Kabar Gembira, Satu Lagi Putra NTT Ditunjuk Jadi Uskup Oleh Paus Fransiskus

Menu Atas

Cari Berita

Advertisement

Kabar Gembira, Satu Lagi Putra NTT Ditunjuk Jadi Uskup Oleh Paus Fransiskus

MARJIN NEWS
23 February 2018

Romo Dr. Paulinus Yan Olla, MSF (Foto: Istimewa)
Surabaya, marjinnews.com - Kabar gembira untuk seluruh masyarakat NTT. Kali ini pemimpin umat Katolik sedunia Paus Fransiskus telah memilih putra Nusa Tenggara Timur (NTT), Romo Dr. Paulinus Yan Olla, MSF sebagai Uskup Keuskupan Tanjung Selor, Kalimantan Utara.

Romo Paulinus Yan Olla, MSF saat ini rektor mahasiswa teologan MSF di Malang, Jawa Timur. Seperti dikutip dari www.sesawi.net, kabar sukacita ini disampaikan Uskup Malang, Mgr. Henricus Pidyarto Gunawan, O.Cam, Kamis (22/2/2018).

Data yang dikutip dari biro pers Vatikan menyebutkan, Paulinus Yan Olla MSF lahir tanggal 22 Juni 1963 di Seoam Eban, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Keuskupan Atambua. Orangtuanya Amatus K. Olla dan Theresia Naben. Romo Yan memiliki saudara kandung yaitu Margaretha Olla, Regina Olla, Sr. M. Beatriks Olla, PRR, Ursula Maria Olla dan Herman Yoseph Olla.

Setelah tamat SMP Xaverius Kefamenanu, dia masuk seminari menengah di Lalian, Atambua dan melanjutkan ke jenjang Seminari Tinggi di Yogyakarta. Yan Olla,MSF menyelesaikan studi filsafat dan teologi di Fakultas Kepausan Teologi Wedabhakti Yogyakarta. Mengikrarkan kaul kekal pada tanggal 22 Juli 1991 dalam konggregasi Misionaris Keluarga Kudus (MSF). Kemudian ditahbiskan menjadi imam pada 28 Agustus 1992.

Tugas yang pernah diemban Yan Olla, MSF sebagai berikut. Tahun1992-1994: vikaris parokial di Paroki Keluarga Kudus Banteng, Yogyakarta (Keuskupan Agung Semarang); 1993-2005: koordinator Komisi Keluarga Keuskupan Agung Samarinda; 1995-1997: Rektor Seminari Menengah St. Yohanes Don Bosco Samarinda; 1997-2000: Pastor Paroki Bunda Maria Banjarbaru, Direktur Postulat MSF di Banjarbaru; 2000-2004: Studi Teologi Spiritualitas di Universitas Pontificio Istituto di Spiritualità Theresianum, Roma (Italia).

Tahun 2001-2007 menjadi Asisten Jenderal MSF di Roma dan tahun 2007-2013 menjabat Sekretaris Jenderal MSF di Roma.

Sejak tahun 2013, Romo Yan Olla menjabat rektor mahasiswa teologan MSF di Malang dan sejak 2014 menjadi koordinator Komisi Keluarga Keuskupan Malang, dosen Teologi Spiritual di Sekolah Tinggi Filsafat Teologi (STFT) Widya Sasana Malang. (AA/MN)