Inggid Wakano, Gadis Asal NTT yang Memiliki Banyak Prestasi Gemilang
Cari Berita

Inggid Wakano, Gadis Asal NTT yang Memiliki Banyak Prestasi Gemilang

20 January 2018

Pihak yang menginsipirasi dan mendorong bakat seorang Inggid untuk terus mengembangkan diri menjadi penyanyi adalah orang tua (Foto: Dok. Pribadi)
Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak anak muda dengan bakat yang beranekaragam. Salah satu bakat yang patut dibanggakan dari anak NTT adalah dalam dunia tarik suara. Bakat yang diperoleh sepatutnya terus dikembangkan agar semakin baik hingga mampu menembus suatu pencapaian yang membanggakan.

Nama gadis cantik Inggid Wakano yang berusia 18 tahun itu mungkin sudah tidak asing terdengar di telinga kita. Gadis yang berasal dari Ambon ini merupakan gadis dengan talenta bernyanyi yang luar biasa. Suaranya yang khas sudah sering diperbincangkan dan dikagumi khususnya di NTT.

Talenta bernyanyi gadis Kupang ini sudah dimulai sejak duduk di bangku Sekolah Dasar. Talenta yang semakin membuatnya bangga itu terus dikembangkan hingga dia memasuki bangku SMP dan berani mengikuti lomba-lomba bernyanyi seperti pentas seni pelajar, lomba menyanyi antar sekolah dan lomba di gereja.

Suatu bakat yang dimiliki setiap orang tentu mampu untuk dikembangkan karena suatu motivasi dan kepercayaan yang kuat dari dalam diri. Begitu pun halnya dengan gadis yang berzodiak virgo ini.

“Saya percaya saya bisa bernyanyi karena talenta ini berasal dari Tuhan Yesus dan dukungan dari orang tua sehingga membuat saya terus mengembangkan bakat saya sebagai penyanyi”, ungkapnya.

Pihak yang menginsipirasi dan mendorong bakat seorang Inggid untuk terus mengembangkan diri menjadi penyanyi adalah orang tua. “Orang tua saya menjadi orang yang paling utama dalam menginspirasi karir saya, lalu ada saudara-saudara dan teman-teman terdekat yang turut mendukung. Selain itu, fokus saya bernyanyi adalah untuk memuliakan nama Tuhan”, tambah gadis muda itu.

Menjadi seorang penyanyi di usia yang masih sangat muda membuat Inggid merasa bahwa dia tidak membuat waktu berlalu sia-sia. Dengan berprofesi menjadi penyanyi, dia dapat mengatur dan menggunakan waktu dengan sangat baik melalui bakat menyanyi yang dia kembangkan.

“Saya bangga karena di masa muda ini saya bisa menggunakan waktu saya untuk hal-hal yang positif seperti bernyanyi dalam suatu acara, di gereja atau pun dalam mengikuti lomba”, katanya.

Dalam beberapa postingan instagram pribadi Inggid, dapat kita amati bahwa selain mampu bernyanyi, Inggid juga hebat dalam memainkan alat musik keyboard. Inggid mengaku bahwa sejak SMP sudah bisa memainkan alat musik keyboard.

“Papa saya suka main keyboard, saya tidak pernah ikut kursus cuman main aja karena liat papa main dan akhirnya saya juga bisa main keyboard“, ungkapnya.

Terkenal sebagai penyanyi di wilayah NTT membuat Inggid mengantongi beberapa prestasi bernyanyi. Prestasi yang sudah dicapai seperti medapat juara satu RRI Nusantara Idol pada 2015, menjadi juara Bintang Radio RRI Kupang dan mewakili RRI Kupang berlomba di tingkat nasional di Kendari dan mendapat Juara Wilayah untuk wilayah NTT & NTB.

Selain itu, Inggid juga turut menjuarai beberapa acara pentas seni dan acara sekolah. “Puji Tuhan saya selalu mendapat juara satu atau juara dua, saya sangat mencintai profesi sebagai penyanyi dan melakukannya dengan sepenuh hati”, ungkapnya.

Gadis yang besar di kota Kupang dengan paras cantik nan imut itu pernah juga membanggakan NTT lewat penampilan bernyanyi dalam suatu acara televisi I Can See Your Voice. Hal yang menarik banyak perhatian saat acara itu yakni saat salah satu artis di acara tersebut menyebut Inggid mirip artis ternama Selena Gomez.

