Ratusan Personil Polres Badung Diterjunkan Untuk Pengamanan Upacara Jumat Agung

Menu Atas

Cari Berita

Advertisement

Ratusan Personil Polres Badung Diterjunkan Untuk Pengamanan Upacara Jumat Agung

MARJIN NEWS
28 January 2018

Hal tersebut merupakan komitmen Polres Badung dalam mengimplementasikan salah satu tugas pokok Kepolisian yaitu memelihara lerasaan tenteram dan damai dalam kegiatan apapun termasuk dalam hal kegiatan upacara keagamaan. (Foto: Humas Polres Badung)
Mangupura, Marjinnews.com - Demi menciptakan situasi Kondusif pada rangkaian Hari Paskah 2018, Polres Badung menerjunkan ratusan personilnya untuk melakukan pengamanan.

Hal tersebut merupakan komitmen Polres Badung dalam mengimplementasikan salah satu tugas pokok Kepolisian yaitu memelihara lerasaan tenteram dan damai dalam kegiatan apapun termasuk dalam hal kegiatan upacara keagamaan.

Hari ini, Jumat (30/03) merupakan hari Suci bagi umat Kristiani yaitu hari raya Jumat Agung yang merupakan rangkaian dari Tri Hari Suci menuju pesta Paskah.

Maka dari itu Kepolisian Resor Badung  menempatkan personilnya baik personil berpakaian Uniform maupun berpakaian Preman di setiap Gereja tempat Peribadahan.

Personil yang dilibatkan melaksanakan pengamanan yaitu 208 personil yang disebar pada 34 Gereja yang ada di Wilayah Hukum Polres Badung.

Kapolres Badung AKBP Yudith Satriya Hananta, S.I.K mengungkapkan “ kami menempatkan personil pada tempat tempat peribadahan masyarakat yang melaksanakan Ibadah Paskah 2018 dan menggandeng seluruh stake holder yang terkait seperti pecalang dan pengamana Internal gereja sehingga seluruh rangkaian kegiatan Ibadah Paskah ini berjalan dengan aman” terang orang nomor satu di Polres Badung ini.

Untuk diketahui juga, pada Kamis (29/03) kemarin, Kapolres Badung AKBP Yudith Satriya Hananta,S.I.K bersilaturahmi ke Gereja Tri Tunggal Maha Kudus di jalan raya Tuka Desa Dalung kecamatan Kuta Utara Badung.

Kunjungan orang nomor satu di Polres Badung itu dalam rangka silaturahmi menjelang Paskah, yang merupakan hari kebesaran umat Kristiani.

Kedatangan rombongan Polres Badung ini disambut oleh Romo Martinus Fatin, Ketua DPP Tritunggal Maha Kudus ROBI dan I Gusti Ngurah Darmadi.

Pemegang tongkat komando di Polres Badung tersebut didampingi oleh Kapolsek Kuta Utara AKP Johannes H.W.D Nainggolan. Dalam silaturahmi tersebut, Romo Martinus Fatin mengucapkan terima kasih atas silaturahmi kunjungan Kapolres Badung ini.

Paparan rangkaian kegiatan perayaan ibadah Paskah dari Ketua DPP (Dewan Pengurus Paroqi)  I Gusti Ngurah Darmadi mengatakan, Gereja Tritunggal Maha Kudus, Jl. Raya Tuka dengan Jumlah umat 500 Kepala Keluarga, Wilayah Gereja Tritunggal Maha Kudus, Jl. Ry. Tuka,  diantaranya Desa Tumbak Bayuh, Ds. Buduk, Kel. Kerobokan Kelod dan Desa Sempidi, Dimana Gereja Katolik Paroki Tritunggal Mahakudus merupakan Gereja Katolik tertua di Bali dan setelah itu Gereja Paroki Tritunggal yang di Palasari. Romo Martinus Fatin untuk umat Katolik bebas melaksanaan ibadah.

Terkait dengan pemahaman Pembaptisan / Kudus dimana merupakan suatu keyakinan Nama dari mereka selaku umat yang di Baptis tersebut merupakan dianggap sebagai pelindung.

Dalam kegiatan dimana pada intinya pengertian dari Perayaan Paskah tersebut merupakan perjalanan Sengsara dari Yesus dengan tujuan untuk menebus dosa Umat Manusia di Dunia dan penebusan dosa tersebut tidak memandang agama, suku dan ras untuk ditujukan kepada seluruh umat manusia.

AKBP Yudith Satriya Hananta,S.I.K pada kesempatan itu pula mengucapkan terima kasih atas sambutan dari pengurus gereja Tri Tunggal Maha Kudus yang kemudian menyampaikan bahwa Polri khususnya Polres Badung akan melaksanakan pengamanan terkait kegiatan Ibadah Paskah ini sehingga warga yang melaksanakan kegiatan ibadah dapat dengan nyaman melakukan ibadahnya.

Kejadian kejadian di beberapa daerah di Indonesia yang terjadi sangat berpengaruh di Bali ini, hal itu menjadikan gambaran betapa pentingnya untuk bersama sama waspada, apabila ada hal hal yang mencurigakan hendaknya l;angsung di koordinasikan dengan Kepolisian sehingga kejadian kejadian apapun dapat dicegah.

“Kami hari ini bersilaturahmi ke Gereja Tritunggal Maha Kudus Tuka Dalung, dalam silaturahmi ini kami mengajak bersama sama menjaga situasi Kondusif terlebih menjelang hari Raya Paskah, menghimbau kepada pengurus Gereja untuk tidak mempercayai adanya berita Hoax, menjaga keharmonisan kerukunan umat beragama khususnya di Wilayah Badung ini," ungkap orang nomor satu di Polres Badung ini.  (RN/MN)