Korban Teror Gereja Lidwin Bedog DIbantai Tanpa Perlawanan
Cari Berita

Korban Teror Gereja Lidwin Bedog DIbantai Tanpa Perlawanan

11 February 2018

Banyak Korban yang mengalami luka bacok oleh sajam korban. Mereka tanpa perlawan( Foto: Istimewa)
Yogyakarta, marjinnews.com - Di tengah misa, ada seseorang membawa pedang mengamuk di luar gereja melukai seorang umat. Orang tersebut kemudian masuk dan mengamuk di dalam gereja termasuk melukai Rm Prier, SJ yang sedang memimpin misa (pas lagi Kemuliaan).

Pelaku akhirnya bisa dilumpuhkan oleh petugas setelah mencoba melakukan perlawanan dan sempat melukai petugas.

Romo Prier dibawa ke Panti Rapih menggunakan mobil umat. Pelaku dibawa ke RSA UGM. Ujar umat yang melihat pristiwa teror tersebut.

Adapun kronologis peristiwanya sebagai berikut sekitar Pelaku masuk dari pintu gereja bagian barat langsung menyerang korban atas nama Martinus Parmadi Subiantoro dan mengenai punggung sehingga jemaat yang berada di belakang/ kanopi membubarkan diri, kemudian pelaku masuk ke gedung utama gereja sambil mengayun ayunkan senjata tajam sehingga para jemaat juga membubarkan diri.

Selanjutnya pelaku berlari ke arah koor dan langsung menyerang romo Prier yg sedang memimpin misa dan pelaku masih menyerang para jemaat yg masih berada di dalam gereja dan mengenai korban an. Budi Purnomo dengan masih mengayun ayunkan senjata tajamnya ke patung Yesus dan patung bunda Maria yg berada di mimbar gereja.

Petugas Polsek Gamping yang dihubungi via telepon selanjutnya mendatangi TKP Aiptu Munir mencoba melakukan negosiasi kepada pelaku agar menyerahkan diri namun pelaku berusaha menyerang petugas sehingga petugas mengeluarkan tembakan peringatan dan pelaku masih saja menyerang petugas mengenai tangan Aiptu Al Munir sehingga terpaksa mengeluarkan tembakan ke arah pelaku dan mengenai perut pelaku sehingga dapat dilumpuhkan dan di bawa ke RS. UGM.

Pelaku atas nama Suliyono, yang diduga Mahasiswa itu berasal di Krajan Rt. 02 Rw. 01 Kandangan Pesanggrahan Banyuwangi Jatim.

Korban yang mengalami luka-luka akibat penyerangan dari Suliono itu antara lain Budijono, dia mengalami luka sobek pada bagian kepala belakang dan leher bagian belakang akibat senjata tajam.

Kemudian Romo Prier, Asmi Bener Yogyakarta mengalami sobek pada kepala belakang akibat senjata tajam juga. Serta Aiptu Munir petugas dari Kepolisisan.

Martinus Parmadi Subiantara Nusupan, Jemaat asal Rt. 02 Rw. 28 Trihanggo Gamping Sleman mengalami luka pada punggung.

Laporan: Edid Theresa - Kontributor marjinnews.com Yogyakarta

Editor: Remigius Nahal