Natal Ala Organisasi Aquinas UNITRI-Malang

Menu Atas

Cari Berita

Advertisement

Natal Ala Organisasi Aquinas UNITRI-Malang

26 December 2017

Drama, nyanyian-nyanyian pujian dan tak ketinggalan juga goyang Tabelo yang sudah menjadi hits jaman ini. Acara Natal dari organisasi Aquinas UNITRI-Malang tahun ini dimulai pukul 15.00 WIB bertempat di gedung aula kampus UNITRI Malang. (Foto: Tini Parsin)
Malang, marjinnews.com. Kampus Universitas Tribhwuana Tungga Dewi (UNITRI) Malang, lagi-lagi disuguhkan oleh suasana Natal yang berbeda.

Organisasi Aquinas yang  merupakan organisasi Katolik yang terdapat di UNITRI-Malang, mengadakan Natalan bersama.
Mengangkat tema "Selamat Datang Ya Raja Damai", acara ini benar-benar membuat tema ini hidup dengan penyambutan dalam nada Sukacita dari semua pihak.

Bergama acarapun disuguhkan dalam acara Natal yang dilakukan oleh organisasi Aquinas UNITRI-Malang Tahun Ini.

Di antaranya, drama, nyanyian-nyanyian pujian dan tak ketinggalan juga goyang Tabelo yang sudah menjadi hits jaman kini.
Acara Natal dari organisasi Aquinas UNITRI-Malang tahun ini dimulai pukul 15.00 WIB bertempat di gedung aula kampus UNITRI Malang.

Yon Patung, salah satu senior yang sudah  berpengalaman dalam organisasi Aquinas menyebut dirinya sebagai Divisi tanpa Lubang, dimana bisa mengambil bagian dimanapun dan bagaiamanapun sebelum dan selama acara ini.

Disela-sela keramaian acara Natal tersebut kepada marjinnews.com, Patung menyatakan, "Natal bagi saya pribadi sesuai dengan asal katanya yaitu Natalea yang berarti lahir.

Kita diharapkan terlahir kembali menjadi pribadi yang lebih baik. Kita diajak untuk mengarah kepada pembaharuan yang positif.

Natal sendiri dalam nada organisasi Aquinas tidak lari jauh sesuai dengan tiga prinsipnya. Yaitu Khatoliksitas, Fraternitis dan intelektualitas.

Khatoliksitas tergambar jelas dalam perayaan Ekaristi tadi dan beberapa kegiatan seperti RETBIM(Ret-ret dan Bimbingan) yang wajib diadakan setiap tahun.

Lalu Fraternitas atau persaudaraan itu sendiri seperti suasana kita sekarang yang berbaur dalam keberagaman kita. Walaupun untuk panitia sendiri sebelum acara ini sukses ada percekcokan pendapat, tetapi demi hari ini semua berusaha merangkul ego dan menyukseskan acara ini dengan baik.

Sehingga warna persaudaraan itu benar-benar dihidupkan. Lalu yang terakhir intelektualitas sendiri mungkin lebih dialami oleh kami sebagai penyelenggara. Dimana kami membuat kandang natal, pohon Natal dan dekorasi tidak sembarang dibuat.

Kami melibatkan anak arsitektur landskap dan teknik sipil untuk perancangan dan penggambaran.
Penggambaran itu kemudian dirembuk bersama, diracik dan dibuat. Sehingga semua yang ada malam ini adalah hadiah Natal kami.

Hasil usaha dan cinta. Yah, Natal sendiri adalah kerja bersama,sama bekerja dalam kasih." Tutup pria darah Manggarai itu yang membawakan lagu-lagu legendaris Natal "Holy Night" dan lagu-lagu hitz lain dengan suara merdu dan semangatnya. 

Untuk diketahui, sebelum tahun 2003-an, organisasi Aquinas bergabung dengan UKM Logos kemudian memisahkan diri seiring bertamba jumlah mahasiswa dan dan terjadi pergolakan di kampus UNITRI-Malang.

