Melati Thei, Penguji Militansi Kekompakkan Masyarakat NTT
Cari Berita

Melati Thei, Penguji Militansi Kekompakkan Masyarakat NTT

9 March 2018

Melati Thei, perwakilan NTT dalam ajang Puteri Indonesia 2018 (Foto: Instagram/melatiithei)
Feature, marjinnews.com - Tahun lalu, pada Jumat 30 Maret 2017 pada gelaran Malam Puncak Puteri Indonesia nama Karina Nadila Niab yang mewakili Nusa Tenggara Timur (NTT) menggema di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Jakarta sebagai peraih gelar juara ke-tiga di ajang Pemilihan Puteri Indonesia (PPI) 2017.

Meski sempat mengalami insiden salah baca nama oleh host Choky Sitohang, gadis berusia 25 tahun itu harus puas membawa nama NTT sebagai Puteri Pariwisata Indonesia 2017 setelah diungguli oleh peserta lain dari DKI Jakarta, Bunga Jelitha Ibrani sebagai juara dua dan Kevin Liliana dari Jawa Barat sebagai juara pertama.

Nadila termasuk salah satu utusan NTT yang sangat luar biasa. Dengan sistem penentuan pemenang yang harus melalui proses yang panjang dan ketat dengan juri yang dianggap kompeten dibidangnya seperti Ivan Gunawan, Triawan Munaf, Mega Angkasa, Esthy Reko, Astuty yang mewakili Kementrian Pariwisata hingga Anindya Kusuma Puteri, Linggarsari Suharso, Adu Sulistyowati dan Jhony Darmawan, pencapaian Nadila merupakan sebuah prestasi yang akan selalu dikenang NTT sampai kapan pun.

Kali ini melalui ajang serupa, NTT kembali mengutus salah satu puteri terbaiknya mengikuti ajang Puteri Indonesia 2018 dengan membusung dada. Kepercayaan diri pasca euforia pencapaian Nadia tahun lalu akan dibuktikan melalui sosok seorang Melati Tabita Kirana Thei.

Gadis kelahiran Kupang, 19 Desember 1998 ini ditetapkan sebagai wakil NTT pada 23 Februari 2018 silam setelah sebelumnya berhasil mengalahkan 40 peserta lainnya dari NTT yang juga hendak mengikuti audisi tersebut.

Dihadapan para juri yang terdiri dari Mega Angkasa, Mustika Dewi, Puteri Wardani dan dua juri lainnya, mahasiswi Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Kupang ini menampilkan Tarian Atoin Meto. Lalu menarasikan tarian tersebut dihadapan juri yang membawanya ke salah satu kursi persaingan menjadi Puteri Indonesia 2018 mewakili NTT.

Dengan usianya yang sekarang ini belum genap 20 tahun dan sudah merasakan dunia modeling sekaligus tercatat sebagai Puteri Pariwisata Kota Kupang 2016, Duta Wisata Indonesia-NTT 2017 hingga menjadi Duta Wisata Persahabatan pada tahun 2017, Melati terbilang cukup mumpuni untuk sekadar dianggap main-main ketika memberanikan diri tampil sebagai wakil NTT di ajang bergengsi itu.

Prestasi, keberanian dan support masyarakat akan menjadi penentu bagi seorang gadis yang juga menyukai taekwondo tersebut untuk bisa mengharumkan nama NTT dengan prestasi lebih baik pasca Nadila tahun lalu.

Melati telah melepas ego pribadinya untuk banyak orang, potensi alam pariwisata, cagar budaya dan sumber daya manusia yang mumpuni di provinsi yang tercatat sebagai provinsi tertinggal ketiga setelah Papua dan Papua Barat ini akan menunjukkan eksistensinya sebagai sebuah daerah dengan kekayaan yang layak untuk tidak sekadar dinikmati dari kejauhan.

Hari ini, Jumat 9 Maret 2018 akan menjadi penguji militansi kekompakkan masyarakat NTT melalui pencapaian seorang Melati dengan voting media sosial. Kita tidak mungkin membiarkan salah satu puteri terbaik kita berjalan dan berjuang sendiri untuk mengharumkan nama besar NTT yang berpenduduk 5,071 juta jiwa pada tahun 2014 silam ini.
Melati Thei, wakil NTT di ajang Puteri Indonesia 2018 (Foto: Instagram/melatiithei)
"Karena saya percaya kalau Tuhan akan memberikan kepada saya hasil yang terbaik. Jadi pada saat audisi saya sangat puas dengan penampilan saya," ujar Melati seperti dilansir Timex.co.id. (AA/MN)

Biodata:
Nama Lengkap: Melati Tabita Kirana Thei
Tempat/Tgl. Lahir: Kupang, 1998
Agama: Kristen Protestan
Alamat: Jln. Seruni No. 13 Naikoten 1, RT 01 RW 001, Kel. Naikoten 1, Kec. Kota Raja
Email: melatitabita@yahoo.com

Riwayat Pendidikan:
2002: TK Mutiara
2003-2009: SDN Bertingkat Naikoten 1
2009-2012: SMP Negeri 2 Kupang
2012-2015: SMA Negeri 1 Kupang
2012-Sekarang: Mahasiswa Jurusan Pariwisata Program Studi Usaha Perjalanan Wisata Politeknik Negeri Kupang

Prestasi:
-HONDA Brand Ambassador 2014
-Top Model Kupang 2014
-Top Model HKSN 2014
-Top Model Kupang 2015
-Puteri Pariwisata Kota Kupang 2016
-Juara 2 Puteri Pariwisata NTT 2016
-Juara Favorit Puteri Pariwisata NTT 2016
-Duta Wisata Indonesia-NTT 2017
-Duta Wisata Indonesia Persahabatan 2017
-Kandidat Puteri Indonesia NTT 2018

(Sumber Bio: Timorexpress.co.id)