Menjadi Lebih Dari Pemenang
Cari Berita

Menjadi Lebih Dari Pemenang

18 August 2017

Jangan meremehkan diri sendiri dengan menganggap terlalu tinggi apa yang sudah orang capai di sekitar anda. (Foto: Dok. Pribadi)
Menjadi pemenang berarti mencapai banyak kepuasan di saat yang tepat, pada waktu, tempat dan suasana yang tepat. Bagi kebanyakan orang menjadi pemenang di dalam hal memiliki perjalanan atau liburan yang hebat sudah ditargetkan setelah sekolah panjang yang melelahkan, atau menjadi pemenang atas orang yang dicintai setelah sukses dalam hal karir. 

Tetapi apakah anda tidak bisa menjadi pemenang setiap hari? Berpikir bahwa anda bisa menikmati perjalanan menyenangkan dengan mengusulkan camping alam kepada guru Anda? Atau apakah anda pernah mau memulai men-cap diri menjadi lebih dari pemenang setiap harinya? Memikat hati pasangan anda dengan sepuket bunga dan candaan setiap akhir pekan akan membuatnya bahagia. Tak perlu menunggu 5 tahun untuk membuat bahagianya terwujud. Jadi, sekali lagi apakah anda tidak tertarik mencap diri menjadi lebih dari pemenang setiap harinya?

Jangan meremehkan diri sendiri dengan menganggap terlalu tinggi apa yang sudah orang capai di sekitar anda. Karena anda tidak akan pernah bisa menjadi juara satu jika anda mencap diri sebagai juara dua. Pada hal ini, sikap lebih penting daripada inteligensi. 

Mengarahkan pikiran untuk pemakaian positif dengan cara kreatif dimana pun anda berada, melihat rumah, kerjaan, sekolah atau apapun peristiwa yang sedang anda nikmati sekarang sebagai hari natal adalah kelengkapan dari inteligensi. Tempatkan diri sebagai anak kecil yang bisa meminta apa saja di hari natal itu. 

Yah, kreatifkan positifmu, katakan pada diri sendiri 'saya bertemu dengan orang-orang hebat hari ini sepanjang perjalanan dari rumah ke tempat pekerjaan' atau 'saya melewati hari ini dengan perasaan yang luar biasa,  karena ada banyak pelajaran sulit yang akan disuguhkan dengan mudah di sekolah'. Inginkan apapun yang anda inginkan, menyenangkan bila kita seakan menginginkan seperti membuka menu di restoran dan memesan apa saja yang kita mau. 

Penting untuk menginginkan dengan percaya diri dan hati yang gembira. Ubah frekuensi ke arah positif jika kita pesimis sebab otak kita akan menyenangkan bila digunakan sebagai sarana untuk mencari cara-cara bagaimana menjadi lebih dari pemenang, bukan membuktikan bahwa anda kalah. 

Pada poin ketiga pada pembahasan tentang tiga cara menyembuhkan dalih intelegensi, David J. Schwartz dalam bukunya "THE MAGIC OF THINGKING BIG", beliau menegaskan bahwa kemampuan berpikir jauh lebih bernilai daripada kemampuan mengingat fakta. Jika kita teliti lebih jauh, fakta yang dimaksud disini kebanyakan adalah dilihat oleh otak sebagai penghalang tentang apa yang sebenarnya bisa kita atasi. 

Akan tetapi, otak yang sama pula bisa membuat gagasan-gagasan baru, mencari cara-cara lebih baik untuk mengerjakan segala sesuatu dan tentu menciptakan fakta baru yang memudahkan si sulit, mengindahkan sang pesimis, menguatkan sang lemah dan keajaiban lainnya, sehingga pikiran kita akan merekam fakta sebagai fakta yang berbeda, fakta yang tidak menakutkan.

Fakta yang kita tahu, kita akan berjalan diatasnya,menikmati setiap sensasinya dan menjadi lebih dari pemenang. Otak dan perasaan yang berjalan dalam kepercayaan yang sama akan membuahkan keyakinan menakjubkan. Jika anda percaya "saya dapat melakukannya", dan benar-benar percaya,maka"bagaimana melakukannya" pun berkembang secara otomatis. (The Magic of Thingking Big, hal. 3).

Anda adalah citra Tuhan, citra berarti gambaran. Sekali lagi, citra adalah gambaran. Kita bisa menciptakan, kita bisa memindahkan gunung, kita bisa ubah bencana jadi canda. Kita bisa melampaui batas-batas yang dibelenggukan manusia dan dunia. Tak ada batasan, asalkan kita percaya. Iman sebesar biji sesawi saja bisa memampukan anda memindahkan gunung, dan iman tanpa perbuatan pada hakekatnya adalah mati. Pikirkan dan kerjakan! Anda adalah Tuhan atas  diri anda sendiri. Berjalanlah, kamu bisa!

Pada intinya dunia adalah tentang hukum tarik menarik. Keluarkan positifmu, pikiran positif, perasaan positif, tindakan positif, langkah kecil setiap harinya dalam nuansa positif akan menarik lebih banyak hal positif. Jadilah seperti itu, dan Anda akan menjadi lebih dari pemenang!. Syalom.

(Sumber inspirasi: The Magic Of Thinking Big dan Buku The Secret).

Oleh: Tini Parsin