Mengenal Beberapa Kesalahan Penggunaan Kata

Dalam komunikasi, penggunaan kata/kalimat menjadi kunci sebuah informasi dapat tersampaikan dengan benar Namun, keterbatasan pengetahuan ...

Dalam komunikasi, penggunaan kata/kalimat menjadi kunci sebuah informasi dapat tersampaikan dengan benar Namun, keterbatasan pengetahuan akan konsep penggunaan bahasa Indonesia yang benar akan menjadi musibah dalam komunikasi. (Foto: Dok.Pribadi)

Bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu bangsa yang menjadi jati diri bangsa. Kita sebagai warna negara yang mencintai Indonesia dapat mewujudnyatakan kecintaan kita melalui penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Perlu kita sadari bahwa warga negara asing mulai berbondong-bondong menimbun pengetahuan tentang bahasa Indonesia di nusantara ini. Kita patut berbangga akan hal itu. Namun, kita juga sebagai tuan rumah sekaligus pemilik bahasa perlu banyak belajar untuk mendalami pengetahuan tentang bahasa Indonesia.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak terlepas dari komunikasi. Komunikasi yang benar akan melahirkan maksud dan makna yang dapat diterima dengan baik oleh nalar penutur maupun mitra tutur.

Dalam komunikasi, penggunaan kata/kalimat menjadi kunci sebuah informasi dapat tersampaikan dengan benar Namun, keterbatasan pengetahuan akan konsep penggunaan bahasa Indonesia yang benar akan menjadi musibah dalam komunikasi.

Kesalahan penggunaan satu kata saja akan menyebabkan perbedaan seluruh makna dalam suatu kalimat.

Berangkat dari hal itu, penulis ingin berbagi beberapa penggunaan kata yang benar dan sesuai dengan konteks kalimat tertentu. Beberapa kata di bawah ini tanpa kita sadari sering digunakan dan sesungguhnya kita keliru dalam penggunaannya.

Penulis akan langsung menyajikan bentuk yang tidak baku sebagai sebuah kesalahan penggunaan dan bentuk baku sebagai sebuah kebenaran dalam penggunaan kata tertentu.

Berikut beberapa kesalahan penggunaan kata, selamat belajar!

1. Penggunaan kata Lolos dan Lulus

Bentuk Tidak Baku
a) Narapidana itu lulus dari penjara tadi malam dengan merusak ​​​​terali jendela.

b) Benang sebesar itu tidak akan lolos ke lubang jarum yang ​​​​​sekecil itu.

Jika dilihat dari maknanya: lolos berarti “ keberhasilan melewati bahaya, ​rintangan, atau upaya penangkapan”; sedangkan lulus berarti “ keberhasilan ​melewati ujian atau memenuhi persyaratan”.

Bentuk Baku
a) Narapidana itu lolos dari penjara tadi malam dengan merusak ​​​​​​terali jendela.

b) Benang sebesar itu tidak akan lulus ke lubang jarum yang sekecil ​​​​​itu.

2. Penggunaan kata Penglepasan dan Pelepasan

Bentuk Tidak Baku
a) Acara pelepasan para wisudawan akan dimulai pukul 08.00.

b) Bayi yang baru saja dilahirkan itu mengalami cacat fisik, yaitu bagian penglepasannya.

Jika dilihat dari pemakaiannya: kata penglepasan umumnya diberi makna ​“proses, tindakan, atau hal melepaskan”; sedangkan pelepasan diberi makna “anus”.

Bentuk Baku
c) Acara penglepasan para wisudawan akan dimulai pukul 08.00.

d) Bayi yang baru saja dilahirkan itu mengalami cacat fisik, yaitu ​​bagian pelepasannya.

3. Pengunaan Kata Pemimpin dan Pimpinan

Bentuk tidak baku
a) Pak Edo ditunjuk menjadi pemimpin organisasi itu periode 2009-2014.

b) Berkat pemimpinnya, perusahaan itu sekarang mendapat kemajuan yang pesat.

Kata pemimpin mengandung  makna ‘orang yang memimpin dan ‘petunjuk’ atau ‘pedoman’.

Makna kata ‘pemimpin ‘hasil dari proses memimpin atau dapat berarti kumpulan para pemimpin ada hubungannya dengan pemimipin.

Bentuk baku
a) Pak Edo ditunjuk menjadi pemimpin organisasi itu periode 2009-2014.

b) Berkat pemimpinnya, perusahaan itu sekarang mendapat kemajuan yang pesat.

