Kenapa Huruf "A" Menjadi Huruf Pertama?
Cari Berita

Kenapa Huruf "A" Menjadi Huruf Pertama?

MARJIN NEWS
13 April 2018

Huruf A adalah huruf yang paling sering digunakan dalam bahasa Spanyol, Prancis dan kemudian Inggris. Dalam sebuah studi ditemukan huruf A rata-rata digunakan 6,22% dalam bahasa Spanyol, 3,95% dalam bahasa Prancis dan 3,68% dalam bahasa Inggris. (Foto: Ilustrasi)
Alfabet Latin atau Romawi yang biasa kita gunakan sehari-hari terdiri atas 26 huruf yang diawali oleh huruf A. Pertanyaannya adalah mengapa harus diawali oleh huruf A dan bukan huruf yang lain?

Berdasarkan sejarah bangsa Yunanj, alfabet awalnya terdiri atas 24 huruf. Huruf pertamanya menyerupai kepala banteng, disebut aleph yang akhirnya menggambarkan bentuk huruf A.

Pada abad pertengahan Alfabet Latin disempurnakan dan menjadi 26 huruf. Saat inilah A menjadi huruf pertama dalam alfabet karena berasal dari kata  "alfa" yang dalam bahasa Yunani berarti "awal". Dalam sistem bilangan Yunani, "alfa" juga bernilai satu yang berarti permulaan bilangan.

Huruf A adalah huruf yang paling sering digunakan dalam bahasa Spanyol, Prancis dan kemudian Inggris. Dalam sebuah studi ditemukan huruf A rata-rata digunakan 6,22% dalam bahasa Spanyol, 3,95% dalam bahasa Prancis dan 3,68% dalam bahasa Inggris.

Selain itu, huruf A juga sering kita temukan digunakan dalam penilaian terhadap sesuatu untuk menunjukkan kualitas yang terbaik. Misalnya dalam dunia pendidikan, huruf A diberikan oleh guru atau dosen untuk menilai suatu tugas yang dianggap memiliki kualitas dan hasil yang baik. (AA/MN)