Sepanjang 2017, Pengidap HIV/AIDS di NTT Mencapai 5.000 Orang

Menu Atas

Cari Berita

Advertisement

Sepanjang 2017, Pengidap HIV/AIDS di NTT Mencapai 5.000 Orang

24 January 2018


Jumlah ini yang tercatat dari Dinas Kesehatan NTT, sedangkan yang tidak terdata itu masih sangat banyak bahkan lebih banyak dari jumlah Ini.(Foto: Ilustrasi)

Kupang, Marjinnews.com - Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Nusa Tenggara Timur (NTT), dr Husein Pancratius mengatakan, sebanyak 5.000 warga di provinsi NTT saat ini terinfeksi virus HIV/AIDS.

"Data yang kami peroleh sampai  2017 (Agustus) menunjukkan bahwa jumlah pengidap HIV/AIDS di NTT telah mencapai 5.000 orang ," kata dr Husein Pancartius di Kupang beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, jumlah orang yang terinfeksi HIV/AIDS terus meningkat. Sebelumnya, Husein mengatakan, pada Februari 2016 tercatat sekitar 3.700 orang.

"Dan ini menyebar ke berbagai pelosok NTT. Maksudnya semua daerah sampai ke pelosok-pelosok itu ada pengidap HIV/AIDS," katanya. Semua kelompok usia dan profesi juga, kata Husein, mengidap virus yang mematikan ini.

"Proses penularannya sebagian besar melalui hubungan intim dan sebagian kecilnya penularan dari ibu ke anak," kata Husein. Meski demikian, Husein mengatakan, masih banyak pengidap HIV/AIDS yang belum 
terdata.

"Jumlah ini yang tercatat dari Dinas Kesehatan NTT, sedangkan yang tidak terdata itu masih sangat banyak bahkan lebih banyak dari sekarang," katanya. (RN/MN)