Desa Persiapan Labolewa Barat dan Utara Diresmikan Bupati Nagekeo
Cari Berita

Desa Persiapan Labolewa Barat dan Utara Diresmikan Bupati Nagekeo

2 February 2018

Dengan adanya peresmian desa persiapan ini kiranya memberi dampak yang positif dan signifikan dalam pendekatan pelayan maupun pembangunan (Foto: Istimewa)
Nagekeo, marjinnews.com - Dalam UU Desa Nomor 6 Tentang Desa, Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dapat melakukan penataan Desa. Pada prinsipnya pemekaran desa dibenarkan oleh UU.

Selama alur pemekaran Desa harus dilakukan sesuai dengan prosedur atau mekanisme yang tidak bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Penataan yang diperintahkan UU Desa harus berdasarkan hasil evaluasi tingkat perkembangan Pemerintahan Desa sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Adapun Tujuan Pemekaran Desa menurut UU Desa adalah  Mewujudkan efektivitas penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa, Mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik, Meningkatkan kualitas tata kelola Pemerintahan Desa; dan meningkatkan daya saing Desa.

Hari ini Jumat (2/2/2018) bertempat di Desa Labolewa Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo, Bupati Nagekeo Drs. Elias Djo meresmikan dua desa persiapan yang dimekarkan dari Desa induk Labolewa yaitu Desa persiapan Labolewa barat dan Labolewa Utara. Bupati Elias Djo mengajak masyrakat agar lebih pro aktif dan ikut terlibat dalam mendukung pembanguna di tingkat desa.

Peresmian Dua Desa Persiapan ini merupakan jawaban atas usulan masyrakat Desa Labolewa yang menginginkan ada pemekaran Desa Labolewa, melalui proposal pengajuan pemekaran yang sudah di serahkan kepada Pemerintah Daerah Nagekeo dan juga Dewan Perwakilan Daerah Kabupaten Nagekeo pada Tahun 2017 silam.

Dalam kegiatan peresmian Desa Persiapan ini, keterlibatan masyarakat Desa Labolewa begitu sangat antusias mulai dari tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh wanita tokoh pemuda. Hal ini mengisyarakan bahwa masyrakat Desa Labolewa siap menerima pendekatan pelayanan serta siap mendukung proses pembangunan di tingkat desa.

"Dengan adanya peresmian desa persiapan ini kiranya memberi dampak yang positif dan signifikan dalam pendekatan pelayan maupun pembangunan." demikian harapan salah satu tokoh pemuda saudara Yohanes Don Bosko Seda ketika dimintai tanggapannya.

Lebih Lanjut Dovan Seda berharap kepada pemuda pemudi Labolewa agar sama sama, bahu membahu memberikan sumbangsih positif dan juga ikut terlibat dalam proses selanjutnya.

Oleh: Rus Lepe
Marjinnews.com Nagekeo