Lala Marion Di Mata Para Sahabat, Donal Manuain: Lala Itu Cewek yang Punya Paket Lengkap
Cari Berita

Lala Marion Di Mata Para Sahabat, Donal Manuain: Lala Itu Cewek yang Punya Paket Lengkap

18 January 2018

Lala Marion, salah satu peserta audisi Indonesian Idol asal Kupang bersama para sahabat (Foto: Dok. Pribadi)
Dalam dunia ini, ada orang-orang yang mampu menjadi sandaran kita saat kita terpuruk, namanya sahabat. Sahabat tidak datang hanya saat kita senang saja, tapi kita akan lebih merasakan ketulusannya saat mereka ada ketika kita rapuh. Segala keluh kesah senantiasa kita bagikan kepada sahabat, berharap beban dapat dipikul bersama.

Sebaik-baiknya kita di depan orang, hanya seorang sahabat yang mengerti sifat asli kita. Sebenci-bencinya kita akan perlakukan atau sifat sahabat, kita akan senantiasa kembali berkeluh kesah padanya, karena dia sahabat. Semua yang kita raih, kesuksesan dan cita, tidak terlepas dari dukungan dan dorongan hebat dari sahabat.

Donal Manuain, sosok pemuda asal Kupang yang sudah lama berkarya dalam bidang seni. Mungkin sudah banyak yang mengetahui karya-karya pemuda yang sering disapa Donal ini melalui media sosial instagram dan youtube.

Donal adalah pendiri Bigbrother yang merupakan suatu komunitas dalam hal seni. Donal mendirikan  bersama rekannya Dion Tefu, Rian Laaul, dan Reza Fanggidae.  Komunitas Bigbrother sudah berdiri selama 2 tahun . Progres Bigbrother tidak hanya di dalam area Kupang, tapi juga di luar area Kupang. Bigbrother juga mempunyai satu manajemen yakni Kumis Production. Kumis Production didirikan oleh Donal dan Kiki Nonna.

Dalam kegiatan Bigbrother lebih fokus pada ke DJ, modeling dan dancer, sedangkan Kumis Production berfokus pada bagian musik dan dunia tarik suara. Motivasi yang menginspirasi Donal mendirikan Bigbrother yakni untuk mengumpulkan bakat dari anak-anak di  NTT  khususnya di Kupang yang mau berkarya. “Kita kumpulkan orang-orang hebat, anak-anak yang mau belajar, lalu kita kembangkan mereka dan mempromosikan lewat media seperti youtube, Instagram dan medsos lain”, ungkap Donal.
Donal Manuain, salah satu sahabat Lala Marion (Foto: Dok. Pribadi)

Selain berkarya dalam dunia seni, ternyata pria asal Kupang ini juga merupakan sahabat dari seorang Lala Marion. Mungkin sebagian anak di NTT sudah sering menyaksikan video-video dance, atau cover lagu yang dibawakan Donal dan Lala.

Seperti yang kita tahu bahwa Lala Marion adalah gadis asal Kupang yang namanya sedang melejit berkat keikutsertaan dalam audisi Indonesian Idol. Sebelum dikenal seluruh Indonesia, ternyata bakat lala sudah banyak digali berkat persahabatannya dengan Donal dalam komunitas Bigbrother. “ Bigbrother dan Kumis Production juga berperan penting dalam karir lala”, kata Donal.

Sebagai seorang sahabat, Donal dan lala tentu melewati berbagai pengalaman dan kisah. “Pertama kali bertemu Lala , waktu saya membuka audisi sekaligus mencari talent nyanyi.  Kebetulan saat itu Lala masih sebagai model di suatu agency model. Jadi Lala itu dari modeling dulu, lalu ke tangan saya dan ke Kumis Production untuk jadi penyanyi” ungkap Donal saat ditanya tentang pertemuan pertama dengan Lala.

Kesan pertama yang dirasakan Donal saat mengenal Lala yakni menurut Donal, Lala itu anaknya sangat manja, hyperaktif, dan kalau soal latihan dia anaknya agak sedikit ribet tapi sedikit serius juga dan lebih banyak canda tawa, pokoknya Lala bisa diajak kerjasama.


Jalinan persahabatan dari seorang Donal dan Lala sudah terjalin selama tiga tahun lebih. Donal juga mengaku bahwa dia sudah menganggap Lala seperti adik sendiri. “Lala itu sudah seperti adik saya sendiri, kita kenal sudah cukup lama”, kata Donal. Seperti halnya Donal yang mengganggap Lala sebagai adik, begitu pula Lala yang menganggap Donal sebagai seorang kakak.

