Mahasiswi UGM Asal Rusia Tergulung Ombak di Pantai Drini Gunungkidul
Cari Berita

Mahasiswi UGM Asal Rusia Tergulung Ombak di Pantai Drini Gunungkidul

3 February 2018

Nina saat diselematkan tims SAR setelah sempat tergulung ombak di Pantai Drini, Gunungkdul (Foto: SAR)
Yogyakarta, marjinnews.com - Seorang wisatawan asing sekaligus mahasiswi Universitas Gadjah Mada (UGM) asal Rusia, Nina (22), tergulung ombak di Pantai Drini, Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Beruntung Nina berhasil diselamatkan SAR.

"Benar hari ini terjadi laka laut sekitar pukul 13.30 WIB di Pantai Drini. Korban bernama Nina (22), WNA asal Rusia dan tercatat sebagai mahasiswi UGM," kata Sekretaris Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah II Gunungkidul, Surisdiyanto saat dihubungi detikcom, Sabtu (3/2/2018).

Dikutip detik.com Surisdiyanto menjelaskan, kejadian ini berawal saat korban bersama seorang teman lelakinya berlibur ke Pantai Drini Gunungkidul siang ini. Sesampainya di Pantai Drini keduanya langsung menuju sebuah rumah makan.

"Sambil menunggu menu yang baru dimasak korban berpamitan dengan temannya mau bermain air. Setelahnya korban bermain air di alur kapal Pantai Drini," jelasnya.

Petugas SAR yang melihat korban bermain air mengimbau supaya korban tidak berenang terlalu ke tengah. Namun imbauan petugas SAR tidak dihiraukan korban.

"Tiba-tiba ombak besar datang dan menghantam korban. Dikarenakan arus cukup kuat mengarah ke selatan, korban tidak kuat menahannya sehingga korban terbawa arus ke tengah," jabarnya.

Melihat kejadian tersebut petugas SAR langsung berusaha menolong korban. Beruntung 10 personil SAR Pantai Drini yang diterjunkan berhasil mengevakuasi korban ke tepi pantai.

"Beruntung korban dapat bertahan mengapung di laut, sehingga korban bisa diselamatkan petugas SAR menggunakan kapal jungkung," ungkapnya.

"Korban mengalami sesak nafas akibat terlalu banyak meminum air laut. Setelah dievakuasi korban diberikan perawatan di Pos SAR Pantai Drini," lanjutnya.

Menilik peristiwa ini, Surisdiyanto mengimbau setiap wisatawan yang berlibur di Pantai Selatan Gunungkidul memperhatikan seruan petugas SAR. Wisatawan juga diminta memperhatikan rambu yang dipasang SAR. (AA/DC/MN)