Orasi Politik Rotok: Saya Sakit Hati Jika Warga Manggarai Raya Pilih Orang Lain
Cari Berita

Orasi Politik Rotok: Saya Sakit Hati Jika Warga Manggarai Raya Pilih Orang Lain

29 January 2018

Christian Rotok ingin bahwa ada Putra dari Manggarai yang duduk  langsung di Jabatan Gubernur, maka dari pada itu mantan Sekda Manggarai Barat itupun memberi pilihan kepada rakyat Manggarai yaitu kalau tidak memilih Dirinya maka pilih Benni K. Harman. Begitupun juga sebaliknya. (Foto: Istimewa)

Ruteng, Marjinnews.com. Pertarungan dalam merebut kursi Gubernur dan wakil gubernur NTT semakin memanas. 

Adu program, tebar propaganda dari para Kandidat yang maju menjadi calon untuk menyakinkan rakyat Nusa Tenggara Timur kian menggema di seluruh wilayah Flobamorata. 

Para calon seakan berlomba - lomba menyambangi satu daerah ke daerah yang lain. Deklarasi, konsolidasi bahkan berorasi untuk umbar janji kian meramaikan hajatan Demokrasi lima tahunan tersebut. 

Isu politikpun tak terhindarkan, mulai dari isu agama, isu daerah pemilihan dan isu Moralitas yang dimainkan untuk saling menjatuhkan pasangan lainnya tak terluputkan. 

Tercatat sebanyak 4 pasang calon Gubernur dan wakil gubernur NTT telah mempersiapkan diri untuk merebut suara rakyat NTT pada Pilgub yang akan dilaksanakan pada bulan Juni tahun 2018 mendatang. 

Bakal Calon Gubernur tersebut diantaranya Pasangan Marianus Sae dan Emi Nomleni, Pasangan Victor Lasikodat dan Jhosep Nai Soi, Pasangan Eston Fonay dan Christian Rotok dan Pasangan Benni Kabur Harman dan Beni Litelnoni. 

Untuk daerah pemilihan kabupaten Manggarai, Manggarai Timur dan Manggarai Barat (Manggarai Raya) ada dua putra terbaik dari wilayah tersebut juga mengikuti kontestasi lima tahunan itu. 

Mereka adalah Benni Kabur Harman, anggota DPR RI utusan Partai Demokrat yang menjadi calon Gubernur berdampingan dengan Beni Litelnoni sebagai calon wakil Gubernur dan Christian Rotok, Mantan Bupati Manggarai sebagai Calon Wakil Gubernur yang berpasangan dengan Eston Fonay sebagai calon Gubernur. 

Pembagian pemilih NTT berdasarkan daerah atau wilayah ini tidak dapat dipungkiri. Seperti tergambar jelas dari orasi politik salah seorang calon wakil Gubernur NTT Christian Rotok yang mengajak masyarakat Manggarai Raya untuk memilih calon Gubernur maupun wakil gubernur asal Manggarai Raya. 

Pernyataan itu dibuktikan dari sebuah rekaman orasi politik milik Christian Rotok yang sudah beredar luas di media sosial dan youtobe. 

Dalam rekaman orasi politik yang berdurasi sekitar 1 Menit 48 detik itu Christian Rotok mengatakan bahwa jikalau masyarakat Manggarai raya tidak ingin memilih dirinya, maka pilihlah Benni K. Harman, demikian pula sebaliknya, jika tidak ingin memilih Benni K Harman, maka pilihlah dirinya. Dirinyapun merasa sakit hati jikalau orang Manggarai Raya memilih calon di luar Manggarai.

Lebih lanjut mantan Bupati Mangarai dua periode itu menghimbau agar masyarakat Manggarai Raya tetap satu hati dan duduk bersama walaupun calon dari Manggarai Raya tidak punya uang dan harta berlimpah. 

Diapun meminta kepada masyarakat Manggarai Raya agar jangan memilih orang hanya karena uang dan jabatan. Sebab kata Rotok, sudah banyak pengalaman yang telah terjadi.

Dalam orasi yang disampaikan dengan bahasa Manggarai itu, Christian Rotok menyampaikan niatnya maju menjadi kandidat calon wakil Gubernur karena ingin ikut terlibat langsung dalam sistem pembangunan Provinsi NTT. 

Mantan Cagub NTT 2013 lalu itu kemudian menjelaskan bahwa kali ini dirinya tidak mau sia - sia dalam memperjuangkan keinginanya untuk menjadi pemimpin NTT.

Dirinya ingin bahwa ada putra Manggarai yang duduk langsung menjadi pemimpin NTT yang akan datang. Mantan Sekda Manggarai Barat itupun memberi pilihan kepada rakyat Manggarai Raya yaitu kalau tidak mau memilih dirinya maka pilih Benni K. Harman. Begitupun juga sebaliknya.(RN/MN)