Mengenal Nadya Rompies, Si Cantik yang Berkarya Melalui Boedaja.id

Menu Atas

Cari Berita

Advertisement

Mengenal Nadya Rompies, Si Cantik yang Berkarya Melalui Boedaja.id

20 November 2017

Di masa-masa krisis ini, orang mudalah yang memiliki peran penting dalam menyampaikan aspirasi dan pendapatnya demi kemajuan dan persatuan bangsa (Foto: Dok. Pribadi/Nadya Rompies)
Awal perjumpaan kami beberapa bulan lalu dalam sebuah pelatihan tentang media sosial yang prakarsai oleh KWI, Menko Info dan Keusukupan Agung Malang. Sekilas gadis berkaca mata itu terlihat polos dan tidak bisa berbuat apa-apa. Caranya mendengar dan sajian senyum sumringah di wajahnya kemudian membawa kami kepada sebuah diskusi serius soal rutinitas masing-masing setiap hari. Kemampuan berdialektikanya benar-benar menunjukkan bahwa ada sesuatu yang istimewa dalam dirinya. 

Namanya Nadya Rompies, orang yang selalu memberi kejutan setiap harinya. Gadis kelahiran Bandung, 12 Februari 1997 yang saat ini tengah menempuh pendidikan S1 Matematika di Institut 10 Nopember Surabaya itu adalah pemilik brand boedaja.id yang fokusnya menjual baju berquotes menarik dan sarat pesan sosial bagi anak-anak muda di Indonesia terutama mahasiswa. 

Berikut wawancara kami dengan Nadya:

Apa yang menginspirasi Nadya memilih meluangkan waktu disela-sela kesibukan kuliah dengan menjual baju? 
Ide awal merintis usaha ini karena keseringan mendengar keluh kesah teman-teman muda yang kebingungan menyampaikan aspirasinya tentang Indonesia. Sehingga kemudian muncullah keinginan untuk membuat suatu wadah penyampaian aspirasi orang muda yang benar-benar mudaers atau tidak kaku dengan membuat baju untuk Indonesia yang lebih baik.

Apa yang melatarbelakangi Nadya memilih boedaja.id sebagai nama brand prodak yang dijual?
Gimana ya, kata boedaja itu sebenarnya saya ambil dari ejaan lama kata budaya. Saya pikir bahwa nama ini akan mewakili ke-Indonesiaan orang-orang muda terutama soal ciri khas kita yang unggul sebagai manusia yang berbudaya, baik itu budaya malu, budaya gotong royong, budaya toleransi dan budaya-budaya lainnya. Nama ini sebagai identitas saya, kamu, dia dan juga mereka yang adalah Indonesia.

Tantangan apa yang paling nyata dihadapi Nadya sejak mendirikan boedaja.id sampai sekarang?
Sejak dirintis bulan Oktober lalu sampai sekarang tantangan awalnya adalah ketika saya harus memutuskan berani memulai atau tidak. Pada waktu itu dengan kemampuan membaca pasar yang boleh dibilang tidak paham sama sekali, saya nekat untuk memulai. Ide-ide saya coba saya salurkan, namun dalam perjalanannya ide-ide tersebut ternyata tidak selalu dapat dengan mudah diwujudnyatakan. Namun seiring dengan berjalanannya waktu, dengan bantuan beberapa orang teman akhirnya saya tidak ragu lagi melakukannya terutama dalam hal desain yang tidak pernah saya pahami.

Bagaimana tanggapan orang-orang disekitar Nadya ketika mengutarakan niat merintis dan menjalankan boedaja.id? 
Orang-orang disekitar saya sejauh ini mensupport dan saya selalu mendapat respon yang positif. Kedua orang tua saya misalnya, mereka sangat mendukung asalkan itu untuk sesuatu yang baik. Baik itu untuk diri saya sendiri, orang lain dan Tuhan.

Media apa yang dipakai Nadya untuk memasarkan prodak boedaja.id?
Karena inspirasi saya awalnya adalah keluh kesah teman-teman saya orang muda, saya mengoptimalkan penggunaan media sosial instagram dan line dalam memasarkan prodak saya. Apa lagi saya juga pengguna media sosial aktif, apa salahnya kita bermedia sosial untuk sesuatu yang berguna bukan? hehehe..

Apa pesan Nadya untuk teman-teman muda dan mahasiswa Indonesia?
Wah, berat nih. Kalau aku sih sederhana ya, Indonesia sekarang ini membutuhkan orang-orang muda yang mampu menjadi inspirator. Di masa-masa krisis ini, orang mudalah yang memiliki peran penting dalam menyampaikan aspirasi dan pendapatnya demi kemajuan dan persatuan bangsa. Jangan takut, just do it! Masa kalah sama Nadya? hehehe

"Aku rela mati, saat kemanusiaan masih melekat di bumi", demikian salah satu contoh quotes inspiratif pada salah satu kaos buatan Nadya. Bagi mudaers yang memiliki mimpi dan cita-cita yang sama seperti Nadya yuk lirik prodak-prodak mereka pada medsos dibawah ini. Jangan mau kalah, Nadya sudah memulai. Kalian kapan sobat muda? 

Nama   : Nadya Rompies
TTL     : Bandung, 12 Februari 1997
Status   : Mahasiswa Semester V ITS Jurusan Matematika
ID Line: marinanadya
Ig         : boedaja.id
email   : nadya.rompies@yahoo.co.id


Oleh: Andi Andur