Karena Lomes, 14 Pemain Caci Festival Komodo 2018 Dapat Hadiah Dari Bupati Mabar
Cari Berita

Karena Lomes, 14 Pemain Caci Festival Komodo 2018 Dapat Hadiah Dari Bupati Mabar

10 March 2018

Bupati Mabar Drs. Agustinus Ch. Dula saat memberikan hadiah kepada pemain Caci Tuan Rumah yang paling Lomes (gaya) dan Kelong (tarian) terbaik dalam Semarak Festival Komodo 2018. (Foto: Istimewa)
Labuan Bajo, Marjinnews.com - Semaraknya Festival Komodo 2018 yang digelar mulai 6 hingga 7 Maret 2018 telah usai.

Salah satu acara yang dipentaskan dalam Festival Komodo 2018 adalah perhelatan tarian adat Manggarai yaitu tarian CACI.

Di dalam pementasan tarian kebesaran Manggarai Raya itu, ada sejumlah pemain yang tetapkan sebagai juara.

Kemenangan itu mereka raih berdasarkan keriteria yang telah ditentukan yakni, berdasarkan Lomes yang telah dilakoni peserta saat bertanding.

Panitia Festival Komodo 2018 akhirnya menetapkan 14 pemain Caci yang masuk nominasi itu.

Ke-14 pemain caci ini pun mendapat hadiah yang diberikan langsung oleh  Bupati Manggarai Barat (Mabar), Agustinus Ch Dula.

Dalam pemberian hadiah terhadap pemain CACI tersebut, Bupati Mabar
memberikan sambutan dihadapan puluhan anggota sanggar peserta Caci Semarak Festival Komodo 2018 dan ratusan penonton yang memadati Lapangan Sepak Bola Kampung Ujung Labuan Bajo Kamis (8/3).

"Lomes dan kelong dari para pemain caci layak diapresiasi. Ada 7 pasang dari Sanggar Lando Bela, Kab Manggarai dan 7 orang dari tuan rumah Manggarai Barat,” kata Bupati Mabar Agustinus CH Dula.

Bupati Dula menegaskan, ke-14 pemain Caci dianugerahi bukan karena pemain caci yang lainnya tidak bagus. Tetapi, semua berdasarkan criteria yang sudah ditetapkan panitia.

“Semuanya baik. Lomes dan Kelong dari semua pemain Caci luar biasa,” ujarnya.

Hadiah yang diberikan kepada ke-14 pemain caci ini lanjut Bupati berupa towe songke. Makna simboliknya agar terus dikenang kemanapun pergi.

“Supaya bisa dipakai kemana saja untuk bermain caci. Terima kasih banyak sekali lagi untuk partisipasi kita semua,” terangnya.

Untuk diketahui, hadir saat acara penganugrahan hadiah terhadap para Pemain CACI itu ada Kepala Dinas Kebudayaan Kota Madya Palembang Sudirman Teguh.

Sudirman Teguh ikut memberikan kado Kain Songke kepada salah seorang pemain Caci Meka Landang Sanggar Lando Bela, dari Kabupaten Manggarai.

Berikut adalah nama-nama pemain Caci dari Lando Bela atau Meka Landang yaitu Selus “Bintang Gaya”, Leo Kleman “Ratakan”, Venan “Ratakan II”, Donatus “Guru Ajar”, Boni Sumardi “Lando Bela”, Elias Wangkut “Surat Edar”, Sil “Jambor”.

Dan dari tuan rumah hadiah diberikan kepada Vinsen “Bintang Kelender”, Seli “Lonceng Putar Anak Dunta”, Florianus Ratu “ Rata Nggerang”, Adol “Piring Kosong”, Siprianus “Motor Ojek Boleng”, Anus Popo “Songke Jok Popo Lembor Selatan”, dan Pit dari Komodo.

Penganugerahan hadiah kepada Meka Landang diberikan langsung oleh Bupati Mabar Drs. Agustinus Ch. Dula. Sedangkan kepada tujuh orang pemain caci tuan rumah Mabar diserahkan oleh Kadis Kebudayaan Kota Palembang Sudirman Teguh.

“Semoga kerja sama wisata antara Manggarai Barat dan Kota Madya Palembang terus terjalin baik,” harapnya. (RN/MN)

Sumber: Padarnews.com