Disimpulkan dari beberapa percakapan senior Aquinas sendiri organisasi ini tidak luput dari persilangan pendapat, kesalahan-kesalahan dan berbagai rintangan lainnya.

Namun organisasi ini sendiri tetap menunjukkan eksistensinya dengan melihat ini bukan sebagai masalah tetapi sebagai tantangan yang bisa dilewati bersama. Sehingga dengan segala suka dukanya organisasi ini tetap *hidup* hingga sekarang.

"Walaupun sedih karna untuk pertama kalinya natal jauh dari keluarga tetapi saya juga bersyukur karna di dalam organisasi Aquinas ini saya menemukan keluarga kedua.

"Jadi natal kali ini saya sedikit terhibur dengan keaktifan di Organisasi ini sendiri yang melibatkan semua angkatan." Kata Itin, mahasiswi  Akuntansi angkatan 2017 yang merupakan salah satu anggota paduan suara dalam acara Natal malam itu.

Suara mereka terdengar sangat menyentuh dengan proses latihan yang berlangsung hampir 3 minggu terakhir. Tempat latihan tepat di depan ruangan UPMB(Unit Penerimaan Mahasiswa Baru)  UNITRI-Malang.

Panitia penyelenggara yang kurang lebih berjumlah ratusan orang, terlihat mereka mengenakan baju adat Manggarai kemudian berkolaborasi dengan pakaian adat Sumba dan pakaian adat dari Kalimantan.

Kampus UNITRI yang lebih dikenal sebagai kampus kerakyatan ditonjolkan betul oleh mahasiswa-mahasiswi Khatolik Aquinas ini.
Melalui pesan WA kepada Marjinnews.com, Pelatih paduan suara Yustus, yang merupakan mahasiswa Akuntansi semester akhir ini menyampaikan, kesan dan pesan Natalnya.

Yustus dalam pesanya itu menuturkan "Natal sebagai tanda kehadiran Kristus dalam keadilan dan kebijaksanaan diharapkan disambut oleh kita masing-masing bukan melulu tampilan sepatu baru, baju baru dan , baru-baru yang lain.

Akan tetapi dengan persiapan hati yang matang di dalam diri kita masing-masing yang lebih dipentingkan. Tambahnya.
Aquinas sebagai UKM(Unit Kegiatan Mahasiswa) bisa dijadikan wadah untuk memperdalam spiritualitas. 

Kami membuka diri terhadap setiap teman-teman Khatolik yang mau bergabung bersama dalam UKM Aquinas.
Kegiatan Natal bersama ataupun kegiatan-kegiatan dalam hal lain rutin dilakukan setiap tahun. 

Nilai fraternitas dalam komunitas dan intelektualitas bisa kita bangun dan usahakan bersama dalam wadah yang baik ."Tutup pria yang pernah membiara kurang lebih 2 tahun itu.

Sebelumnya, Sabtu 23 Desember 2017 lalu, oraganisasi Aquinas UNITRI-Malang melakukan pembagian sertifikat seminar sebagai penanda penerimaan anggota baru angkatan 2017 yang telah mengikuti RETBIM dan kegiatan-kegiatan wajib.
Acara Natal bersama ini ditutup dengan acara goyang bersama atau sering dikenal dengan sebutan acara bebas.

Bergoyang dalam nada sukacita dan lancar tanpa kegaduhan ini diikuti hampir semua peserta. Goyangan khas dan ekspresi masing-masing anggota dipoles dengan salam-salaman damai Natal.

Dari pantauan Marjinnews.com di lokasi acara terlihat peserta acara Natal itu berjabatan tangan, cipika-cipiki, pelukan hangat, dan tangis haru, canda tawa seakan menandakan gema Natal organisasi Aquinas UNITRI-Malang tahun ini.


Laporan: Tini Pasrin/Marjinnews.com-Malang.