Esthon-Christ Janji Tidak Akan Ada Disparitas Pembangunan di NTT Jika Kelak Terpilih

Menu Atas

Cari Berita

Advertisement

Esthon-Christ Janji Tidak Akan Ada Disparitas Pembangunan di NTT Jika Kelak Terpilih

MARJIN NEWS
10 April 2018

Masalah kita salah satunya itu, dimana-mana baik propinsi maupun pembangunan kabupaten nampak pada tingginya disparitas (kesenjangan) antar wilayah. Hal ini terlihat dari segi kegiatan ekonomi, pembangunan infrastruktur, sampai tingkat kemiskinan yang begitu timpang. (Foto: Tim)
Ruteng, Marjinnews.com - Ditemui setelah melakukan kampanye akbar yang berlangsung di Lapangan Sepak Bola Kota Reo, Kecamatan Reo, pasangan gubernur dan wakil gubernur Nomor urut 1.Esrhon L.Funay-Christian Rotok menyampaikan beberapa hal terkait pembangunan yang akan dijalankan Esthon-Christ jika kelak terpilih.

"Komitmen kami tidak berubah,janji kepada konstituen adalah janji politik yang harus kami pertanggung jawabkan untuk NTT,kami tidak ingin menggiring masyarakat pada hal-hal yang mustahil dan tanpa kajian yang jelas.Yang pasti, Esthon-Christ tidak akan menjalankan pembangunan yang  Disparitas. Tidak boleh ada ketimpangan pembangunan atau perbedaan pembangunan antar suatu wilayah dengan wilayah lainnya secara vertikal dan horizontal yang menyebabkan disparitas atau ketidak pemerataan pembangunan," tegas Esthon L.Funay.

Tambah Esthon, Masalah kita salah satunya itu, dimana-mana baik propinsi maupun pembangunan kabupaten nampak pada tingginya disparitas (kesenjangan) antar wilayah. Hal ini terlihat dari segi kegiatan ekonomi, pembangunan infrastruktur, sampai tingkat kemiskinan yang begitu timpang.

Sementara itu, Christian Rotok dalam keteranganya menyampaikan bahwa jika dilihat lebih detail, pada tingkat regional provinsi, kabupaten, dan kota ada disparitas.

"Di satu sisi, banyak daerah yang mencapai peningkatan ekonomi signifikan, tetapi di lain pihak banyak daerah yang masih jauh, dipasritas sangat tinggi,Adanya disparitas tersebut terjadi karena aktivitas ekonomi yang juga timpang", ujar mantan Bupati Manggarai dua Priode ini.

Rotok menambahkan, kota yang menjadi pusat bisnis, segala sarana dan prasarana tergarap dengan baik. Akan tetapi, di daerah yang bukan pusat bisnis, sarana dan prasarana tidak tergarap.

"Kedepan kita akan bangun komunikasi yang baik dengan tiap kabupaten kota di NTT.Semua program pembangunan jangan tumpang tindih,mubasir dari segi anggaran. Saya ambil contoh, Banyak alokasi anggaran untuk irigasi, tapi kajian soal sumber air dan pendampingan tidak tuntas, akibatnya produktifitas lahan jalan di tempat," papar Rotok.

Dari pantauan Marjinnews, yang hadir pada kampanye akbar di Lapangan Sepak Bola Reo Kecamatan Reok Manggarai ini, masa yang ikut menghadiri kegiatan tersebut membludak mencapai 2 Ribu orang.

Kebanyakan adalah warga pesisir pantai utara dan wilayah Reok bagian utara yang berbulan-bulan menanti moment pertemuan bersama pasangan Esthon-Christ.

Clara Manur, Salah seorang warga asal Nggorang mengatakan, "saya datang dengan anak saya yang ojek pak, saya rindu lihat bapak Christ Rotok. Dan kami keluarga besar akan tetap mendukung Pak Christ," tuturnya.

Sementara itu, Yosep Laur salah satu warga asal Gapong Kec.Cibal memberikan pernyataan yang cukup tegas.

"Kami orang Manggarai hanya bisa memberikan dukungan penuh sebagai tanda balas jasa kepada bapa Christ, beliau sudah banyak berbuat bagi kami masyarakat Manggarai.Tidak pilih bapa Christ pada hari pemilu, seperti ada sesuatu yang kurang," pungkasnya. (TIM)

Laporan: Tim
Editor: Remigius Nahal