“Hingga saat ini saya masih bersahabat dengan Lala karena sampai sekarang dia mengganggap saya sebagai kakak laki-lakinya. Setiap ada masalah apapun itu, pastinya selalu saya yang handle, karena Lala sedikit manja, kadang kala sedikit masalah yang kecil pasti saya yang tangani”, tambahnya.

Donal memiliki komunitas Bigbrother dan Kumis Production yang semua kegiatan didalamnya disukai Lala. Hal itu membuat Lala datang setiap hari untuk terus latihan semua hal yang dia mau lakukan, seperti dance, bermusik, nyanyi, singkatnya semua Lala coba. “Sebenarnya Lala itu lebih banyak karyanya dalam hal tarik suara bersama Kumis Production. Saya dan Kiki secara bersama mendalami hal seperti tarik suara, video cover.

Dalam latihan nyanyi, Kiki sebagai videografer, bagian record suara dan bagian promo”, jelas Donal. Donal dan Kiki sering melakukan cover lagu dan juga melibatkan Lala sebagai penyanyi. “Saya tertarik mengajak Lala karena waktu audisi, saya lihat dia ada potensi dalam hal menyanyi, dia adalah salah satu cewek dengan paket yang lengkap, saya tertarik untuk melatih dia untuk mengembangkan apa yang Lala miliki”, ungkap sahabat Lala itu.


Perihal turut bergabungnya Lala dalam komunitas yang didirikan Donal, Donal mengaku bahwa sejak awal Lala sudah ingin bergabung dengan Bigbrother. Bigbrother merupakan komunitas yang terbuka, jadi siapa saja boleh masuk. “Kebetulan lala itu talent saya, dia masuk di bagian dancer dan dia latihan sebagai dancer saya dan dia juga bisa membuat koreografer sendiri”, ucap Donal.

Selain berkarya, Donal dan Lala sering melakukan perjalanan untuk sekedar hiburan. “Kita sering jalan-jalan dan yg paling sering Lala lakuin itu adalah cari kuliner yang baru. Lala itu hobi makan dan lala suka mencoba makanan yg menurutnya unik yang belum pernah kita makan Jadi kita sering ke tempat yang baru seperti restoran atau kafe.

Seburuk-buruknya sahabat, pasti ada sikap yang kita sukai dan mungkin bisa kita contoh. Begitu pun persahabatan Donal dan Lala. Menurut Donal, Lala patut diteladani karena sikapnya yang mandiri. “Walaupun Lala manja, dia adalah cewek yang sangatlah mandiri. Sejak SMP dia sudah tinggal sendiri tanpa orang tua. Saat itu orang tua Lala tinggal di Sumba dan lala tinggal di Kupang bersama neneknya. Dari dulu Lala sudah mandiri, dan saya suka dengan sikap mandiri Lala”, kata Donal.

Saat ditanya tentang hal yang membuat Lala ikut audisi Indonesia Idol, Donal menjelaskan bahwa Lala pernah menceritakan bahwa ada tawaran dari Indoensia Idol, tapi Lala belum tertarik. Akhirnya karena banyak dukungan dari teman-teman sekolah dan sahabat dekat Lala seperti Rezo dan Mone sehingga pada akhirnya Lala ikut Indonesia Idol. “Saya cuma mendukung dengan menjadi mentornya, melatih dia sehingga dia bisa seperti sekarang”, kata Donal.

Kesan pertama yang dirasakan Donal saat mengetahui Lala ikut dalam Indonesia idol, Donal mengaku sempat tidak percaya, karena selama ini Donal tidak kepikiran kalau Lala lebih serius ke dunia musik. Menurut Donal, dunia tarik suara diperoleh Lala dengan sangat instan. “Semua orang melewati masa latihan yang cukup panjang, tapi Lala progres latihannya tidak banyak tapi membawakan hasil yang cukup memuaskan. Jadi kita sendiiri tidak percaya, tapi Lala meyakinkan kami bahwa dia bisa,  dan Puji Tuhan dia bisa”, ungkap darah kelahiran Kupang itu.

Sebagai seorang sahabat, Donal juga berpesan untuk seorang Lala yang masih berjuang meraih peruntungannya di Indonesia Idol. “Kakak Donal, Bigbrother dan Kumis Production sangat mendukung kemampuan adik dalam hal menyanyi dan kami minta tetap rendah hati dan jangan puas akan semua hal yang sudah Lala dapat. Terus latihan dan semoga dengan adanya Lala dapat membuka semua mata di NTT bahwa kita harus mencoba tanpa ada rasa takut dan bimbang, meski kita terbelakang tapi dengan adanya Lala membuktikan bahwa kita bisa”, tutup sahabat Lala itu.

Narasumber  : Donal Manuain
Penulis : Yuni Sung
marjinnews.com Yogyakarta
Anggota KOPERASI Yogyakarta