6 PT PGRI di Jatim Berkunjung ke Rajabhat University of Thailand
Cari Berita

6 PT PGRI di Jatim Berkunjung ke Rajabhat University of Thailand

MARJIN NEWS
5 April 2018

Selama seminggu di Thailand, delegasi dari Jawa Timur ini belajar banyak hal mulai bahasa, budaya, tari, bahkan menjadi penutur asli dalam mata kuliah Bahasa Indonesia. Delegasi juga diberi kesempatan untuk berwisata di sekitar Phuket pada Minggu sore untuk melihat keindahan Phuket secara langsung. (Foto: TH)
Sidoarjo, Marjinnews.com - Dalam rangka Thailand summer camp 2018, 20 delegasi dari enam PT PGRI di Jawa Timur dan Al-Hikmah Surabaya berangkat ke Thailand pada 20-27 Maret 2018 lalu.

20 delegasi yang terdiri atas dosen dan mahasiswa STKIP PGRI Sidoarjo, STKIP PGRI Bangkalan, STKIP PGRI Jombang, STKIP PGRI Ponorogo, IKIP PGRI Bojonegoro, dan STKIP Al-Hikmah Surabaya ini diberangkatkan secara resmi oleh Ketua PGRI Provinsi Jatim Ichwan Sumadi pada 20 Maret 2018 pukul 08.00 di Bandara Internasional Juanda.

Dalam sambutannya Ichwan Sumadi berpesan untuk melaksanakan kegiatan dengan penuh semangat dan membawa pengalaman, pengetahuan, dan informasi sebanyak-banyaknya untuk dibagi pada kampus asal masing-masing.

Selama tujuh hari di Phuket Rajabhat University of Thailand, delegasi disambut oleh President of Phuket Rajabhat University langsung dengan upacara pembukaan yang hangat dan akrab.

Acara dilanjutkan dengan tour kampus yang dipandu oleh Humas kampus tersebut. Kegiatan selanjutnya adalah teaching technique practice yang diikuti oleh mahasiswa dan dosen dari Indonesia dan Thailand. Pada sesi meeting dengan dekan dan dosen fakultas pendidikan Rajabhat University, dosen STKIP PGRI Sidoarjo Lailatul Musyarofah S.Pd., M.Pd. berkesempatan mempresentasikan teaching experience. 

Presentasi yang berisikan pengalaman mengajar dan filosofi pendidikan menurut Bapak Kiai Tanjung ini mendapat apresiasi positif degan bukti tawaran kerjasama penelitian oleh dosen Thailand.

Selama seminggu di Thailand, delegasi dari Jawa Timur ini belajar banyak hal mulai bahasa, budaya, tari, bahkan menjadi penutur asli dalam mata kuliah Bahasa Indonesia. Delegasi juga diberi kesempatan untuk berwisata di sekitar Phuket pada Minggu sore untuk melihat keindahan Phuket secara langsung.

Pada hari terakhir, delegasi dilepas kembali oleh president Phuket Rajabhat University of Thailand dan pada acara tersebut ditampilkan berbagai atraksi seni dari enam PT Indonesia dan dua penampilan dari Thailand. 

"Saya senang sekali mendapat kesempatan untuk ikut Summer Camp di Thailand, disamping dapat kawan baru, pengalaman baru, saya juga banyak belajar selama kegiatan berlangsung. Khap khun kha," tutup Ajeng mahasiswa STKIP PGRI Sidoarjo dengan bahasa Thailand yang artinya terima kasih saat ditanya kesannya selama mengikuti summer camp. Delegasi kembali ke tanah air pada 28 Maret 2018.

Kerjasama antar enam PT dan Phuket Rajabhat University ini dilanjutkan dengan penanda tanganan MoA pada 10 April 2018 di IKIP PGRI Bojonegoro. (RN/TH/MN)