Peduli Gempa Lembata, GEMA Surabaya Sumbangkan Pakaian dan Tali Kasih

Menu Atas

Cari Berita

Advertisement

Peduli Gempa Lembata, GEMA Surabaya Sumbangkan Pakaian dan Tali Kasih

15 October 2017

Ketua Generasi Muda Adonara (GEMA) Surabaya menyerahkan bantuan untuk pengungsi letusan gunung Ile Lewotolok, Kabupaten Lembata, NTT kepada koordinator Posko Peduli Gempa Lembata wilayah Surabaya, Aloysius Gonzaga di Sekretariat PMKRI Cab. Surabaya pada Minggu (15/10). (Foto: Andi Andur/MN)
Surabaya, marjinnews.com- Pasca meletusnya Gunung Ile Lewotolok, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berkekuatan 3,9-4,9 skala richter (10/10) silam, beberapa kelompok anak muda membuat posko peduli gempa Lembata di beberapa tempat termasuk di Surabaya. 

Posko yang terletak di sekretariat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), Jln. Taman Simpang No. 4A ini menarik banyak anak muda yang tergabung dalam komunitas GEMA (Generasi Muda Adonara) untuk turut serta mengulurkan tali kasih kepada pengungsi dari 26 desa sekitar Gunung Ile Lewotolok melalui beberapa utusan mereka.

"Posko ini dibuat atas koordinasi dengan teman-teman daerah lain yang memiliki rasa empati yang sama terhadap saudara-saudara kita, korban letusan Gunung Ile Lewotolok, Lembata" Jelas Aloysius Gonzaga, koordinator Posko Peduli Gempa Lembata (PPGL) untuk wilayah Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Selain menerima bantuan berupa uang yang dikirim melalui rekening donasi resmi Bank NTT, semua posko menurut Gonzaga juga menerima bantuan berupa barang terutama kebutuhan dasar pengungsi. Termasuk alat-alat tulis dan perlengkapan sekolah bagi anak-anak yang terpaksa diliburkan sejak gempa terjadi.

"Kita tidak membantasi para donatur untuk mendonasikan apa saja yang bisa dipakai untuk saudara-saudara kita disana. Kita juga menerima barang-barang kebutuhan dasar seperti alat kesehatan, sembako, perlengkapan mandi, dan alat-alat tulis bagi adik-adik yang sudah hampir beberapa hari ini diliburkan" lanjut Gonzaga.

Sementara itu, GEMA yang pada Minggu (15/10) datang ke  PPGL mengaku antusias ketika mendengar informasi tentang keterbukaan PMKRI Cabang Surabaya menerima mereka untuk turut berpartisipasi dalam aksi kemanusiaan tersebut. 

"Kami disini tidak memiliki posko khusus untuk membantu saudara-saudara kita di Lembata. Tetapi, ketika teman-teman di PMKRI membuka PPGL ini kami (GEMA Red.) langsung secara spontan menggelar rapat dan melakukan penggalangan dana di dua kampus berbeda di Surabaya. Meskipun hasilnya tidak seberapa, tetapi kami yakin dan percaya ini akan sangat berarti bagi mereka" Jelas Virgi, salah satu anggota GEMA yang turut hadir menyerahkan bantuan.

Selain menyerahkan bantuan, GEMA melalui ketuanya Bosco Goran Tokan menyampaikan harapannya agar pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk membantu semua PPGL di seluruh wilayah di Indonesia mengakomodasi barang-barang sumbangan agar tepat sasaran.

"Kita sudah memiliki niat untuk membantu saudara-saudara kita, niat kita sudah terbukti dengan beberapa jerih payah kita melalui teman-teman terutama saudara Rahman Kopong dan saudara Saiful yang sudah mengkoordinir kegiatan penggalangan dana kita selama beberapa hari kemarin. Saya berharap pemerintah melalui BNPB membantu kita semua dalam mengakomodasi bantuan-bantuan ini agar tepat sasaran" Jelas Bosco.

Generasi Muda Adonara (GEMA) adalah Organisasi pemuda daerah asal Adonara, NTT yang bekedudukan di Surabaya. Organisasi pemuda berciri khas budaya ini berdiri sejak 10 Juni 2006. (MN/AA)
  
Informasi Donasi:
Santunan baik berupa uang maupun barang untuk pengungsi gempa Lembata bisa dikirim melalui Rekening Donasi Peduli Bank NTT: 010-02-02-013-473-0 atau dikirim ke alamat: Jln.Taman Simpang No. 4a, Surabaya dengan kode pos: 60271.