Hari ini PSI NTT Gelar Uji Kompetensi Bacaleg yang Ikut Pemilu 2019
Cari Berita

Hari ini PSI NTT Gelar Uji Kompetensi Bacaleg yang Ikut Pemilu 2019

MARJIN NEWS
16 April 2018

Untuk diketahui, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dalam merekrut Bacaleg memiliki tiga cara seleksi yakni, perlengkapan berkas administrasi, uji kompentensi dengan tes wawancara dan yang terakhir uji Sosoalisasi di masyarakat. (Foto: Richard Sumbi)
Kupang, Marjinnews.com - Dewan Pimpinan Daerah Partai Solidaritas Indonesia (DPD PSI) Provinsi NTT hari ini menggelar uji kompentensi terhadap bakal calon legislatif (Bacaleg) PSI yang akan berlaga di Pileg 2019 mendatang.

Sekretaris umum DPD PSI NTT Junaidin kepada Marjinnews.com menegaskan bahwa tujuan dilakukannya uji kompetensi dari bakal caleg PSI ini yaitu untuk melihat sejauh mana kompentensi dari para Bacaleg baik dilihat dari kemampuan berkomunikasi, etitude, dan  juga visi misi apakah sepadan dengan PSI yaitu menentang intoleransi dan anti korupsi.

Sebannyak 84 orang caleg PSI yang akan mengikuti uji kompentensi ini. Dari jumlah tersebut, semuanya telah lolos seleksi awal yakni perlengkapan berkas administrasi sehingga bisa ikut tahap kedua yaitu uji kompentensi hari ini.

Terkait keterwakilan perempuan,  Sekretaris PSI NTT mengatakan bahwa hampir di seluruh dapil untuk Caleg Provinsi belum memenuhi 30 % dan ini menjadi tantangan dan kerja keras dari DPD PSI NTT kedepannya.

"Dalam waktu dekat ini kami dari PSI akan berusaha untuk bisa memenuhi hal itu, terkait masalah keterwakilan Perempuan ini." Ujar Sekretaris DPD PSI NTT.

Untuk diketahui, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dalam merekrut Bacaleg memiliki tiga cara seleksi yakni, perlengkapan berkas administrasi, uji kompentensi dengan tes wawancara dan yang terakhir uji Sosoalisasi di masyarakat.

Dalam mengikuti ketiga tes seleksi ini PSI NTT akan menggandeng tokoh-tokoh independen yakni dari akademisi, tokoh aktivis perempuan, tokoh anti korupsi, tokoh agama dan satu dari PSI untuk menjadi juri dalam tahapan tes seleksi Bacaleg PSI NTT ini.

Ditanya mengenai antusias masyarakat terhadap PSI Sekretaris PSI NTT membeberkan bahwa, masyarakat NTT sangat menyambut baik dengan hadirnya PSI di NTT.

"Buktinya, hampir setiap hari HP saya sibuk menerima permintaan dari masyarakat untuk menminta bergabung bersama kami di PSI." Tutup Junaidin.

Laporan: Remigius Nahal/Richar Sumbi