Indahnya Air Terjun Radi Ntangis dan Air Terjun Wek di Poco Ranaka
Cari Berita

Indahnya Air Terjun Radi Ntangis dan Air Terjun Wek di Poco Ranaka

8 March 2018

Kedua air terjun ini menyimpan banyak keindahan yang tersembunyi diantara gugusan pegunungan dan rimbunan tanaman kopi. (Foto: DP NTT)
Marjinnews.com - Cunca (Air Terjun ) Radi Ntangis dan Cunca Wek, merupakan dua buah air terjun yang berlokasi di sebelah selatan Desa Ulu Wae, Kecamatan Poco Ranaka.

Kedua air terjun ini menyimpan banyak keindahan yang tersembunyi diantara gugusan pegunungan dan rimbunan tanaman kopi.

Kedua air terjun ini terletak berdampingan dengan jarak 200 meter satu dengan yang lainnya. Cunca Radi Ntangis di sebelah barat dan Cunca Weg dibagian timur dan kedua air terjun ini tepat di Golo (bukit)
Lalong yang membentang di sebelah timur ruas jalan kabupaten menuju ke Elar.

Desa Ulu Wae dikenal sebagai penghasil kopi Arabika dan Robusta. Perjalanan menuju Desa Ulu Wae dapat ditempuh dalam waktu 2 jam dari Borong ibu kota Manggarai Timur, dengan kondisi jalan berliku di sepanjang jalan yang dilalui kita akan disuguhi pemandangan yang indah dan hijaunya kebun kopi warga dengan udara pegunungan yang sejuk.

Memasuki Desa Ulu Wae, tempat pertama yang dikunjungi adalah kolam pemancingan ikan air tawar milik warga setempat bernama Karolus Juru, yang berada tepat di pinggir jalan.

Pemandangan sekitar kolam sangat menarik karena berada di antara perkebunan kopi dan persawahan. Di sini kita dapat menyaksikan aktifitas sehari-hari masyarakat dan menikmati segelas kopi dan panganan lokal seperti keladi rebus yang biasa disajian masyarakat setempat.

Dari kolam ikan tersebut, air terjun Radi Ntangis dan Wek terlihat sangat jelas. Air terjun ini menjadi sumber air untuk areal sawah dan kolam ikan di bawahnya.

Jalan menuju kedua air terjun ini merupakan jalan setapak yang terjal dengan kemiringan mencapai 45°. Jalan ini melintasi kebun kopi sehingga agak lembab, berlumut dan licin.

Air terjun Radi Ntangis memiliki ketinggian 50 meter dan bertingkat-tingkat.

Disekitar air terjun terdapat hutan yang lebat yang menurut warga menjadi habitat Ntangis (Burung Rajawali) dan ini menjadi asal mula pemberian nama Radi Ntangis untuk air terjun tersebut. Cunca Wek berjarak 200 meter dari Cunca Radi Ntangis.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 150 meter dan dengan aliran air yang lebih deras. (RN/MN)

Sumber: DIREKTORI PARIWISATA NUSA TENGGARA TIMUR