Heboh, Lelang Barang Pribadi Pejabat Negara Karena Anggaran Kritis, Ada Apa dengan Indonesia?

Menu Atas

Cari Berita

Advertisement

Heboh, Lelang Barang Pribadi Pejabat Negara Karena Anggaran Kritis, Ada Apa dengan Indonesia?

28 February 2018

Berdasarkan informasi, dua selendang dan satu jarik milik Iriana Jokowi ini akan dilelang dengan nilai limit nol rupiah. Peserta tidak perlu memberikan uang jaminan. Hari ini juga koleksi pribadi tersebut akan dilelang. (Foto: Istimewa)
Jakarta, Marjinnews.com - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menegaskan, hasil lelang sukarela barang-barang pribadi pejabat negara akan disumbangan untuk bidang pendidikan atau sosial lain, bukan karena negara putus asa dalam mencari penerimaan negara.

Hal ini menjawab kehebohan warganet di media sosial tentang tujuan lelang tersebut.

"Ini agak heboh di dunia maya, karena kelihatannya Bu Sri Mulyani sampai menjual baju. Apa APBN kurang penerimaan, apakah segitu desperate-nya sampai minta koleksi pribadi ke pejabat negara?" ujarnya di acara Lelang Sukarela di Galeri Nasional, Jakarta, Rabu (28/2/2018).

"Tapi dunia ‎maya seru dengan berbagai interpretasi," Sri Mulyani menambahkan.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menegaskan bahwa lelang barang pribadi milik Iriana Jokowi, wapres JK, dan pejabat negara lain untuk sumbangan di bidang pendidikan. Hasilnya tidak masuk ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) karena merupakan barang koleksi pribadi.

"Saya tegaskan, lelang ‎ini kan barang pribadi, hasilnya untuk sosial. Kami kerja sama dengan Reza Rahadian untuk perbaikan sekolah yang rusak, dan fasilitas sosial lain. Ini bukan penerimaan APBN, tapi pribadi. APBN kita aman," tegas Sri Mulyani.

Aktor Reza Rahadian yang merupakan Duta YAPPIKA (Yayasan Persahabatan Indonesia Kanada) yang menggaungkan kampanye sekolah aman, menyebut ada lebih dari 200 ribu ruang Sekolah Dasar yang rusak di seluruh Indonesia.

"Dengan lelang ini, kami bisa ikut berpartisipasi untuk kegiatan sosial," pungkas Reza.

"Karena ibu Iriana ikut lelang saat sudah tutup, maka kita akan lakukan lelang instan untuk koleksi pribadi ini. Jadi tidak bisa dimasukkan ke katalog karena disampaikan di detik-detik terakhir," papar dia di Galeri Nasional Indonesia, hari ini.

Sementara itu, Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati mengucapkan terima kasih kepada Iriana Jokowi atas partisipasinya dalam Lelang Sukarela ini.

"Saya berterima kasih kepada Ibu Negara Iriana Jokowi yang kemudian mendadak karena kemarin sore menyampaikan koleksi pribadi beliau. Karena acara ini sampai jam 6 sore, kita tidak melakukan di dalam tata kelola lelang barang pribadi ini. Tapi kita lakukan secara khusus (lelang)," jelas dia.

Berdasarkan informasi, dua selendang dan satu jarik milik Iriana Jokowi ini akan dilelang dengan nilai limit nol rupiah. Peserta tidak perlu memberikan uang jaminan. Hari ini juga koleksi pribadi tersebut akan dilelang. (OS/MN)