4. Pengunaan Kata Sesuatu dan Suatu.

Bentuk tidak baku
a) Para pekerja memindahkan sesuatu benda yang baru saja tiba dalam gudang.

b) Sekilas tidak terasa perbedaan pengunaan kata sesuatu dan suatu. Kata suatu bermakna satu, hanya satu (untuk menyatakan benda yang kurang tentu) sedangkan kata sesuatu bermakna ‘barang yang kurang tentu’. Kemiripan bentuk dan makna terdapat pada kedua kata tersebut.

Dari segi pemakian, kata-kata tersebut mempunyai ketentuan masimg-masing. Kata sesuatu tidak diikuti oleh nomina, sedangkan kata suatu  harus diikuti oleh nomina.

Sesuatu hadiah diberikan pak guru kepada siswa yang rajin dan pandai

Bentuk baku
a) -Para pekerja memindahkan suatu benda yang baru saja tiba kedalam gudang.

-Para pekerja memindahkan sesuatu yang baru saja tiba kedalam ​gudang.

b) - Suatu hadiah diberikanpak guru kepada siswa yang rajin dan pandai.

- sesuatu  diberikan pak guru kepada siswa yang rajin dan pandai.

c) Segala  peraturan yang dikeluarkan oleh suatu jawatan wajib ditaati ​​oleh   karyawanya.

5. Penggunaan Kata Besok dan Esok.
Bentuk tidak Baku.

a) Besok lusa bisa kita perbaiki cara ini agar lebih baik.

b) Kita jelang hari besok yang lebih baik dengan kerja keras dan budi luhur.

c) Bibi akan datang esok pagi dengan nenek.

d) Kapan anda berangkat ? ‘esok’
Apakah makna pada kata besok dan esok kata besok bermakna hari sesudah hari ini, esok hari’ ; sedangkan esok hari bermakna ‘1. hari pertama sesudah hari ini, pada suatu waktu (yang akan datang)’.

Pada kalimat 1 frasa besok lusa berarti dua hari setelah hari ini sedangkan contoh kedua frasa hari besok berarti hari sesudah hari ini.

Pada kalimat tersebut kata yang tepat pada kata besok diganti dengan kata esok. Frasa esok lusa dan hari esok sebagai ganti pada kedua kalimat  diatas berarti ‘saat yang akan datang’ atau ‘masa depan’.

Penggunaan kata esok pada kalimat contoh ketiga dan keempat tidak tepat, penggunaan yang tepat adalah kata besok. Kata besok sebagai perbaikan pada kalimat tersebut berarti ‘hari sesudah hari ini’.

 Bentuk baku
(1) Esok lusa bisa kita perbaiki cara ini agar lebih baik.

(2) Kita jelang hari esok yang lebih baik dengan kerja keras dan budi luhur.

(3) Bibi akan datang besok pagi dengan nenek.

(4) Kapan anda berangkat ? ‘besok’

6. Penggunaan kata Pukul dan Jam
Bentuk tidak baku

a) hari ini akan kita bicarakan masalah kata majemuk dalam bahasa Indonesia hingga kira-kira jam 14.00

b) Beberapa dokter mengoperasi pasien penyakit jantung koroner selama 3 jam, yaitu jam 13.00 s.d. 16.00.

c) Selama dua pukul aku menunggumu disini, tetapi kamu tidak datang juga.

Penggunaan kata pukul dan jam harus dilakukan dengan tepat. Kata pukul menunjukkan waktu, sedangkan kata jam menunjukkan jangka waktu.

Kata jam pada kalimat (a) dan (b) tidak tepat karena menyatakan waktu digunakan kata pukul. Ketidaktepatan penggunaan kata pukul pada kalimat (c) karena untuk menyatakan jangka waktu digunakan kata jam.

Bentuk Baku
a) Hari ini akan kita bicarakan masalah kata majemuk dalam bahasa Indonesia hingga kira-kira pukul 14.00

b) Beberapa dokter mengoperasi pasien penyakit jantung koroner selama 3 jam, yaitu pukul 13.00 s.d. 16.00.

c) Selama dua jam aku menunggumu disini, tetapi kamu tidak datang juga.

7. Pengunaan kata Rakyat dan Masyarakat

Bentuk tidak Baku
a) Kesadaran rakyat tutur bahasa Jawa dalam mengunakan ‘unggah – ungguh ​basa’ semakin meningkat.

b) Sebagian besar bahasa kedua masyarakat Indonesia adalah bahasa Indonesia.

