Kartini Di Mata Perempuan Hari Ini
Cari Berita

Kartini Di Mata Perempuan Hari Ini

MARJIN NEWS
21 April 2018

HABIS GELAP TERBITLAH TERANG” merupakan tulisan menggambarkan perjuangan Kartini waktu itu.  (Foto: Dok. Pribadi) 

Menjadi wanita adalah sebuah takdir luar biasa. Tidak semua orang di dunia ini bisa menjadi perempuan. Hadirnya perempuan dengan mempesona sebagai daya yang paling diagung-agungkan oleh laki-laki. Pesona bukan berarti wajah ayu nan seksi, bila berbicara lemah lembut, jika berjalan lemah geumali aduhai, jika bergaul penuh kemanja-manjaan.

Bagi saya, pesona dapat diartikan secara luas, dapat diartikan sebagai hubungan denga kepribadiannya.  Daya pesona dapat menjadi perempuan mempunyaiaaa dan menguasai sepenuhnya sebagai wanita utuh. Dapat dikatakan wanita pesona adalah wanita yang mempunya daya simpatik terhadap laki-laki.

Bagaimana mendapatkan pesona itu? Apa mesti perlu ke kosmetik atau mengikuti kursus kecantikan? Semuanya tidak akan dpaat ditemukan di sana. Daya pesona ada pada diri anda sendiri. Jika anda mampu menggalinya dan sikap yang mempesona bukan idak akan mungkin hal ini akan muncul dengan sendirinya. Tidak semua orang mempunyai pesona, tidak peduli anda cantik, manis, punya pacar  banyak atau  tidak sekalipun memiliki pacar. Itu adalah pesona.

Perempuan dan semangat kartini

Kita tidak dapat menghayati bahwa betapa sulitnya menjadi kartini pada waktu itu, berbuat, berperilaku yang nyata bagi diri sendiri  dan kaumnya( kaum wanita) yang pada waktu itu masih terbelenggu oleh adat istiadat yang keras, kaku dan masih fanatik. Apa yang ia inginkan, apa yang ia cita-citakan bagi kaum wanita indonesia, perubahan  dan kemajuan yang ingin diraihnya.

“HABIS GELAP TERBITLAH TERANG” merupakan tulisan menggambarkan perjuangan Kartini waktu itu. 21 April sebagai hari lahir kartini selalu diperingati dengan lagu pujaan untuk menghormati pejuang wanita dikumandangkan oleh anak-anak sekolah dan organisasi-ornganisasi perempuan di negeri ini sebagai ungkapan rasa terimakasih akan keluhuran dan cita-citanya bagi perempuan di negeri ini.

Pola pikir dan ruang lingkup perjuangan kartini ketika kita mencoba membaca sebagian dari surat-sirat yang tulisnya  sangat relevan, masih berlaku dan merupakan cahaya abadi yang selalu membawa dan mendorong kaum wanita menuju ke tingkatan hidup yang lebih tinggi.

Kita dapat mengakui bahwa kartini adalah kunci pintu terhebat dalam  sejarah perkembangan negeri ini. Bukan tidak mungkin tanpa aksi dan perjuangannya dulu ketiika itu mungkin tak ada yang namanya kebebasan untuk semua khususnya perempuan yang kerap kali kali dianggap kaum lemah negeri ini.
Kehadiran kartini dapat dijadikan referensi bangkitnya  kesadaran kaum-kaum perempuan dalam pergerakannya kemarin dan esok di negeri ini.

Munculnya gerakan kartini menumbuhkan lahirnya perempuan-perempuan lain  melalui organisasi-organisasi perempuan. Sebagai wanita, kita dapat segera merasa puas dengan apa yang telah dicapai,karena tantangan lain dalam garis perjuangan kita telah siap menghadang.

Kita semestinya selalu siap siaga dalam menghadapi perkembangan baik diri sendiri maupun lingkungan, “kooperatif” dalam memperjuangkan  kepentingan sesama kaum wanita, mempunyai pandangan peka terutama masalah-masalah berkaitan dengan kepentingan kaum wanita. Mampu menanggap dengan respon positif atau rekronsuktif dalam upaya memecahkan maasalah atau penyelesaian.

Jangan sampai perjuangan demia kemajuan kaum perempuan terhambat oleh sikap dan perilaku wanita yang tiadak kooperatif, masih ada rasa takut, ragu-ragu dalam menghadapi perubahan-perubahan. Semestinya membutuhkan keterlibatan kaum wanita sendiri. Jangan lagi ada rasa takut, kurang percaya diri sehingga itu menjadi kabut tebal perjuangan kita.

SELAMAT AHRI KARTINI!

Oleh: Edid Teresa