7 Fakta Tentang Marianus Sae yang Wajib Diketahui Masyarakat NTT

Namun, Febri belum mengungkapkan penangkapan itu terkait kasus atau proyek apa. Menurut Febri, Marianus sudah tiba di gedung KPK untuk men...

Namun, Febri belum mengungkapkan penangkapan itu terkait kasus atau proyek apa. Menurut Febri, Marianus sudah tiba di gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan (Foto: Istimewa).
marjinnews.com - Bupati Ngada, Marianus Sae ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta, Minggu (11/2/2018). Kepala Biro Humas KPK Febri Diansyah mengatakan penangkapan Marianus Sae karena diduga menerima fee sejumlah proyek.

Namun, Febri belum mengungkapkan penangkapan itu terkait kasus atau proyek apa. Menurut Febri, Marianus sudah tiba di gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan.

"Sudah sampai di gedung KPK sekitar pukul 17.20 WIB," ucap Febri kepada wartawan, Minggu petang.

Selain Marianus, menurut Febri, KPK juga mengamankan empat orang lainnya.

Siapa Marianus Sae? Berikut fakta-faktanya dilansir kupang.tribunnews.com.

1. Anak Yatim Piatu
Marianus Sae anak pasangan Yohanes Da'e dan Virmina Redo. Ia lahir di Kampung Bobajo, Kelurahan Mangulewa, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada pada tanggal 8 Mei 1962.

Dilansir dari muluscenter.blogspot.co.id, Marianus Sae kecil diajak oleh salah satu pamannya yang adalah guru SD untuk memulai pendidikan di SDK Bejo hingga Kelas 4.

Marianus Sae menamatkan pendidikannya di SDK Bajawa 1 (1970-1975), kemudian menjadi murid SMP PGRI Bajawa dari tahun 1976 - 1977. Namun, karena himpitan ekonomi, pendidikan sekolah menengah pertama ini terpaksa dihentikan selama kurang lebih 4 tahun.

Selama masa drop-out ini, Marianus Sae menjalani berbagai pekerjaan yang bisa dijalaninya saat itu, antara lain sebagai bertani, menjadi joki dalam pacuan kuda, pemborong kendaraan umum (oto) dan cetak batu bata.

Pada tahun 1980, ayahnya Yohanes Dae meninggal. Marianus Sae berjuang agar bisa survive. Meski dengan segala keterbatasan, keinginan untuk bersekolah tidaklah redup.

Dengan upaya sendiri, di tahun 1980 Marianus kembali melanjutkan sekolahnya di SMP PGRI Bajawa hingga tamat di tahun 1982 dan seterusnya bersekolah pada SMA Negeri Bajawa, sambil terus bekerja pada percetakan batu bata (CV Galeta).

Pada tahun 1985, meski dengan keterbatasan ekonomi, Marianus Sae melanjutkan pendidikan pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Nusa Cendana.
Saat memulai kuliah, Marianus Sae mendapat 'musibah.' Ia harus menerima kenyataan, ibunya Virmina Redo berpulang, meninggalkan Marianus sebatang kara.

Sambil kuliah, beliau bekerja sebagai buruh proyek bangunan dan sebagai karyawan asuransi untuk membiayai kehidupannya selama kuliah. Marianus bekerja sebagai pegawai Asuransi Bumi Asih Jaya, semula sebagai pencari nasabah kemudian berubah menjadi Kepala Unit.

Namun pada tahun tersebut, menjelang Semester 7, beliau memutuskan untuk menghentikan kuliah untuk mengadu nasib di Denpasar, Bali.

2. Pengusaha di Bali
Di Bali, Marianus Sae memulai bekerja selaku sales, dan kemudian bekerja sebagai karyawan kecil pada perusahaan cargo Interpec Jasa Tama Semesta yang bergerak di bidang eksport - import, sejak bulan Februari 1989.

Dikutip dari muluscenter.blogspot.co.id, pada bulan Februari 1990, Marianus Sae diangkat sebagai Kepala Cabang perusahaan cargo tersebut. Pada bulan April 1990, beliau mengundurkan diri dari Interpec Jasa Tama Semesta dan mendirikan perusahaan sendiri; PT. Flobal Express, yang berubah namanya di bulan November 1990 menjadi PT. Mansada Dirgantara.

