Margasiswa School, PMKRI Denpasar Gelar Latihan Jurnalistik
Cari Berita

Margasiswa School, PMKRI Denpasar Gelar Latihan Jurnalistik

12 February 2018

Ketua DPC PMKRI Cabang Denpasar Efraim Bomba Reda mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengasah kemampuan anggota PMKRI Denpasar dalam bidang Jurnalistik. (Foto: RN)
Denpasar, Marjinnews.com. Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (DPC PMKRI) Cabang Depansar St. Paulus menggelar pelatihan Jurnalistik.

Pelatihan ini digelar di Margasiswa PMKRI Cabang Depansar St. Paulus, Jln. Thamrin Gang I No. 8, Denpasar pada senin (12/02/2018). Kegiatan ini merupakan bagian program kerja Presidium Pendidikan dan Kaderisasi.

Ketua DPC PMKRI Cabang Denpasar Efraim Mbomba Reda mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengasah kemampuan anggota PMKRI Denpasar dalam bidang Jurnalistik.

Oleh karena itu, DPC PMKRI Denpasar menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya. Pungkasnya.

"Karena itu kami menghadirkan narasumber yang kebetulan adalah alumni yang berprofesi sebagai jurnalis." Kata Efraim.

Menurutnya pelatihan ini akan digelar secara berkala sekali dalam seminggu dengan topik beragam. Untuk hari pertama ini yang diangkat adalah materi tentang menulis berita straight nesw (berita langusng) yang dibawa oleh Robinson Gamar, seorang jurnalis Kompas.com

Selain straight news, direncanakan pada pertemuan selanjutnya akan mengangkat topik berbeda. Diantaranya tentang menulis artikel, opini, dan teknik jurnalistik lainnnya.

Kegiatan pelatihan kali ini diikuti oleh 25 peserta. Terdiri dari anggota biasa dan simpatisan PMKRI Cabang Denpasar.

"PMKRI Cabang Denpasar ingin mencetak kader yang unggul dan melahirkan gagasan serta cerdas dalam menyajikan tulisan" tutur Efraim.

Sementara itu, salah satu peserta, Rian Ngari berpendapat bahwa, pelatihan ini sangat bermanfaat. Melalui pelatihan peserta mendapat bekal yang cukup untuk mengolah media online. Apalagi saat ini PMKRI Cabang Denpasar memiliki media online sendiri.

"Apa lagi sekarang ini PMKRI Denpasar sudah memiliki media berita online sendiri. Maka, dengan adanya pelatihan Jurnalistik ini, nantinya bisa memberdayakan media online milik PMKRI Denpasar ini kedepannya," kata Rian. Selain itu kegiatan ini cukup menarik, karena diminati banyak peserta. Oleh karena itu diharapkan, pelatihan Jurnalistik ini dapat terus digelar di masa-masa yang akan datang. Tuturnya.

"Saya berharap kegiatan ini dilanjutkan dengan materi-materi lain, karena yang dilakukan saat ini yang dibahas masih sebatas hal-hal mendasar". Tutup Rian. (RN/MN)