Notulensi Audiensi Cipayung Plus Kota Surabaya


Kelompok Cipayung Plus melakukan audiensi dengan Dinas Pendidikan Kota Surabaya dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2017
DISKUSI TANYA JAWAB BERSAMA MAHASISWA

Hari / Tanggal            : Selasa, 2 Mei 2017

Pukul                           : 13.30 WIB

Di Jawa Tengah ada LKS yang mengajarkan kriminalitas terhadap golongan lain, diharapkan hal-hal demikian tidak terjadi di Kota Surabaya. Mendorong pendidikan agama yang berbasis ideologi kebangsaan.

J :

-   Setiap hari selasa, bagi yang beragama muslim menerapkan membaca Asmaul Husna. Untuk yang beragama lain, melaksanakan pembinaan di ruangan lain.

-   Setiap buku yang diedarkan, dilakukan verifikasi sebelum di distribusi ke sekolah. Guru-guru di Kota Surabaya, mengikuti pelatihan-pelatihan kurikulum untuk meningkatkan kompetensinya.

-    Upacara bendera / menyanyikan lagu kebangsaan juga wajib dilaksanakan disekolah, sebagai upaya untuk membangun karakter serta menanamkan jiwa kebangsaan.


Di Kota Surabaya masih banyak anak terlantar yang tidak mendapatkan pendidikan. Bagaimana solusinya, agar tidak ada diskriminasi pendidikan baik siswa kaya maupun miskin?

J : Siswa tidak mampu / mitra warga / anak jalanan mendapatkan bantuan pendidikan untuk bisa bersekolah secara gratis serta mendapat bantuan operasional pedidikan maupun biaya personil seperti, mendapatkan bantuan 1 stel seragam sekolah (topi, dasi, hem, celana/rok, ikat pinggang, kaos kaki, sepatu); 1 stel seragam pramuka (topi, dasi, hem, celana/rok, ikat pinggang); 1 stel seragam olahraga dan tas sekolah


Diharapkan ada apresiasi nilai secara gotong royong pada masing-masing siswa tidak hanya berlomba-lomba untk mendapatkan peringkat nomor 1

J : Melalui kurikulum 13 sudah tidak ada peringkat siswa di setiap penilaiannya. Namun siswa yang memiliki kemampuan lebih bisa berkesempatan untuk masuk di perguruan tinggi melali jalur yang sudah di tetapkan.
Pandangan orang tua bahwa beliau menyekolahkan anaknya di suatu pendidikan formal, artinya mereka belajarnya ya di sekolah. Bagaimana dengan pendidikan di luar sekolah? Sejauh mana progress dari kurikulum yang dilaksanakan oleh Dinas. Kurikulum yang diterapkan, bagaimana guru menerapkan secara aplikatif kepada siswanya? Sejauh mana Media center bekerja sebagai bahan evaluasi .
J :

-    Beberapa program yang dibangun Pemerintah Kota Surabaya untuk meningkatkan lingkungan yang ramah anak yakni adanya inisiasi “Kampunge Arek Suroboyo”  dengan beberapa program diantaranya :

a.       Kampung Belajar / Pendidikan

b.      Kampung Sehat dan Hijau

c.       Kampung Asuh

d.      Kampung Aman

e.       Kampung Kreatif

-   Selain itu untuk Dalam Rangka Mencegah Trafficking, Dampak Negatif Pergaulan Bebas, Tawuran, Bullying Dan Berbagai Permasalahan Anak, Dinas Pendidikan membuat suatu program Ekstrakulikuler “Konselor Sebaya”

-  Untuk meningkatkan kompetensi guru, Dinas Pendidikan mempunyai Program Peningkatan Kompetensi Guru Surabaya (P2KGS).

-   Dinas Pendidikan menerima layanan Media Center 1x24 jam untuk semaksimal mungkin untuk merespon keluhan/masukan dari masyarakat. Pelayanan Dinas di Kota Surabaya  mulai 6 Mei setiap hari Sabtu, tetap melaksanakan pelayanan.  Melalui website  Dinas Pendidikan, masyarakat dapat mengetahui informasi/kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan Dinas Pendidikan update setiap harinya.


Sering ditemui siswa yang tidak memiliki budaya malu, karakter Indonesia nya sudah mulai hilang dan bergaya kebarat-baratan. Upaya yang dilakukan Dinas Pendidikan ?

