadapan publik Jogja.

"Sanggar kami masih berusia sangat muda. Masih banyak sekali kekurangan. Namun, kami tetap berusaha maksimal untuk merawat dan mempromosikan budaya Indonesia yang ada di rahim NTT tepatnya di Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur. Karena itu kami butuh dukungan dari berbagai pihak, khususnya Pemerintah Manggarai Timur," ucap Mahasiswi Komunikasi STPMD tersebut.

Pantauan marjinnews.com, tarian "molas ombeng" yang tarikan oleh sanggar Kota Komba Jogja tersebut menuai banyak pujian dari hadirin dalam acara tersebut. 
Hal itu dibuktikan dengan tepukan tangan hadirin yang sangat meriah. 

Geri Tojong, Salah satu undangan yang turut hadir mewakili keluarga esar  Elar Selatan Jogja, saat diwawancarai Marjinnews.com diakhir kegiatan mengaku terhibur dan sangat mengapresiasi tim sanggar Kota Komba Jogja.

"Ini sesuatu yang sangat baik, saya sangat terhibur dengan tarian ini, tentunya saya sangat memberikan apresiasi dan terus mendukung sanggar Kota Komba Jogja ini. 
Mereka patut jadi panutant mahasiswa Manggarai lainnya untuk terus merawat dan memperkenalkan buadaya manggarai di pulau jawa ini." Pungkasnya. *


Laporan : Viky Purnama, Marjinnews.com Yogyakarta.