Kaum Muda Menakluk Zaman, Siapa Takut?
Cari Berita

Kaum Muda Menakluk Zaman, Siapa Takut?

MARJIN NEWS
2 February 2018

Ada yang dan sudah mempersiapkan segala sesuatu untuk menghadapi tantangan ini. da yang mengetahuinya namun memilih diam dan seakan tidak tahu apa-apa (Gambar: Istimewa)
Banyak fakta yang tidak dapat dipungkiri, tak lepas dari keterlibatan kaum muda. Mengapa tidak?Tanpa kita sadari dunia saat ini memposisikan anak muda  sebagai tonggak perubahan demi kemajuan suatu bangsa.

Berhadapan dengan cepatnya laju perkembangan dunia, pemerintah mengharapkan anak muda untuk peka serta berani mengambil sikap dengan cara terlibat dalam persaingan global. Namun semua itu dikembalikan lagi ke kita kaum muda, and the big question is: apakah kita sudah siap?

Ada yang dan sudah mempersiapkan segala sesuatu untuk menghadapi tantangan ini. da yang mengetahuinya namun memilih diam dan seakan tidak tahu apa-apa, dan ironisnya masih ada yang baru bangun dan sama sekali tidak mengetahui hal ini. And now, What we have to do? Dalam artikel ini saya ingin mengajak teman-teman untuk mulai memikirkan tentang keberadaan kita di era ini.

Pak Joko Widodo dalam setiap sesi pidatonya tidak pernah melewatkan ajakan untuk kaum muda agar segera bertindak dan membuka mata.

Sebagai salah satu contohnya pemerintah telah melegalkan E-Comerce (perdagangan electronik). Peluang seperti ini adalah salah satu yang dirindukan oleh sebagian besar masyarakat dunia. Dan Indonesia yang adalah negara dengan tingkat konsumen yang sangat besar seharusnya bersyukur dan patut menjemput peluang ini.

Namun di lain sisi hal ini perlu diimbangi oleh beberapa persipan yakni: Kita harus mengenal siapa kita, apa potensi yang kita miliki, kita mampu mempelajari kebutuhan yang terus menjadi keluhan masyarakat umum, seberapa besar niat dan keyakinan kita dan kemudian kapan kita memulai dengan tindakan.

Sebagai bahan cerminan, seorang Jack Ma adalah tokoh yang sangat dikenal dan berpengaruh di dunia modern seperti sekarang ini. Bagaimana tidak? Nama Alibaba (Perusahan yang didirikan Jack Ma) dikenal dunia karena hadirnya bisnis jejaring internet.

Namun setelah menelusuri  akar terbentuknya  bisnis ini, ada kisah yang begitu menginspirasi yakni dimana ide yang tadinya dianggap gila oleh sebagian orang ternyata bisa menjawab sebagian besar kebutuhan masyarakat Tiongkok dan dunia saat ini.

Menambah sedikit cerita, pada  masa itu masyarakat Tiongkok resah dengan model penjualan produk secara lamban (menyita banyak waktu tetapi juga tidak menghasilkan pendapatan yang cukup), melihat hal ini seorang Jack Ma memutuskan untuk mendirikan internet sebagai pasar modern, yang kita kenal dengan sebutan E- Comerce.

Kawan-kawan muda masih ragu dengan segala sesuatu yang disebut mustahil itu? Sepertinya kita sedari dini sadar bahwa orang muda adalah penakluk zaman, peretas pikiran yang meruang dan apatisme terhadap pembangunan. Mungkin kamu salah satu dari Jack Ma di masa depan itu.

Oleh: Firmus Agames