Momen Langka, Wisatawan Melihat Langsung Pertarungan Komodo
Cari Berita

Momen Langka, Wisatawan Melihat Langsung Pertarungan Komodo

17 February 2018

"Iya ini sebenarnya langka bisa melihat pertarungan komodo. Biasanya komodo bertarung saat musim kawin, itu pun di dalam hutan dan susah melihatnya," papar Gafur (Foto: detik.com).
Labuan Bajo, marjinnews.com - Pertarungan komodo merupakan hal langka yang dapat dilihat. Baru-baru ini, turis mancanegara beruntung bisa melihatnya di Pulau Rinca. Seperti apa ya?

Hal tersebut dibagikan oleh Abdul Gafur, salah seorang pemandu wisata yang berasal dari Pulau Komodo, Labuan Bajo, NTT. Dia mengirim video pertarungan komodo yang adalah momen langka itu ke detikTravel.

"Itu kejadiannya akhir bulan Januari kemarin, di Pulau Rinca di dekat dapur umum," ujarnya seperti dilansir detikTravel, Sabtu (17/2/2018).

Saat itu, Abdul Gafur sedang membawa turis dari China dan AS di Pulau Rinca, salah satu pulau di Taman Nasional Komodo. Ada dua komodo yang ukurannya besar dan sedang bertarung.

Dari video berdurasi 15 detik, terlihat dua komodo saling berdiri. Saling mencakar dan berusaha membanting. Kibasan ekornya yang terlihat bikin ngeri!

"Iya ini sebenarnya langka bisa melihat pertarungan komodo. Biasanya komodo bertarung saat musim kawin, itu pun di dalam hutan dan susah melihatnya," papar Gafur.

"Mungkin yang ini, sedang bertarung memperebutkan makanan," lanjutnya menjelaskan.

Menurut Gafur, turis yang melihat pertarungan komodo dibuat ternganga. Mereka pun bertanya-tanya tentang kekuatan komodo. Sekaligus para pemandu wisata dan ranger, juga mengingatkan turis agar tidak terlalu dekat dan tetap berhati-hati. (AA/MN)

Kala komodo bertarung, Naga Purba itu akan berposisi seperti berdiri lalu saling mencakar dan membanting lawan. Giginya yang kecil tapi tajam seperti hiu, sangat berbahaya dan cengkramannya bisa mematahkan lawannya.