Pesan Kasih Mantan Bupati Manggarai Kepada Orang Muda
Cari Berita

Pesan Kasih Mantan Bupati Manggarai Kepada Orang Muda

MARJIN NEWS
14 December 2017

"Hidup itu adalah perjuangan. Dalam perjuangan pasti ditemui kegagalan. Kekagagalan adalah pelajaran adalah yang sangat berharga” (Foto: Floresa.co)
Yogyakarta, marjinnews.com. Pada pertengahan hingga akhir tahun 2017, marak sekali kasus bunuh diri terjadi di kabupaten Manggarai, khususnya di kota Ruteng.

Mantan Bupati Manggarai, Cristianus Rotok, saat dihubungi marjinnews.com via WhastApp pada Jumat (14/12) mengatakan banyaknya kasus bunuh diri terjadi di Ruteng karena kurangnya iman anak muda. 

"Yang bunuh diri itu banyak anak-anak muda ya. menurut saya mereka mungkin  kurang dekat dengan Tuhan, akibatnya  cepat putus asa" tulisnya. 

Saat ditanyai sikap pemerintah daerah dan Gereja terhadap hal tersebut, Crist menjelaskan selain Gereja dan pemerintah penguatan iman harus dimulai dari keluarga. "Bukan cuman Gereja dan Pemerintah ya, harus mulai dari keluarga. Perkuat iman mereka dengan membiasakan doa bersama dalam keluarga" jelas Crist. 

Crist melanjutkan, untuk anak asrama harus didatangkan imam untuk pembinaan iman mereka pada waktu tertentu. "Untuk yang di asrama-asrama, pemilik asrama harus bisa mendatangkan imam pada waktu tertentu sehingga dapat  memberikan pembinaan iman kepada mereka." lanjut Cris.

Selain itu, Crist juga menambahkan untuk sekolah dan perguruan tinggi, pendidikan agama harus dikontrol betul oleh guru atau dosen. pendidikan agama bukan hanya standar kelulusan ujian tapi lebih kepada peningkatan kecerdasan spritual. 

"Di sekolah-sekolah, perguruan tinggi,  harus terkontrol betul materi pelajaran agama yang diberikan oleh Dosen. Guru-guru agama sesuai dengan agama yang dianut oleh siswa/i, Mahasiswa/i masing-masing. Tidak hanya sekedar untuk lulus ujian, tetapi lebih ditekankan pada peningkatan kecerdasan spritual" tegas Crist.

Tidak hanya keluarga dan sekolah Cristian Rotok juga menyarankan setiap kelurahan harus digalakkan kegiatan karang taruna yang melibatkan siswa/i. "Setiap kelurahan harus digalakan kegiatan Karang Taruna yang melibatkan siswa/i, Mahasiswa/i sehingga mereka bisa sharing pengalaman masing-masing" tambah Crist.

Diakhir wawancara, saat ditanyai pesan mantan bupati manggarai itu kepada generasi muda manggarai, Cristian mengetik "Hidup itu adalah perjuangan. Dalam perjuangan pasti ditemui kegagalan. Kekagagalan adalah pelajaran adalah yang sangat berharga”. (VP/MN)