Misa Malam Natal, Gereja Katedral Denpasar Dibanjiri Jemaat

Menu Atas

Cari Berita

Advertisement

Misa Malam Natal, Gereja Katedral Denpasar Dibanjiri Jemaat

24 December 2017

Mereka yang tidak bisa masuk ke dalam Gereja, terpaksa mengikuti Misa Malam Natal sambil berdiri di depan Gereja. Kendati, mereka tetap melakukan ibadah dengan khidmat. (Foto: RN)

Denpasar, marjinnews.com. Gereja Katedral Denpasar, Bali dalam misa kudus Malam Natal hari ini ( 24/12/2017) dibanjiri jemaat.

Akibatnya, sebagian jemaat rela mengantre dan melakukan ibadah di luar gereja.
Pantauan marjinnews Minggu (24/12/2017), jumlah tempat duduk untuk sekitar 5.000 lebih umat Kristiani itu sudah terisi penuh untuk mengikuti Misa pertama pada pukul 18.00 Wita.

Mereka yang tidak bisa masuk ke dalam gereja, terpaksa mengikuti Misa Malam Natal sambil berdiri di depan Gereja. Kendati, mereka tetap melakukan ibadah dengan khidmat.

Sementara di luar pintu gerbang Gereja Katedral Denpasar, ribuan anggota jemaat tidak diizinkan masuk oleh panitia. Karena sudah tidak memungkinkan menampung jemaat.

Koordinator pengamanan internal Gereja Katedral Denpasar Romo Debi kepada marjinnews.com mengatakan, "ini sudah diluar dugaan kita. Umat begitu banyak yang datang.


Maka dari pada itu,  kepada umat yang hendak mengikuti Misa Malam Natal agar menunggu  Misa kedua yang akan dilaksanakan pukul 21.00 Wita.

Dia juga menyarankan kepada Jemaat untuk mengikuti Misa di Gereja Katolik lainnya di Denpasar. 

"Sudah sangat penuh. Jika berkenan menunggu Misa kedua pukul 21.00 Wita atau ikuti Misa Natal di Gereja Katolik lainnya di Denpasar yang dimulai pukul 20.30 Wita," Pungkas Romo Debi.

Sebagian umat kristiani pun kecewa. Mereka menyesal karena tidak datang lebih awal dan terpaksa memilih menunggu Misa Malam Natal pertama daripada ke gereja lain.

Sementara kordinator keamanan dari Pihak Kepolisian I.G.K Nuraja mengatakan tugas dan wewenang pihak Keamanan dalam menjaga jalanya Misa Kudus hari ini yaitu sesuai SOP yang telah ditentukan oleh Pihak Katedral.

"untuk pihak keamanan Kepolisian sendiri disini bekerjasama dengan pihak keamanan internal Gereja, melakukakan tugas pemeriksaan di area luar Gereja yang meliputi, pemeriksaan terhadap para Jemaat sebelum masuk ke dalam Gereja dengan metal detector.

Kemudian menjaga areal  luar dari seputaran Gereja Katedral" Pungkas Nuraja.

Pihak kepolisian yang menjaga jalannya Misa Kudus hari ini di Gereja Katedral Denpasar terdiri dari anggota gabungan yang melibatkan anggota dari  Polda Bali, Polresta Denpasar dan Polsek Renon.

"Jumlahnya kurang lebih 100 orang. Kami di tugaskan untuk menjaga areal luar Gereja, sementara pihak Keamanan dari internal Gereja menjaga areal dalam ruangan Gereja". Cetus Nuraja.

Misa Kudus malam Natal hari ini dipimpin langsung Oleh Yang Mulia Uskup Denpasar Mgr. Silvester San.
Misa berlangsung khikmat.(RN/MN)