Resmi Terdaftar di KPU NTT, Ini Bukti Ivan Nestorman Bukan Hanya Sebagai Penyanyi
Cari Berita

Resmi Terdaftar di KPU NTT, Ini Bukti Ivan Nestorman Bukan Hanya Sebagai Penyanyi

24 April 2018

“Untuk itu saya mengajak masyarakat NTT untuk mendoakan agar seluruh proses dan tahapan-tahapan selanjutnya berjalan lancar dan tidak memperoleh hambatan sehingga bisa lolos dan kita bisa bertemu di bilik suara pada tanggal 17 April 2019 mendatang,” ujarnya (Foto: Istimewa)
Feature, marjinnews.com - Siapa yang tidak mengenal Ivan Nestorman? Lelaki berambut gimbal itu adalah sesosok penyanyi legendaris asal Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Selain dikenal sebagai penyanyi, Ivan juga merupakan pegiat budaya tradisional NTT yang juga aktif mengkampanyekan berbagai macam isu sosial seperti kemiskinan, human trafficking dan berbagai macam ketimpangan sosial yang terjadi di masyarakat melalui lagu-lagunya yang khas.

Keseringan berhadapan dengan persoalan semacam itulah yang membuat Ivan beberapa waktu lalu menuliskan sebuah surat untuk para sahabat berisi seputar keresahan dan niat Ivan hendak masuk dalam pusaran politik untuk berjuang bersama masyarakat dan terutama bagi kebudayaan NTT yang menurutnya merupakan akar dari segala macam peradaban.

Puncak dari pada perjuangan Ivan Nestorman memang belum terlalu menonjol, akan tetapi kejadian pada Minggu (22/4) lalu dimana pria bernama lengkap Flavianus Nestor Embun itu memantapkan langkah perjuangannya untuk masyarakat dan budaya NTT dengan mendaftarkan diri sebagai salah satu Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah utusan Provinsi Nusa Tenggara Timur bersama para sahabat di Kantor KPU NTT waktu setempat membuahkan respon positif masyarakat.

Pada kesempatan itu Ivan Nestorman diterima secara resmi oleh Ketua KPU Provinsi NTT, Maryanti Luturmas-Adoe dan beberapa anggota komisioner KPU NTT. Ia rencananya akan ikut dalam kontestasi pemilu legislatif tanggal 17 april 2019.

Dengan didampingi oleh rombongan yakni Relawan Nestor baik yang berasal dari Jakarta maupun Sahabat Nestor  yang berada di Kupang, membawa berbagai dokemen penting terkait persyaratan pendaftaran calon anggota DPD RI dan menyerahkan  berkas tersebut kepada KPU Provinsi NTT.

Ivan Nestorman mengharapkan ini adalah langkah awal  perjuangan seluruh masyarakat NTT khususnya mereka yang mempunyai ketertarikan dan menaruh perhatian pada bidang budaya, seni dan kreativitas yang selama ini kurang mendapat perhatian baik nasib dan karya-karyanya.

Nestorman juga berharap dengan adanya restu dari Tuhan dan masyarakat NTT nantinya ia akan berusaha agar budaya, seni dan kreativitas mendapat tempat dan menjadi perhatian dari berbagai pihak serta permasalahan terkait perdagangan manusia atau human trafficking yang menyeruak di NTT dapat tertangani dengan baik.

“Untuk itu saya mengajak masyarakat NTT untuk mendoakan agar seluruh proses dan tahapan-tahapan selanjutnya berjalan lancar dan tidak memperoleh hambatan sehingga bisa lolos dan kita bisa bertemu di bilik suara pada tanggal 17 April 2019 mendatang,” ujarnya.

Selain sebagai musisi dan budayawan yang telah melanglang buana ke berbagai belahan dunia untuk memperkenalkan NTT, ivan sendiri juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial seperti Gerakan Kampungku Pintar, yaitu gerakan kampung baca yang berada dibeberapa tempat di NTT guna meningkatkan minat baca dan literasi untuk masyarakat NTT.

Ia juga aktif dalam gerakan Stop Ba Jual Orang, yakni gerakan mengatasi perdagangan manusia di Provinsi Nusa Tenggara Timur. (AA/MN)