Mungkin sudah banyak yang mengetahui juga jika Inggid pernah terikat suatu manajemen dan mengharuskan dirinya menetap di Jakarta selama enam bulan. Inggid menerangkan bahwa dalam manajemen itu Inggid pernah mengikuti event tour ke lima kota yang diadakan salah satu stasiun televisi.

Tujuan tour tersebut adalah untuk acara casting mencari bakat baru dari berbagai kota. Setelah tour tersebut selesai, Inggid memutuskan untuk tidak terikat lagi dengan manajemen itu. “ Setelah mengikuti tour, saya sekarang tidak terikat lagi dengan manajemen”, terangnya.

Berbagai pencapaian sebagai penyayi telah diraih dalam usia muda oleh Inggid. Dia mengungkapkan bahwa sebagai manusia dia belum merasa puas karena dia ingin mencapai hal yang lebih besar lagi dan segala harapan itu dia serahkan semuanya pada Tuhan.

Menurut inggid, untuk menjadi seorang penyanyi terkenal, dia percaya bahwa apapun yang dia lakukan Tuhan akan menuntun dia untuk sampai ke posisi itu. ”Saya masih mau berusaha lagi, saya masih mau berkarir lagi untuk semakin hari semakin terkenal dan semakin hebat dalam bernyayi”, harapnya.

Sebagai penyanyi dan menjadi salah satu aset bagi NTT, tentu banyak orang yang bertanya-tanya mengapa Inggid tidak mengikuti audisi Indonesia Idol selayaknya Lala Marion yang merupakan anak NTT juga. Berkaitan dengan hal itu, Inggid menjelaskan bahwa saat audisi Indonesia Idol, dirinya sedang berada di Jakarta dan pada saat yang sama juga dia mengetahui akan ada audisi juga di Kupang.

Namun, dia terpaksa mengikuti audisi di Jakarta untuk mengejar mimpinya, tapi sayang, Inggid tidak lolos dalam audisi itu. “Sebenarnya saya mengikuti audisi tapi audisinya yang di Jakarta, bukan di Kupang. Saya ikut audisi tapi saya tidak lolos”,terangnya.

Pada saat mengetahui bahwa dirinya tidak lolos, Inggid sempat merasa kecewa tapi dia tidak mau berkecil hati karena dia merasa mungkin itu belum jalannya untuk tembus ke Indonesian Idol. Apapun yang terjadi pada diri Inggid, dia selalu menyerahkan pada yang Kuasa. “Saya percaya ini semua ada dalam rencana Tuhan” ungkapnya.

Inggid juga menerangkan bahwa dirinya sebagai orang NTT sangat mendukung rekannya Lala Marion yang lolos dalam audisi Indonesia Idol. “Semoga Lala bisa menjadi the next Indonesian Idol dan bisa membuktikan pada Indonesia kita dari NTT juga punya bakat yang luar biasa”, ungkap gadis Ambon itu.

Sebagai penyanyi muda yang masih berkarya, Inggid berharap agar dalam karir selanjutnya dia bisa menampikan yang lebih baik lagi dan bisa profesional dalam bernyayi. Inggid juga berharap untuk anak NTT yang berbakat dalam bernyanyi agar mampu melihat kembali kesuksesan yang telah dilahirkan anak NTT seperti Mario Clau yang menjuarai The Voice Indonesia, Andmesh Kamaleng yang menjuarai Rising Star Indonesia dan Lala Marion yang masih berjuang untuk menjuarai Indonesia idol.

Inggid juga berharap agar orang-orang dari luar NTT mampu memperhatikan dan melihat lebih dalam  mengenai bakat yang dimiliki anak-anak NTT. Inggid berharap penuh agar orang dari luar bisa lebih tahu bakat anak NTT dan apa saja yang bisa dilakukan anak NTT. Menurut Inggid, di NTT bukan hanya tarik suara yang dimiliki anak dan orang muda, tapi ada juga yang hebat dalam dance,hebat dalam tarian tradisional dan ada juga yang bisa stand up comedi.

“Kami orang NTT punya bakat yang luar biasa, namun mungkin karena kami belum terlalu diekspos jadi belum diketahui banyak orang. Kami semua punya bakat yang tidak kalah saing dengan orang di luar”, tutupnya.

Narasumber : Inggid Wakano
Penulis      : Yuni Sung
marjinnews.com Yogyakarta
Anggota KOPERASI Yogyakarta