Tobelo, Lagu Rindu dari Halmahera Utara

Menu Atas

Cari Berita

Advertisement

Tobelo, Lagu Rindu dari Halmahera Utara

27 August 2017

Kekayaan alam dan pariwisata yang sangat potensial untuk dikunjungi adalah salah satu alasan mengapa hasrat untuk pulang ke Tobelo itu sangat tinggi dan tak bisa dibendung (Gambar: Istimewa)
Indonesia selalu kaya akan karya-karya kreatif  yang mampu bersaing dengan negara lain. Hal ini dibuktikan dengan kejutan tak terduga dari penyanyi kondang Indonesia, Yopie Latul. Penyanyi yang dulu terkenal melalui lagu "Poco-poco"-nya, kini muncul lagi dengan sebuah lagu baru berjudul "Hioko Tobelo 2".

Bersama dua penyanyi muda berbakat MCP Sysilia dan Cevin Syahailatua, mereka menyanyikan lagu ciptaan Kelvin Fordatkossu yang berhasil mengundang 1 juta lebih penonton di channel youtube Pelita Utama sejak dipublikasikan pada 7 Maret 2017 silam.

Kesuksesan lagu ini tidak terlepas dari respon masyarakat luas melalui aksi mereka di lantai dansa dalam acara resmi atau pun tidak resmi. Di Maluku sendiri pun ada pergelaran khusus untuk menguji keindahan menari diiringi lagu Tobelo dan menyebar hingga ke beberapa daerah lainnya di Indonesia dengan sangat cepat.

Mengenal Tobelo
Tobelo adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, Indonesia. Sejak tahun 2004, melalui pemilihan distrik menjadi Kabupaten Halmahera Utara dengan menetapkan Tobelo sebagai ibu kota kabupaten.

Lagu Hioko Tobelo dalam liriknya jelas menggambarkan sebuah kerinduan seorang anak rantau atas tanah kelahirannya. Hal ini sangatlah masuk akal, terlepas dari sebuah kewajiban seorang perantau untuk selalu mengenang tanah kelahiran, Tobelo ternyata memiliki sejuta alasan untuk selalu dikenang dan diingat.

Kekayaan alam dan pariwisata yang sangat potensial untuk dikunjungi adalah salah satu alasan mengapa hasrat untuk pulang ke Tobelo itu sangat tinggi dan tak bisa dibendung. Sebut saja Padi Wangongira yang terletak di desa tradisional Wangongira. Keunikan dari tempat wisata ini adalah ada padi yang tumbuh di aliran sungai yang sangat deras. Jika kita kaitkan dengan ilmu pengetahuan dan pertanian hal ini tentu tidak masuk akal, tetapi nyata ada di Tobelo.

Selain itu pantai-pantai yang indah juga menjadi penyapa pelancong di bibir daratan Tobelo. Air-air terjun dengan sejuta kesejukan menjadi penyeka dahaga bagi kita yang haus akan wisata alam yang menggoda mata. Benar adanya jika melalui lagu Hioko Tobelo, Yopie Latul dkk. menunjukkan betapa Tobelo itu sesuatu yang besar dalam hidup mereka.

Mau ke Tobelo? Kita goyang saja dulu...

Oleh: Andi Andur