Bangun Pelabuhan Sorong, Pelindo II Tunggu Restu Pemerintah
Cari Berita

Bangun Pelabuhan Sorong, Pelindo II Tunggu Restu Pemerintah

5 February 2018

Secara prinsip sebenarnya proyek tersebut sudah siap dikerjakan. Saat ini pembangunannya menunggu restu pemerintah pusat. (Foto: Istimewa)

Jakarta, Marjinnews.com - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II dalam waktu dekat akan menyerahkan hasil kajian terkait uji kelayakan proyek Pelabuhan Internasional Seget di Sorong, Papua Barat.

Direktur Teknik Dan Manajemen Risiko Pelindo II, Dani Rusli, mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan segera menyerahkan hasil kajian kepada pemerintah pusat untuk ditindaklanjutI.

"Arahan pemerintah pusat agar dikaji kembali, dikaitkan dengan perkembangan terbaru. Jadi kita coba lakukan review kembali, studi. Akan kita submit di dalam waktu dekat ke pemerintah," ujarnya dalam media visit di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (5/2/2018).

Kata dia, secara prinsip sebenarnya proyek tersebut sudah siap dikerjakan. Saat ini pembangunannya menunggu restu pemerintah pusat.

"Secara prinsip lahan segala macem, proyek desain semua sudah siap. Tinggal nanti kalau pemerintah oke, review kita masuk, RIP/rencana induk pelabuhannya itu disesuaikan dan menampung, kita bisa eksekusi proyek," lanjutnya.

"(Reviewnya) kan sekarang di sana ada beberapa pelabuhan lain yang relatif sizenya lebih kecil, seperti ada Pelabuhan Sorong kota atau Pelabuhan Arar. Jadi dicek sekali lagi dari sisi throughput, volume, kita bisa jamin ini sustain operasional," tambahnya.

Pelabuhan ini direncanakan untuk menjadi pelabuhan hub di Indonesia Timur. Dengan harapan arus tol laut ke timur Indonesia dapat berjalan sesuai rencana. Pembangunan Tahap I Pelabuhan Sorong diproyeksikan berkapasitas 500,000 TEUs.(RN/MN/D)