J : Beberapa hal yang kami laksanakan, yaitu melakukan razia terhadap  anak-anak yang berkeliaran di Jam Malam / berada di luar sekolah pada jam sekolah. Bekerjasama dengan Satpol PP, Linmas, Dinas Kesehatan, Bappemas KB maupun instansi lain untuk intervensi terhadap perlindungan anak untuk bisa sekolah.
Kejelasan yang dipakai apakah KTSP atau Kurikulum 2013. Peran guru lebih banyak dalam KTSP, namun dalam K13 guru hanya sebagai fasilitator. Dengan adanya kurikulum ini, siswa diberi kebebasan untuk mengembangkan potensinya, namun peran guru sudah tidak dihargai lagi oleh siswanya. Mohon ada UU perlindungan Guru, tidak hanya UU tentang Perlindungan anak dan perempuan.
J : Di Kota Surabaya menerapkan Kurikulum 2013, sepanjang guru melakukan tindakan yang mendidik siswa dilindungi undang-undang.
Diharapkan Dinas Pendidikan dapat membuka ruang kepada mahasiswa untuk bisa membantu mendukung program-program pendidikan
Pendidikan sebagai ajang komersialisasi, yang memiliki modal yang dapat bersekolah. Diharapkan pendidikan di Kota Surabaya, untuk mendapatkan pembiayaan secara gratis untuk biaya personal (buku dll). Diharapkan ada pemerataan pendidikan untuk anak-anak jalanan agar mendapatkan hak yang sama.
J : Siswa tidak mampu / mitra warga / anak jalanan mendapatkan bantuan pendidikan untuk bisa bersekolah secara gratis serta mendapat bantuan operasional pedidikan maupun biaya personil seperti, mendapatkan bantuan 1 stel seragam sekolah (topi, dasi, hem, celana/rok, ikat pinggang, kaos kaki, sepatu); 1 stel seragam pramuka (topi, dasi, hem, celana/rok, ikat pinggang); 1 stel seragam olahraga dan tas sekolah

Siswa kelas 3 SD tidak paham nilai-nilai Pancasila, yang diajarkan kepada siswa nya diberikan PR. Bagaimana bentuk kontrol sosial, pemerintah Kota Surabaya terhadap pendidikan?

J :   - Setiap masuk ajaran baru, bagi peserta didik baru, Dinas Pendidikan Kota Surabaya melaksanakan kegiatan Layanan Orientasi Siwa (LOS) pelaksanaan sangat mendidik dan rasional. Peserta didik baru akan banyak menghadapi proses adaptasi baik adaptasi dengan pembelajaran baru, sekolah dan fasilitasnya, terutama yang paling penting adalah adaptasi dengan lingkungan sosialnya

- Dinas Pendidikan melaksanakan program Kongres Pelajar Surabaya untuk memperingati hari Sumpah Pemuda. Siswa diajak untuk berikrar dengan Menjaga kehormatan pelajar dengan berbudi pekerti luhur serta meningkatkan prestasi, motivasi dan inspirasi serta Melestarikan lingkungan dan berperan aktif dalam kehidupan sosial.   


Bagaimana pendidikan yang menanamkan nilai-nilai kebhinekaan. Guru-guru menjadi jembatan penyebaran paham-paham radikalisme. Banyak dari siswa yang tidak senang dengan berdampingan perbedaan agama/suku. Diharapkan mulai pendidikan dasar s.d menengah  mendapatkan pendidikan yang baik. Kebijakan ttg pengelolaan pendidikan menengah, siapa yang menangani.

J :    -   Apabila ada terjadi hal demikian mohon kami dibantu untuk diberikan datanya di Sekolah mana dan seperti apa kondisi realitasnya, Diharapkan adanya kerjasama dengan seluruh stake holder untuk dapat memberikan informasi apabila ada penyebaran paham radikal untuk dapat di informasikan kepada kami.

-    Pengelolaan pendidikan SMA/SMK menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.


Bagaimana tindakan Pemerintah Kota Surabaya terhadap pada kampung tertinggal seperti Kampung Sumbo. Keberadaan mereka harus diakui oleh Pemerintah, menurut kami terdapat ketimpangan.
J : Siswa tidak mampu / mitra warga/ anak jalanan mendapatkan bantuan pendidikan untuk bisa bersekolah serta mendapat bantuan operasional maupun biaya personil seperti Sekolah gratis, mendapatkan bantuan seragam dll. Orang tuanya apabila tidak bekerja, ada intervensi dari pemerintah Kota Surabaya untuk membantu mencarikan pekerjaan ataupun bantuan kesehatan dll.

