PRASASTI Perkenalkan Tarian Manggarai Kepada Daerah Lain di Makassar
Cari Berita

PRASASTI Perkenalkan Tarian Manggarai Kepada Daerah Lain di Makassar

17 December 2017

Perasasti tampilkan Tarian Doku dalam helat akbar pada Pekan Olahraga dan Seni (PORESENI) 2017 (Foto: Herbert Kandang/marjinnews.com Makassar)
Makassar, marjinnews.com - Persatuan Mahasiswa Pecinta Seni dan Budaya Universitas Pancasakti (PRASASTI) Makassar  ikut ambil bagian dalam lomba yang diadakan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Akademi Farmasi Yamasi  (AKFAR YAMASI) pada Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) 2017 yang dilaksanakan pada tanggal 17-22 Desember 2017 di Makassar.

PRASASTI adalah salah satu UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) di Kampus Universitas Pancasakti  Makassar yang berorientasi pada bidang Seni dan Budaya.

"Tujuan PRASASTI terlibat dalam lomba ini adalah untuk memperkenalkan diri ke masyarakat luar kampus, kemudian juga bahwa PRASASTI dulu pernah mengalami masa kejayaan sebelum beberapa periode terakhir vakum sehingga ini adalah moment untuk kita bisa kembalikan masa kejayaannya" Tutur salah satu anggota PRASASTI yang tidak mau disebutkan namanya.

Hal senada diucapkan Yakobus Anjelau Egong selaku ketua umum PRASASTI membenarkan bahwa sebelumnya PRASASTI memang tidak aktif (vakum).

"Memang sempat vakum namun saya percaya bahwa ini karena kurangnya kerjasama dan keaktifan antarpengurus dan anggota. Semoga dengan keterlibatan PRASASTI dalam mengikuti berbagai kegiatan perlombaan di luar ini dapat memancing anggota dan pengurus lainnya untuk aktif dan bersaing dengan organisasi-organisasi lain baik di internal maupun eksternal kampus" tuturnya.

Ada pun berbagai jenis perlombaan yang diikuti yaitu: Saritilawa (17/12), musikalisasi puisi (20/12), futsal (21/12) dan tari (22/12).

Tampilkan Tarian Doku daerah Manggarai

Tari yang akan diikutlombakan PRASASTI adalah tari doku dari daerah Manggarai. Menurut Herbert koordinator departmen Mustara KMK tersebut tarian ini ditampilkan untuk memperkenalkan tarian daerah Manggarai ke daerah lain di Indonesia.

"Kami memilih tarian daerah Manggarai, tarian doku untuk memperkenalkan warisan leluhur kita kepada teman-teman dari daerah lain. Selain itu sudah menjadi tanggungjawab kita untuk menjaga dan melestarikannya" ujar Herbert.

"Saya akan berusaha memberikan yang terbaik untuk PRASASTI agar tetap menjadi kebanggan kita semua dan ini adalah implementasi dari apa yang saya dapatkan selama berproses di PRASASTI", kata Fitri salah satu peserta lomba utusan dari PRASASTI sebelum naik ke panggung mengikuti lomba Saritilawa. (HK/MN)