Kata rakyat dan masyarakat mempunyai makna yang mirip. Kata rakyat berkaitan dengan negara, dan masyarakat berkaitan dengan kelompok sosial yang tingal di suatu wilayah negara.

Bentuk Baku
a) Kesadaran masyarakat tutur bahasa Jawa dalam mengunakan ‘unggah – ungguh basa’ semakin meningkat.

b) Sebagian besar bahasa kedua rakyat Indonesia adalah bahasa Indonesia.

Nah, setelah membaca tulisan ini dengan baik, saya harap pembaca dapat mengetahui serta memahami kesalahan penggunaan kata. Semoga kita semua dapat mengaplikasikan penggunaan kata yang benar agar semakin kaya pengetahuan kita tentang bahasa tercinta bahasa Indonesia.

Sumber pustaka:
Setyawati, Nanik. 2013. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.

Oleh: Yuni Sung
marjinnews.com Yogyakarta
Anggota KOPERASI Yogyakarta


loading...

COMMENTS

Name

1 Tahun Berkarya,1,Agama,3,Agraria,1,Ahmad Dhani,1,Ahok,25,Aktivis,3,Alam,3,Anak,8,Anak Muda,27,Anggaran,1,Antikorupsi,1,Aparatur Negara,1,Arjen Robben,1,Artikel,231,Asmat,4,Asusila,5,Badung,9,bahasa,1,Bali,100,Bali Utara,2,Bandara Bali Utara,2,banjir,1,Bantuan CSR,1,Batam,16,BBM,1,Bedah Buku,1,Ben Senang Galus,1,Bencana Alam,2,Berita,9,Bhineka,2,BNI,1,Bola,2,bom,1,Bom Bunuh Diri,4,Borong,1,BPJS,1,Budaya,45,Buku,1,BUMN,1,Bung Karno,1,Bunuh Diri,3,Bupati Mabar,1,Camilian,1,Cerpen,157,Chelsea Islan,1,Chiristian Rotok,1,Daerah,453,Daerah. Riau,1,Dana Desa,1,Demokrasi,23,Denpasar,11,Desa,2,Destinasi,1,Diaspora,2,Dilan,4,Dilan 1990,1,Donny Isman,1,DPR RI,2,DPRD,1,E-KTP,4,Editorial,41,Edukasi,1,Ekonomi,6,Emi Nomleni,1,Ende,5,Entrepreneur,1,Feature,39,festival Komodo,2,Film,7,Filsafat,2,Fitur,1,Flobamora Cup,1,Flores,13,Focus Discussion,6,FPI,1,Gantung diri,2,Gaya,1,Gedged,1,Gempa,5,Gereja,4,Gereja Katolik,4,Gerindra,1,Gizi Buruk,1,GMKI,1,GMNI,2,Golkar,1,Gusti Dulla,1,HAM,1,Hand Phone,1,Hari Buruh,2,hari buruh internasional,1,Hari Perempuan Internasional,2,Hiburan,24,HMPCK,1,Hoax,2,hukum,45,Human Trafficking,5,Idul Fitri,1,IJM,1,IKEMAS CUP,7,Imlek,2,Indonesia,2,Indonesian Idol,11,Inspirasi,4,Internasional,15,Internet,2,Investasi,1,Iriana Jokowi,1,Ivan Nestorman,1,IYC Jatim,1,Jabar,1,JAD,1,Jakarta,9,Jatim,3,Jawa Tengah,1,JK,1,Jodoh,1,Jogyakarta,3,Jokowi,16,Jomblo,2,JRUK Sumba,2,jurnal Terbaru,1,jurnalistik,3,Kalimantan,5,Kampanye,2,Kampus,3,Kapolri,1,Kar. Ilmiah,4,Karanganyar,1,Karya Sastra,259,KDRT,1,Keagamaan,7,kebakaran,4,Kebangsaan,1,kebudayaan,2,Kecelakaan Lalu Lintas,2,Kediri,2,Kejadian. Jakarta,1,kejahatan,2,Kemahasiswaan,2,Kemanusiaan,68,kemenkominfo,1,Kemiskinan,2,kepala daerah,1,Kepemuaan,6,Kepemudaan,151,kepemudan,11,Kepri,1,kerohanian,2,Kesehatan,15,Ketahanan