Diaspora Manggarai Surabaya Adakan Turnamen IKEMAS CUP 2018
Cari Berita

Diaspora Manggarai Surabaya Adakan Turnamen IKEMAS CUP 2018

MARJIN NEWS
16 April 2018

Kegiatan technical meeting peserta kompetisi IKEMAS CUP 2018 pada Minggu, 15 April 2018 (Foto: Dok. Pribadi)
Surabaya, marjinnews.com - Bagi para pecinta sepak bola ada kabar gembira dari diaspora Manggarai Surabaya, Gersik dan Sidoarjo (IKEMAS) untuk kita semua. Dalam waktu dekat yaitu pada Minggu (22/4) mendatang akan dibuka turnamen bertajuk IKEMAS CUP 2018 yang diselenggarakan oleh IKEMAS dan semua Kilo Koe (perkumpulan orang Manggarai dalam lingkup kecil) di Jawa Timur bertempat di Stadion Galing, Manukan-Tandes Surabaya, Jawa Timur.

Berdasarkan data yang dihimpun marjinnews.com, ada setidaknya 24 tim yang akan bertanding pada turnamen ini. Mereka dibagi dalam empat group yang masing-masing diisi oleh enam tim yang sudah terdaftar.

Acara pembukaan turnamen rencananya akan dibuka oleh Kapolrestabes Surabaya, Kombespol Rudi Setyawan, S.I.K., S.H., M.H, dan beberapa orang sesepuh IKEMAS, Ketua IKEMAS Tarsisius Kejuru dan Pengurus IKEMAS bersama perwakilan beberapa Kilo Koe yang tergabung dalam diaspora IKEMAS.

Menurut ketua panitia pelaksana pertandingan tersebut, setelah acara seremonial pembukaan sebelum pertandingan pembuka antara GABUNGAN FC dan Kaka Botek FC akan dilanjutkan dengan pertandingan eksebisi yang semua pemainnya orang tua Manggarai di Surabaya, Sidoarjo dan Gersik yang berumur diatas 40 tahun.

"Akan ada pertandingan eksebisi yang melibatkan orang tua Manggarai setelah acara pembuka pertandingan. Mereka adalah GALAKSI FC dari Sidoarjo melawan GAPIGAS FC dari Surabaya" ucap Kasmir Budir ketua panitia pelaksana kepada marjinnews.com usai rapat Technical Meeting (TM) di Sekretariat PMKRI Cabang Surabaya Jalan Taman Simpang No. 4A pada Minggu 15 April 2018.

Dalam TM tersebut semua manajer dan tim yang hadir berkomitmen menjaga keamanan selama pertandingan mulai 22 April sampai 8 Juli 2018. Meski demikian pihak panitia mengaku menempatkan persoalan keamanan sebagai skala prioritas.

"Berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya, turnamen yang melibatkan orang Manggarai cenderung diwarnai oleh konflik yang berujung pada perkelahian. Tetapi, kami dari panitia belajar dari hal tersebut sehingga selain bekerja sama dengan pihak kepolisian, kami juga membentuk tim khusus keamanan yang paling vital selain tim kesehatan khusus" lanjut Kasmir.

Sebagai pertandingan profesional, turnamen ini akan menyediakan tiket masuk untuk para penonton. Sampai berita ini diturunkan belum diketahui berapa harga tiket yang dimaksud. Akan disediakan juga air mineral dan jajanan khas Manggarai yang disediakan pihak panitia pelaksana bekerja sama dengan Divisi Ekonomi IKEMAS.

"Kita akan menyediakan tiket bagi penonton. Harganya tidak mahal dan terjangkau untuk kantong mahasiswa. Selain itu penonton diharapkan tidak membawa air atau makanan sendiri karena akan disediakan air oleh panitia bekerja sama dengan divisi ekonomi IKEMAS" tutup Kasmir.

Adapun partai pembuka akan mempertemukan enam tim dalam tiga pertandingan yaitu GABUNGAN FC melawan Kaka Botek FC, Lomes FC melawan Rana Mese FC dan L Bajo melawan Komba Jr. Acara pembukaan akan dimulai pukul 09.00 WIB sampai selesai.

TIM IKEMAS CUP 2018
Group A diisi oleh GABUNGAN FC, Kaka Botek FC, Lalong Liba FC, GARDA, SIM C dan AKRAB FC.

Sementara Group B diisi oleh LOMES, Rana Mese FC, BARCAL, KOPARE, Gersik dan Nuca Lale.

Adapun Group C diisi oleh CRISTAL FC, L Bajo, Naca Momang, REBA FC, Comba Jr, dan Wae Mokel FC.

Di Group D diisi oleh kesebelasan dari tim Ntala Mane, GPS FC, Ca Nai, Satar Mese, Lima Ruit dan De Lawa. (AA/MN)