Kesuksesan sebagai Direktur Utama perusahaan eksport - import ini tidak membuatnya terlena dan lupa diri.

Kecintaannya atas tanah kelahirannya mendorong beliau untuk kembali dan memberikan kontribusi bagi pembangunan di Ngada melalui pengelolaan dan promosi wisata di Ngada.

Untuk itu, di tahun 1994, Marianus bersama investor asal Australia mengelola daerah wisata mata air panas Mengeruda, Soa, di bawah payung PT. Ngada Paradise yang dipimpin olehnya hingga tahun 1996.

Sayangnya, investasi ini terkendala akibat kondisi investasi daerah yang tidak kondusif berakibat pada kebangkrutan dan PT Ngada Paradise terpaksa gulung tikar.

Kegigihan Marianus untuk bekerja dan berkreasi dalam berbagai situasi terus teruji. Di tahun 1997, Marianus mengadu nasib di Kalimantan melalui program transmigrasi, di mana di tempat ini beliau membuka peternakan ayam dan karena figur kepemimpinannya, pernah terpilih sebagai kepala desa.
Sayangnya, topografi wilayah Desa Sungai Rada, Kabupaten Pontianak tempat beliau bermukim ternyata sangat menyulitkan bagi upaya pengembangan ekonomi.

Pada bulan Juli 1998, beliau kembali ke kampung halamannya di Zeu untuk bertani. Di bulan Oktober 1999, beliau kembali ke Denpasar, dan bekerja sebagai buruh las di CV Amanda, dan tinggal di mess karyawan biasa selama kurang dari 3 bulan.

Pada bulan Februari 2000, beliau bekerja sebagai tukang las di CV tersebut. Di bulan Mei 2000, Marianus membuka perusahan las sendiri, dan menjadi Direktur Utama CV. Soatri Iron, yang masih berdiri hingga saat ini dan telah mempekerjakan puluhan karyawan.

Berbekal keterampilan dan pengetahuannya di bidang eksport-import, CV. Soatri Iron melebarkan sayap bisnisnya ke manca negara. Di tengah keberhasilannya merintis bisnis produksi dan eksport perabotan dan kerajinan tangan, keinginan beliau untuk membangun dan mempromosikan Ngada tak pernah pupus.

Oleh karena itu di tahun 2004 hingga sekarang, bersama rekan-rekan se-visi, beliau mendirikan sebuah perusahaan penerbitan majalah pariwisata Flores Paradise yang intensif melakukan promosi terhadap aset-aset pariwisata di daratan Flores.

Majalah ini disebarluaskan ke manca negara melalui biro-biro perjalanan dan hal ini berdampak nyata pada peningkatan jumlah wisatawan asing ke Kabupaten Ngada setiap tahunnya hingga saat ini.

3. Bupati Dua Periode
Sukses menjadi pengusaha di Bali, Marianus Sae kemudian memutuskan pulang Ngada.
Suami Maria Mo'i Keu dan ayah dari lima anak ini mencalonkan diri dan terpilih menjadi Bupati Ngada periode 2010-2015. Marianus berpasangan dengan Paulus Soliwoa. Pada Pilkada 2015, Marianus Sae-Paulus Soliwoa kembali mencalonkan diri.

Marianus Sae-Paulus Soliwoa kembali terplih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Ngada periode 2015-2020. Pasangan yang populer dengan sebutan Paket MULUS ini mendulang 52.164 suara atau 68,05 persen.

4. Tuduhan Hamili Pembantu
Saat Pilkada Ngada 2015, berhembus kabar tak sedap. Marianus Sae dituding berselingkuh dengan pembantunya yang bernama Maria Natalia Sisilia.

Dari hasil perselingkuhan Marianus Sae dengan Maria itu, lahir seorang anak laki-laki bernama Paulus Reynaldi Sae pada 2012 lalu.

Informasi tentang dugaan skandal perselingkuhan tersebut dibeberkan oleh Maria pada September lalu.
Maria mengatakan bahwa sang Bupati siap bertanggung jawab atas anak hasil hubungan gelap tersebut.

Namun, Marianus Sae menyangkal hal ini. Dalam sebuah video yang diunggah di YouTube, ia mengklaim ada skenario lawan politik yang hendak menjatuhkan pamornya di balik kasus ini.
Kepada Tempo, Marianus Sae juga membantah telah melakukan hubungan seks dengan Maria. "Tidak benar itu. Siapa yang mengaku telah dihamili? Mana korbannya?" kata Marianus, yang mengaku sedang berada di Denpasar, Bali, saat dihubungi Tempo, Jumat, 18 Oktober 2013.

