Wihelmus Hami: PPNI Terus Bertumbuh dan Berbenah Diri
Cari Berita

Wihelmus Hami: PPNI Terus Bertumbuh dan Berbenah Diri

18 March 2018

Kepada Marjinnews.com, Wihelmus menjelaskan bahwa, banyak sekali persoalan yang dialami oleh perawat di Kabupaten Ende saat ini. (Foto: RN)
Ende, Marjinnews.com-  Persatuan Perawat Nasional Indonesia merayakan hari Ulang Tahun ke - 44 yang jatuh pada Sabtu (17/3).

Dalam perayaan HUT PPNI itu, ketua Persatuan Perawat Indonesia (PPNI) Kabupaten Ende, Wilhelmus Hami dalam sambutanya menyampaikan bahwa, PPNI dalam usianya yang ke - 44 tahun ini terus bertumbuh dan berbenah diri menuju organisasi profesi yang matang.

Kepada Marjinnews.com, Wihelmus menjelaskan bahwa, banyak sekali persoalan yang dialami oleh perawat di Kabupaten Ende saat ini.

Misalnya banyak tenaga perawat yang baru lulus lalu tidak seimbang dengan ketersediaan lapangan pekerjaan yang ada. Sehingga banyak perawat yang bekerja sebagai tenaga suka rela.

Wilhelmus Hami juga menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Ende, yang akan mengangkat perawat suka rela sebagai tenaga kesehatan di desa. Dirinya berharap agar banyak perawat yang diakomodir dalam program tersebut.

Ia pun menguraikan sejumlah masalah yang dihadapi oleh perawat pada tataran praktis, di lapangan.

Diantaranya, perawat yang belum memiliki Surat Tanda Registrasi (STR), dan belum memiliki Sertifikat Uji Kompetensi Perawat, dan lainnya.

Untuk mencari solusi atas persoalan - persoalan yang ada, Wilhelmus Hami kemudian menyarankan para perawat  untuk membuka Klinik Praktek Mandiri.

Sebab menurut Wihelmus, hal ini telah diatur dalam undang - undagn keperawatan yang telah disahkan pada September 2014. (RN/ER/MN)