Mendikbud Muhadjir Effendi ke Manggarai Barat Untuk Pantau Langsung Pelaksanaan UN
Cari Berita

Mendikbud Muhadjir Effendi ke Manggarai Barat Untuk Pantau Langsung Pelaksanaan UN

MARJIN NEWS
3 April 2018

Kunker Muhadjir Effendi ini dalam rangka monitoring pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Ujian Nasional Berbasis kertas dan pensil (UNKP) di Labuan Bajo Manggarai Barat. (Foto: Remigius)

Labuan Bajo, Marjinnews.com –Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI (Mendikbud) Muhadjir Effendy dikabarkan akan melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat (4/4) Rabu besok.

Hal tersebut disampaikan Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula kepada Jajaran Pendidik SMKN I Komodo, saat memantau pelaksanaan UNBK, pagi ini (03/04).

Kunker Muhadjir Effendi ini dalam rangka monitoring pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Uujian Nasional Berbasis kertas dan pensil (UNKP) di Labuan Bajo Manggarai Barat.

“Besok Mendikbud RI, Muhadjir Effendy akan datang ke Labuan Bajo, untuk memantau pelaksanaan UNBK. Mendikbud ingin memastikan apakah pelaksanaan UNBK berjalan sesuai rencana atau tidak,” jelas Dula.

Tambahnya, Mendikbud besok datang ke Manggarai Barat  menggunakan maskapai penerbangan Garuda, pukul 07.30 Wita dari bandara Ngurah Rai, tiba di Bandara Komodo sekitar pukul 09.00 Wita. Sore harinya, Mendikbud akan kembali ke Jakarta dengan maskapai yang sama, papar Dula.

Di Labuan Bajo ada 3 (tiga) SMK antara lain SMKN I Komodo, SMK Stella Maris dan SMKN 2 di Tana Dereng Desa Pantar Kecamatan Komodo. Namun dari tiga SMK tersebut, hanya 2 (dua) SMK yang menerapkan ujian berbasis Komputer yakni SMKN I Komodo dan SMK Stella Maris, sementara SMKN 2 Komodo belum.

"Untuk SMKN I Komodo dan SMK Stella Maris, pelaksanaan UNBK berjalan lancar, baik jaringan internet maupun listrik. SMKN 2 Komodo belum menerapkan ujian berbasis Komputer, karena Listrik di wilayah itu baru masuk pada tanggal 15 Maret 2018 lalu dan jaringan internet juga belum tersedia, namun ke depan, SMKN 2 pasti menjadi prioritas," ujarnya.

Untuk diketahui, pagi tadi sekitar pukul 07.45 Wita, Bupati Gusti Dula yang didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Manggarai Barat, Tobias Napang, S.Pd., dan Kabag Humas-Protokol Setda Kabupaten Manggarai Barat, Paulus Jeramun, S.Sos., M.Si., memantau pelaksanaan ujian di SMKN I Komodo, SMK Stella Maris dan SMKN 2 Komodo.

Dari pantauan Bupati, pelaksanaan UNBK di SMKN I Komodo dan Stella Maris berjalan lancar baik listrik maupun jaringan internet.

"Besok, Mendikbud akan kita arahkan ke SMKN 2 Komodo,” jelas Bupati usai memantau di 3 SMK yang berbeda tersebut. (TH/RN/TBMB/**)