Marianus Sae mengatakan, dirinya menunggu siapa perempuan yang mengaku melahirkan anaknya. Sebab, dalam setahun terakhir, tidak pernah ada orang yang mengatakan sebagai korban karena dihamili olehnya.

5. Tersangka Penutupan Bandara
Marianus Sae juga pernah ditetapkan tersangka dalam kasus penutupan Bandara Turelelo, Soa, di Kabupaten Ngada, NTT pada 21 Desember 2013 silam. Penetapan status tersangka itu dilakukan oleh Polda NTT dan Bareskrim Mabes Polri.

"Penetapan orang nomor satu di Ngada sebagai tersangka itu setelah tim penyidik Polres Ngada yang dibantu penyidik dari Polda NTT dan Bareskrim Mabes Polri melakukan pemeriksaan terhadap 15 Polisi Pamong Praja pekan lalu," kata Kapolda NTT Brigjen Polisi Untung Yoga, di Kupang, Senin, 30 Desember 2013 lalu.

Pada saat itu, Bupati Marianus Sae diduga memerintahkan petugas Satpol PP Ngada untuk memblokade Bandara Turelelo Soa pada 21 Desember 2013 lalu.

Perintah ini muncul karena Marianus tidak mendapat tiket pesawat Merpati Nusantara Airlines rute Kupang-Bajawa.

Akibat tindakan otoriter itu, pesawat Merpati dengan nomor penerbangan 6516 rute Kupang-Bajawa yang mengangkut 54 penumpang tidak bisa mendarat.

Pesawat tersebut akhirnya terpaksa kembali ke Bandara El Tari, Kupang. Bandara ini diblokade mulai pukul 06.15 Wita hingga pukul 09.00 Wita.

Otoritas bandara tidak dapat berbuat banyak karena jumlah anggota Satpol PP Ngada yang menduduki landasan pacu bandara lebih banyak daripada petugas bandara. Belakangan Polda NTT menerbitkan surat perintah penghentian penyidikan (SP3) kasus penutupan Bandara Turelelo.

6. Kekayaan Rp 33 Miliar
Sukses menjadi pengusaha dan Bupati Ngada, sudah tentu harta kekayaannya bertambah. Berdasarkan catatan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang diakses tribun-timur.com melalui acch.kpk.go.id, Marianus melaporkan harta kekayaannya pada 10 Juli 2017.

Saat itu ia melaporkan hartanya untuk maju dalam Pilbup Kabupaten Ngada periode 2015-2020.
Total harta yang dimiliki Marianus adalah Rp 3.776. 400.000 yang terdiri atas harta bergerak, harta tidak bergerak, surat berharga serta giro dan setara kas lainnya.

Untuk harta bergerak yang dimiliki Marianus adalah lima kendaraan roda empat dan empat kendaraan roda dua dengan jumlah Rp 935.700.000.

Ia juga memiliki peternakan sapi, peternakan kuda, perkebunan jagung dan memiliki lahan hutan jati dan lahan hutan mahoni yang bila dirupiahkan menjadi Rp 15.670.000.000. Kemudian untuk harta tidak bergerak, tanah dan bangunan di Badung serta empat lahan tanah di Manggarai Barat, NTT senilai Rp 5.350.000.000.

Selain itu, dia juga memiliki harta berupa surat berharga senilai Rp 10.500.000.000 dan giro serta setara kas lainnya senilai Rp 60.700.000.

Kader PKB tersebut juga memiliki piutang dalam bentuk pinjaman barang senilai Rp 1.260.000.000.
Sebelum mengajukan diri menjadi Gubernur NTT dalam Pilkada Serentak 2018, Marianus sudah sukses mencicip dua periode Bupati Ngada.

7. Calon Gubernur NTT
Dua tahun setelah terpilih menjadi Bupati Ngada periode kedua, Marianus Sae mengadu peruntungannya dengan mencalonkan diri sebagai gubernur NTT periode 2008-2023. Marianus Sae berpasangan dengan Emilia Nomleni. Keduanya diusung PDIP dan PKB.