Sekolah mana saja yang sudah melaksanakan penerapan Pancasila?

J : Semua sekolah


Diberlakukannya UU 23 Tahun 2014 tentang pengelolaan pendidikan, Surabaya sangat tidak nyaman untuk kaum marginal, bukan penduduk Surabaya. Penerimaan Peserta Didik Baru Kategori Luar Kota, diharapkan mendapatkan kuota lebih dari 1%.

J : Bertahun-tahun tinggal di Surabaya, mengapa tidak pindah status kependudukannya di Kota Surabaya. Banyak program/intervensi yang diberikan kepada masyarakat yang tidak mampu dari SKPD terkait.  Seluruh program yang dilaksanakan ada latar belakangnya.

 Oleh : Andi Andur
Sumber : Manajemen Sekre Dinas Pendidikan Kota Surabaya

COMMENTS

PUISI$type=carousel$sn=0$cols=3$va=0$count=5

POJOK REDAKSI$type=grid$count=3$m=0$sn=0$rm=0

Name

Artikel,140,Bali,116,Bedah Buku,1,Ben Senang Galus,1,Bencana Alam,1,Berita,157,Bhineka,2,BNI,1,Bola,2,bom,1,Bom Bunuh Diri,4,Borong,3,BPJS,1,Budaya,41,Bung Karno,1,Bunuh Diri,3,Bupati Mabar,1,Camilian,1,Cerpen,180,Chelsea Islan,1,Chiristian Rotok,1,Daerah,568,Daerah. Riau,1,Dana Desa,1,Dari Kami,3,Demokrasi,22,Denpasar,18,Desa,2,Destinasi,1,Diaspora,2,Dilan,4,Donny Isman,1,DPR RI,4,E-KTP,4,Editorial,36,Ekonomi,6,Ekspresi,1,Ende,6,Entrepreneur,1,Feature,36,festival Komodo,2,Film,7,Filsafat,2,Fitur,1,Flobamora Cup,1,Flores,11,Focus Discussion,4,FPI,1,Gantung diri,2,Gaya,1,gaya hidup,8,Gedged,1,Gempa,6,Gereja,3,Gereja Katolik,3,Gerindra,1,GMKI,1,GMNI,3,Golkar,1,Gusti Dulla,1,HAM,1,Hand Phone,1,Hari Buruh,2,hari buruh internasional,1,Hari Perempuan Internasional,1,Hiburan,26,HMPCK,1,Hoax,2,hukum,60,Human Trafficking,4,IBT Expo,1,Idul Fitri,1,IJM,1,IKEMAS CUP,7,Imlek,1,Indonesia,1,Indonesian Idol,8,Inspirasi,15,Internasional,16,Internet,2,Investasi,1,Iriana Jokowi,1,Ivan Nestorman,1,IYC Jatim,1,Jabar,1,JAD,1,Jakarta,5,Jatim,3,Jawa Tengah,1,Jawa Timur,1,JK,1,Jogyakarta,2,Jokowi,18,JRUK Sumba,2,jurnal Terbaru,1,jurnalistik,3,Kalimantan,5,Kampanye,2,Kampus,3,Kapolri,1,Kar. Ilmiah,4,Karanganyar,1,Karya Sastra,274,KDRT,1,Keagamaan,7,kebakaran,4,Kebangsaan,1,kebudayaan,2,kecelakaan,2,Kecelakaan Lalu Lintas,2,Kediri,2,Kejadian. Jakarta,1,kejahatan,2,Kemahasiswaan,2,Kemanusiaan,62,kemenkominfo,1,Kemiskinan,2,kepala daerah,1,Kepemuaan,5,Kepemudaan,156,kepemudan,8,kerohanian,2,Kesehatan,8,Ketahanan Nasional,1,KNPI,2,Komodo,9,Komunikasi,1,Komunitas,5,Koperasi,1,Korban,1,Korupsi,61,KPK,12,KPU,1,Kreatif,1,Kriminal,51,Kritik Sastra,4,Kupang,24,Labuan Bajo,51,Lakalantas,9,Larantuka,1,Lembata,2,Lifestyle,6,Lingkungan Hidup,15,Literasi,14,lombok,1,LP Cipinang,1,Luar Negeri,5,Mahasiswa,42,Makanan Khas,1,Makasar,6,Makassar,4,Malang,3,Manggarai,112,Manggarai Barat,20,Manggarai