Nasional,1,KNPI,2,Komodo,9,Komunikasi,1,Komunitas,5,Koperasi,1,Korban,1,Korupsi,59,KPK,13,KPU,1,Kreatif,1,Kriminal,56,Kritik Sastra,4,Kupang,23,Kuta,1,Labuan Bajo,42,Lakalantas,9,langka,1,Larantuka,1,Lebu Raya,1,Lembata,2,Lifestyle,8,Lingkungan Hidup,16,Literasi,15,lombok,1,LP Cipinang,1,Madiun,1,Mahasiswa,41,Makanan Khas,1,Makasar,7,Makassar,1,Malang,3,Manggarai,88,Manggarai Barat,8,Manggarai Timur,20,Marianus Sae,1,Marion Jola,10,Masalah Rokok,1,Masyarakat,1,Mataram,2,Maumere,6,Media,2,Media Sosial,4,Medsos,3,Mendikbud,3,Menkominfo,1,Motang Rua,1,Muda Petani,1,Munir,1,musik,1,Narkoba,7,Nasional,240,Natal,19,Ngada,5,Novanto,1,Novel,15,NTT,117,Nyepi,2,Olahraga,12,Opini,354,Orang Muda,16,Otomotif,1,OTT,2,pacaran,6,Papua,22,Pariwisata,25,Partai Politik,24,Paskah,4,pelajar,2,Pembangunan,5,pemerkosaan,1,Pemilu,17,Pemuda,1,PenaBiru,3,Pencurian,2,Pendidikan,89,penyanyi,1,Peradi,1,Perdamaian,1,Perempuan,23,Perindo,1,Peristiwa,864,Peritiwa,2,Perlindungan Anak,2,Pers,3,Perzinahan,1,Piala Dunia,1,Piala Oscar,1,pileg 2019,2,Pilgub,41,Pilkada,102,Pilpres 2019,22,PKRI,1,PKS,1,PMII,1,PMKRI,23,PMKRI Bogor,1,Pmkri Jogja,1,Poco Ranaka,1,Polisi,30,politik,81,Politikus,6,POLRI,6,PP PMKRI,1,Pristiwa,26,Prosa,1,PSK,1,Puisi,67,Puteri Indonesia,4,Radikalisme,1,Ratna Sarumpaet,1,Refleksi,16,reformasi,1,Regional,6,Religi,5,Remaja,2,Rensi Ambang,1,Riau,1,Ricuh,1,Rindu,1,Risma,1,Rizieq Shihab,7,Rote Ndao,1,Ruteng,10,RUU,1,Sabu,1,Sail Komodo,1,Sajak,26,Sajam,1,Sam Aliano,1,Sastra,3,Sejarah,2,Sejarah Manggarai,1,Serial Story,1,situs pornografi,1,Somasi,1,Sosial,3,Sosial Politik,1,Sosok,3,Sospol,42,Start Up,1,Sumba,12,Surabaya,32,Tahun Baru,9,Tahun Baru. Remigius Nahal,1,Tarakan,1,Tata Kota,1,Teknologi,10,Tenun Manggarai,2,Terorisme,16,Terorismes,4,TKI,4,TNI,1,TNK,1,Tokoh,17,Tol Laut,1,Toleransi,2,Tour Jurnalistik,3,traveling,7,traveller,1,UNITRI-Malang,1,Unwira,1,UU MD3,7,Valentine,4,Viral,1,Wisuda,1,WNA,1,Yogyakarta,4,
ltr
item
Muda Membaca Dunia: Mengenal Beberapa Kesalahan Penggunaan Kata
Mengenal Beberapa Kesalahan Penggunaan Kata
https://2.bp.blogspot.com/-Jocg2k9QMEA/WoxYUlcXCFI/AAAAAAAAB0o/MPPYebH3VbggV4l49ZyvYf1F-mAR1w_6QCLcBGAs/s320/IMG-20180221-WA0005.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-Jocg2k9QMEA/WoxYUlcXCFI/AAAAAAAAB0o/MPPYebH3VbggV4l49ZyvYf1F-mAR1w_6QCLcBGAs/s72-c/IMG-20180221-WA0005.jpg
Muda Membaca Dunia
http://www.marjinnews.com/2018/02/mengenal-beberapa-kesalahan-penggunaan.html
http://www.marjinnews.com/
http://www.marjinnews.com/
http://www.marjinnews.com/2018/02/mengenal-beberapa-kesalahan-penggunaan.html
true
971126874416220402
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
close