Penetapan Marianus Sae sebagai bakal calon gubernur diwarnai aksi protes sejumlah kader PDIP.
Mengingat Marianus Sae bukan merupakan kader PDIP. Sebagai bentuk protes, sejumlah kader PDIP di NTT memutuskan hengkang dari partai berlambang banteng moncong putih tersebut.

Meski demikian banyak juga kader PDIP menyetujui dan mengamankan keputusan DPP PDIP terkait penetapan Marianus Sae-Emilia Nomleni. Berita penangkapan Marianus Sae oleh KPK mengagetkan masyarakat NTT.

Apalagi, penangkapan Marianus Sae terjadi sehari menjelang penetapan peserta Pilgub NTT oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTT. Sesuai jadwal, KPU NTT menggelar rapat pleno penetapan calon gubernur dan wakil gubernur NTT, Senin (12/2/2018). (AA/MN)

COMMENTS

Name

1 Tahun Berkarya,1,Agama,3,Agraria,1,Ahmad Dhani,1,Ahok,25,Aktivis,3,Alam,3,Anak,8,Anak Muda,27,Anggaran,1,Antikorupsi,1,Aparatur Negara,1,Arjen Robben,1,Artikel,231,Asmat,4,Asusila,5,Badung,9,bahasa,1,Bali,100,Bali Utara,2,Bandara Bali Utara,2,banjir,1,Bantuan CSR,1,Batam,16,BBM,1,Bedah Buku,1,Ben Senang Galus,1,Bencana Alam,2,Berita,10,Bhineka,2,BNI,1,Bola,2,bom,1,Bom Bunuh Diri,4,Borong,1,BPJS,1,Budaya,46,Buku,1,BUMN,1,Bung Karno,1,Bunuh Diri,3,Bupati Mabar,1,Camilian,1,Cerpen,159,Chelsea Islan,1,Chiristian Rotok,1,Daerah,453,Daerah. Riau,1,Dana Desa,1,Demokrasi,23,Denpasar,11,Desa,2,Destinasi,1,Diaspora,2,Dilan,4,Dilan 1990,1,Donny Isman,1,DPR RI,2,DPRD,1,E-KTP,4,Editorial,41,Edukasi,1,Ekonomi,6,Emi Nomleni,1,Ende,5,Entrepreneur,1,Feature,39,festival Komodo,2,Film,7,Filsafat,2,Fitur,1,Flobamora Cup,1,Flores,13,Focus Discussion,6,FPI,1,Gantung diri,2,Gaya,1,Gedged,1,Gempa,5,Gereja,4,Gereja Katolik,4,Gerindra,1,Gizi Buruk,1,GMKI,1,GMNI,2,Golkar,1,Gusti Dulla,1,HAM,1,Hand Phone,1,Hari Buruh,2,hari buruh internasional,1,Hari Perempuan Internasional,2,Hiburan,24,HMPCK,1,Hoax,2,hukum,45,Human Trafficking,5,Idul Fitri,1,IJM,1,IKEMAS CUP,7,Imlek,2,Indonesia,2,Indonesian Idol,11,Inspirasi,4,Internasional,15,Internet,2,Investasi,1,Iriana Jokowi,1,Ivan Nestorman,1,IYC Jatim,1,Jabar,1,JAD,1,Jakarta,9,Jatim,3,Jawa Tengah,1,JK,1,Jodoh,1,Jogyakarta,3,Jokowi,16,Jomblo,2,JRUK Sumba,2,jurnal Terbaru,1,jurnalistik,3,Kalimantan,5,Kampanye,2,Kampus,3,Kapolri,1,Kar. Ilmiah,4,Karanganyar,1,Karya Sastra,262,KDRT,1,Keagamaan,7,kebakaran,4,Kebangsaan,1,kebudayaan,2,Kecelakaan Lalu Lintas,2,Kediri,2,Kejadian. Jakarta,1,kejahatan,2,Kemahasiswaan,2,Kemanusiaan,68,kemenkominfo,1,Kemiskinan,2,kepala daerah,1,Kepemuaan,6,Kepemudaan,151,kepemudan,11,Kepri,1,kerohanian,2,Kesehatan,15,Ketahanan Nasional,1,KNPI,2,Komodo,9,Komunikasi,1,Komunitas,5,Koperasi,1,Korban,1,Korupsi,59,KPK,13,KPU,1,Kreatif,1,Kriminal,56,Kritik