Dilan 1990 Meledak, Ini Bedanya Dengan Film Cinta Remaja Yang Lain
Cari Berita

Dilan 1990 Meledak, Ini Bedanya Dengan Film Cinta Remaja Yang Lain

5 February 2018

Film adaptasi novel karya Pidi Baiq ini bercerita tentang kisah cinta sepasang remaja pada era 90-an. Kehadiran Dilan 1990 menambah semarak genre film percintaan remaja. Apalagi Dilan 1990 hadir dengan penceritaan berbeda dari film sejenis. (Foto: Istimewa)
Jakarta, Marjinnews.com -Film Dilan 1990 yang tayang sejak Kamis, 25 Januari 2018 berhasil mencuri perhatian penikmat film Indonesia. Kurang dari dua pekan, film ini sudah meraih lebih dari 3 juta penonton.

Film adaptasi novel karya Pidi Baiq ini bercerita tentang kisah cinta sepasang remaja pada era 90-an. Kehadiran Dilan 1990 menambah semarak genre film percintaan remaja. Apalagi Dilan 1990 hadir dengan penceritaan berbeda dari film sejenis.

Seperti apa perbedaan Dilan 1990 dibandingkan film cinta remaja lain? Berikut kami hadirkan perbandingannya:

1. Dilan 1990

Film ini menampilkan awal hubungan cinta Dilan (Iqbaal Ramadhan) dan Milea (Vanesha Prescilla). Dilan adalah siswa SMA bandel sekaligus ketua geng motor di daerah Bandung. Sementara Milea merupakan siswi baru dengan sifat pemalu yang pindah dari Jakarta.

Dilan berusaha memenangkan hati Milea dengan cara unik. Dilan terus menggombali Milea sambil menghujaninya dengan hadiah tak terduga. Aksi Dilan membuat hati Milea lama-kelamaan luluh.

2. Ada Apa Dengan Cinta?

Meski sama-sama mengambil latar belakang SMA, jalan cerita Ada Apa Dengan Cinta? berbeda jauh dengan Dilan 1990. Film ini fokus terhadap hubungan benci menjadi cinta.

Siswi populer Cinta (Dian Sastrowardoyo) jengkel karena kalah lomba puisi dari Rangga (Nicholas Saputra). Kekesalan Cinta bertambah setelah melihat sifat cuek dan dingin Rangga. Berbagai macam kejadian terus mempertemukan mereka hingga rasa cinta tumbuh.

Ada Apa Dengan Cinta? tayang pada 2002. Karena itu, fashion khas era 2000-an bukan 90-an seperti cerita Dilan dan Milea.

3. Eiffel I'm In Love

Eiffel I'm In Love memang mengusung cerita remaja. Namun, hanya karakter utama Tita (Shandy Aulia) dan teman-temannya saja yang masih SMA. Tita dijodohkan dengan mahasiswa bernama Adit (Samuel Rizal). Perjodohan dilakukan secara terpaksa karena sifat Tita yang manja tidak cocok dengan kegalakan Adit.

Eiffel I'm In Love menampilkan latar belakang Jakarta dan Paris, Perancis. Kehadiran latar belakang luar negeri mencuri perhatian karena belum banyak film yang menghadirkannya saat Eiffel I'm In Love rilis tahun 2003.

4. Dear Nathan

Dear Nathan sebenarnya memiliki beberapa kemiripan dengan Dilan 1990. Kisahnya sama-sama diadaptasi dari novel. Kemudian penggambaran karakter utamanya mirip. Nathan (Jefri Nichol) merupakan siswa pemberontak yang jatuh cinta kepada Salma (Amanda Rawles). Salma adalah siswi baru dengan sifat kalem.

Latar belakang karakter jadi hal yang membedakan Dear Nathan dengan Dilan 1990. Tidak seperti Dilan, Nathan lahir dari keluarga broken home dengan permasalahan tersendiri. Waktunya juga berbeda karena film yang rilis tahun 2017 ini langsung mengambil cerita masa sekarang.

5. Posesif

Awal cerita Posesif mirip dengan Dilan 1990. Siswi sekaligus atlet loncat indah Lala (Putri Marino) pindah ke sekolah baru. Lala kemudian ditaksir siswa lain bernama Yudhis (Adipati Dolken). Yudhis mencoba untuk terus mendekati Lala hingga menjadi pacarnya.

Namun, paruh akhir kisah Posesif berubah drastis dari Dilan 1990. Film yang rilis tahun 2017 ini tidak berlanjut dengan cerita cinta romantis penuh gombalan ala Dilan dan Milea. Hidup Lala justru menjadi menakutkan karena Yudhis ternyata memiliki sifat Posesif.(RN/MN)