Timur,24,Marianus Sae,1,Marion Jola,3,Masalah Rokok,1,Masyarakat,1,Mataram,2,Maumere,7,Media,2,Media Sosial,3,Medsos,2,Mendikbud,3,Menkominfo,1,Milenials,59,Motang Rua,1,Muda Petani,1,musik,1,Narkoba,8,Nasional,286,Natal,19,Ngada,7,Novanto,2,Novel,16,NTT,233,Nyepi,2,Olahraga,11,Opini,411,Orang Muda,15,Otomotif,1,OTT,2,Papua,15,Pariwisata,26,Partai Politik,25,Pasangan,18,Paskah,2,pelajar,2,Pembangunan,5,pemerkosaan,1,Pemilu,17,Pemuda,3,Pencurian,2,Pendidikan,89,Penerbangan,4,penyanyi,1,Peradi,1,peradilan,1,Perdamaian,1,Perempuan,20,Perindo,1,Peristiwa,1105,Peritiwa,2,Pers,3,Perzinahan,1,Petani,1,Piala Dunia,1,Piala Oscar,1,pileg 2019,1,Pilgub,41,Pilkada,102,Pilpres 2019,23,PKRI,1,PKS,1,PMII,1,PMKRI,22,PMKRI Bogor,1,Pmkri Jogja,1,Poco Ranaka,1,Pojok Redaksi,36,Polisi,25,politik,90,Politikus,7,POLRI,5,PP PMKRI,1,Pristiwa,31,Prosa,1,PSK,1,Puisi,86,Puteri Indonesia,2,Radikalisme,1,Ratna Sarumpaet,4,Refleksi,15,reformasi,1,Regional,6,Religi,2,Remaja,1,Rensi Ambang,1,Riau,1,Ricuh,1,Rindu,1,Risma,1,Rizieq Shihab,7,Rote Ndao,1,Ruteng,26,RUU,1,Sabu,1,Sail Komodo,1,Sajak,9,Sam Aliano,1,Sastra,3,Sejarah,2,Sekilas Info,23,seleb,1,Selebritas,18,Sidoarjo,1,situs pornografi,1,Somasi,1,Sosial,3,Sosial Politik,1,Sosok,20,Sospol,40,Start Up,1,Suara Muda,61,Sumba,8,Surabaya,36,Tahun Baru,9,Tahun Baru. Remigius Nahal,1,Tarakan,1,Tata Kota,1,Teknologi,11,Tentang Mereka,45,Tenun Manggarai,1,Terorisme,16,Terorismes,4,TKI,4,TNI,1,TNK,1,Togar Situmorang,7,Tokoh,18,Tol Laut,1,Toleransi,2,Tour Jurnalistik,1,traveling,10,UNITRI-Malang,1,Unwira,1,UU MD3,7,Valentine,2,Viral,3,Wisata,5,Wisuda,1,WNA,1,Yulius Benyamin Seran,1,
ltr
item
MARJINNEWS.COM: Notulensi Audiensi Cipayung Plus Kota Surabaya
Notulensi Audiensi Cipayung Plus Kota Surabaya
https://1.bp.blogspot.com/-g4YaYVuXQDg/WQlWLSETf5I/AAAAAAAAAVM/vHU2fapCuYQeyFUGJV-UAnZxgnp8DlM_gCLcB/s320/IMG_2797.JPG
https://1.bp.blogspot.com/-g4YaYVuXQDg/WQlWLSETf5I/AAAAAAAAAVM/vHU2fapCuYQeyFUGJV-UAnZxgnp8DlM_gCLcB/s72-c/IMG_2797.JPG
MARJINNEWS.COM
http://www.marjinnews.com/2017/05/notulensi-audiensi-cipayung-plus-kota.html
http://www.marjinnews.com/
http://www.marjinnews.com/
http://www.marjinnews.com/2017/05/notulensi-audiensi-cipayung-plus-kota.html
true
971126874416220402
UTF-8
POSTINGAN LAIN Not found any posts LAINNYA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete Oleh Home PAGES Kiriman Baca Semua Rekomendasi untuk Anda LABEL ARCHIVE CARI Semua Kiriman Tidak Ditemukan Apa yang Anda Cari Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 Jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Pengikut Ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
close