Sastra,4,Kupang,23,Kuta,1,Labuan Bajo,42,Lakalantas,9,langka,1,Larantuka,1,Lebu Raya,1,Lembata,2,Lifestyle,8,Lingkungan Hidup,16,Literasi,15,lombok,1,LP Cipinang,1,Madiun,1,Mahasiswa,41,Makanan Khas,1,Makasar,7,Makassar,1,Malang,3,Manggarai,89,Manggarai Barat,8,Manggarai Timur,20,Marianus Sae,1,Marion Jola,10,Masalah Rokok,1,Masyarakat,1,Mataram,2,Maumere,6,Media,2,Media Sosial,4,Medsos,3,Mendikbud,3,Menkominfo,1,Motang Rua,1,Muda Petani,1,Munir,1,musik,1,Narkoba,7,Nasional,240,Natal,19,Ngada,5,Novanto,1,Novel,15,NTT,117,Nyepi,2,Olahraga,12,Opini,356,Orang Muda,16,Otomotif,1,OTT,2,pacaran,6,Papua,22,Pariwisata,25,Partai Politik,24,Paskah,4,pelajar,2,Pembangunan,5,pemerkosaan,1,Pemilu,17,Pemuda,1,PenaBiru,3,Pencurian,2,Pendidikan,89,penyanyi,1,Peradi,1,Perdamaian,1,Perempuan,23,Perindo,1,Peristiwa,864,Peritiwa,2,Perlindungan Anak,2,Pers,3,Perzinahan,1,Petani,1,Piala Dunia,1,Piala Oscar,1,pileg 2019,2,Pilgub,41,Pilkada,102,Pilpres 2019,22,PKRI,1,PKS,1,PMII,1,PMKRI,23,PMKRI Bogor,1,Pmkri Jogja,1,Poco Ranaka,1,Polisi,30,politik,81,Politikus,6,POLRI,6,PP PMKRI,1,Pristiwa,26,Prosa,1,PSK,1,Puisi,67,Puteri Indonesia,4,Radikalisme,1,Ratna Sarumpaet,1,Refleksi,16,reformasi,1,Regional,6,Religi,5,Remaja,2,Rensi Ambang,1,Riau,1,Ricuh,1,Rindu,1,Risma,1,Rizieq Shihab,7,Rote Ndao,1,Ruteng,10,RUU,1,Sabu,1,Sail Komodo,1,Sajak,26,Sajam,1,Sam Aliano,1,Sastra,3,Sejarah,2,Sejarah Manggarai,1,Serial Story,1,situs pornografi,1,Somasi,1,Sosial,3,Sosial Politik,1,Sosok,3,Sospol,42,Start Up,1,Sumba,12,Surabaya,32,Tahun Baru,9,Tahun Baru. Remigius Nahal,1,Tarakan,1,Tata Kota,1,Teknologi,10,Tenun Manggarai,2,Terorisme,16,Terorismes,4,TKI,4,TNI,1,TNK,1,Tokoh,17,Tol Laut,1,Toleransi,2,Tour Jurnalistik,3,traveling,7,traveller,1,UNITRI-Malang,1,Unwira,1,UU MD3,7,Valentine,4,Viral,1,Wisuda,1,WNA,1,Yogyakarta,4,
ltr
item
Muda Membaca Dunia: 7 Fakta Tentang Marianus Sae yang Wajib Diketahui Masyarakat NTT
7 Fakta Tentang Marianus Sae yang Wajib Diketahui Masyarakat NTT
https://3.bp.blogspot.com/-JzvyEPgIfwE/WoFOd1FIPeI/AAAAAAAAC3M/PKrAKkVZVWAFzmpBEUrolohVyZGq3uQ0ACLcBGAs/s320/marianus%2Bsae%2BNTT.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-JzvyEPgIfwE/WoFOd1FIPeI/AAAAAAAAC3M/PKrAKkVZVWAFzmpBEUrolohVyZGq3uQ0ACLcBGAs/s72-c/marianus%2Bsae%2BNTT.jpg
Muda Membaca Dunia
http://www.marjinnews.com/2018/02/7-fakta-tentang-marianus-sae-yang-wajib.html
http://www.marjinnews.com/
http://www.marjinnews.com/
http://www.marjinnews.com/2018/02/7-fakta-tentang-marianus-sae-yang-wajib.html
true
971126874416220402
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
close