Nataru Bersama Kec. Cibal-Bali, Berlangsung Meriah
Cari Berita

Nataru Bersama Kec. Cibal-Bali, Berlangsung Meriah

15 January 2018

Ketua Umum Cibal Bali Yustinus Palera, menekankan kepada seluruh warganya yang ada di Bali agar tetap KONGKOL(red-bersatu) dan KENGKEL (red-berkumpul). "Ini adalah kunci IKBAL - BALI dalam menghadapi segala problem atau masalah apapun dari Warga Cibal di Perantauan ini".(Foto: RN)


Denpasar, Marjinnews.com. Semaraknya Nataru bersama Ikatan keluarga Besar Cibal Bali (IKKBAL) berlangsung meriah. 

Acara yang berlangsung di Aula gedung Persatuan Wartawan Indonesia Bali ( PWI Bali) Jalan Gatsu tengah Lumintang Denpasar itu dihadiri oleh seluruh warga asal Cibal yang tinggal di Bali serta para tamu undangan lainya dari Manggarai Raya Bali. 

Nataru bersama IKKBAL 2018 ini, sekaligus juga pengukuhan kepengurusan IKKBAL untuk periode 2018 - 2021 oleh ketua IKKMAR Bapak Frans Papur. 

Acara Nataru IKKBAL tahun ini diawali dengan acara Kepok(red-Penyambutan) yang disampaikan oleh sesepuh asal Cibal Bapak Fransiskus H. Tehok. 

Kepok adalah kebudayaan Manggarai untuk menyambut seluruh para tamu undangan yang hadir dalam acara Nataru IKKBAL tersebut. 

Setelah acara kepok dilakukan kemudian dilanjutkan dengan Doa bersama sebagai ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam merayakan Natal dan Tahun baru 2018.

Tema acara Nataru bersama  IKKBAL Tahun ini yaitu" Dengan Semangat Natal & Tahun Baru, kita Perkuat persatuan Keluarga Cibal - Bali. Serta dipertegas lagi dalam Go'et (red- pepatah) Manggarai yaitu '‘MUKU CA PU’U, NEKA WOLENG CURUP - TEU CA AMBO NEKA WOLENG LAKO".


Dalam Sambutannya Ketua Umum CIBAL-BALI, Bapak Yustinus Palera,  mengajak seluruh warga Cibal yang ada di Bali untuk menyatukan diri dan bergabung dalam wadah suka dan duka yaitu IKBAL-BALI.

Beliau Menegaskan, kepada seluruh warga Cibal yang sudah bergabung untuk tetap memperkuat kebersamaan dan yang belum bergabung agar segera bergabung ke IKBAL-BALI melalui Rayon-rayon yang sudah terbentuk.

Lebih lanjut Ketua Umum Cibal Bali menekankan kepada seluruh warganya yang ada di Bali agar tetap KONGKOL(red-bersatu) dan KENGKEL (red-berkumpul). "Ini adalah kunci IKBAL - BALI dalam menghadapi segala problem atau masalah apapun dari Warga Cibal di Perantauan ini".

Dalam sambutannya, Ketua IKKMAR BALI Frans Papur memberi pesan kepada seluruh Warga IKKBAL bahwa pentingnya persatuan dan kebersamaan antara sesama warga Manggarai di Bali. Lebih khusus Warga Cibal. 

Kemudian dalam acara pengukuhan kepengurusan IKKBAL, Frans Papur memberi pesan kepada seluruh perangkat kepengurusan Kec. CIBAL Bali agar menjadi pelayan tanpa pamrih untuk warga Cibal yang ada di Bali. 

"Kecamatan CIBAL yang merupakan salah satu bagian dari 10 kecamatan se-IKKMAR yang ada di Bali, merupakan salah satu Kecamatan yang bisa di jadikan contoh, karena bisa menghimpun seluruh lapisan baik tua, muda, maupun Mahasiswa/i Cibal yang menuntut ilmu di Bali" Tandas Frans Papur dalam sambutan Itu.

Rangakaian acara Nataru IKKBAL Bali berlangsung meriah dengan ditampilkan acara tarian Rangkuk Alu persembahan dari Muda - Mudi IKKBAL. Tarian ini cukup fenomenal dikalangan masyarakat Manggarai di Bali saat ini.

Ditambah lagi dengan penampilan tarian Congka Sae yang dibawakan oleh Mahasiswa Cibal UNDIKSA Singaraja. 

Dalam acara yang sangat meriah ini Nataru bersma IKKBAL Bali banyak menampilkan berbagai pentas acara Budaya Manggarai.

Ketua umum Kec.Cibal Bali disela - sela acara itu kepada Marjinnews.com menegaskan" tujuannya untuk membudayakan budaya dan memperkenalkan budaya Manggarai kepada putra/i Manggarai kelahiran Bali.

Acara bertambah meriah dengan penampilan dari anak - anak Cibal Kelahiran Bali. Mereka membawakan lagu Natal berbahasa Inggris, sehingga memukau seluruh para hadirin.

Sebagai acara pemungkas, seluruh para tamu undangan bergoyang bersama - sama sebagai tanda sukacita Natal dan Tahun baru bersama warga IKKBAL. (RN/MN)